Beranda New Cars Satu Hari Lagi, Suzuki XL7 Siap Meluncur di Indonesia

Satu Hari Lagi, Suzuki XL7 Siap Meluncur di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Siap-siap, akhir pekan ini akan meluncur lagi sebuah mobil baru untuk pasar Indonesia, yaitu Suzuki XL7. Melalui model baru ini, Suzuki akan menambah portfolio produknya di Indonesia, khususnya di segmen SUV dengan harga terjangkau.

Hal tersebut bisa dipastikan dengan telah masuknya sebuah undangan ke redaksi kami, menyebut akan adanya peluncuran produk baru oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Menurut sejumlah bocoran dan spyshot yang beredar belakangan ini, besar kemungkinan XL7 yang akan diluncurkan oleh Suzuki.

XL7 konon menjadi model SUV terbaru Suzuki, yang dibangun menggunakan basis dari Ertiga generasi terkini. Produk ini sudah lebih dulu meluncur di India pada tahun lalu, tapi dengan nama berbeda. Di Bollywood sana, mobil ini mengusung nama Maruti XL6.

Suzuki sepertinya ingin memperluas segmen produknya melalui XL7 ini, sekaligus mengisi celah antara Ertiga dan SX4 S-Cross saat ini. Harga yang akan ditawarkan bahkan kabarnya akan tidak kalah menarik jika disandingkan dengan Ertiga sebagai saudara sebasisnya.

Perkiraan Harga

Dari beberapa sumber yang kami rangkum, XL7 disebut akan dipasarkan dengan harga tidak sampai Rp 270 juta (On The Road Jakarta). Tentunya XL7 akan sangat atraktif di pasar bila memang Suzuki memberikan posisinya sebagai sebuah SUV / crossover, bukannya Low MPV.

Jika benar begitu, maka XL7 akan berhadapan langsung dengan Honda BR-V yang merupakan versi SUV / crossover dari Mobilio. Tetapi kalau ternyata menjadi MPV dengan sentuhan SUV, maka XL7 bersaing dengan Mitsubishi Xpander Cross, yang oleh Mitsubishi dinyatakan masih sebagai MPV.

Dilihat dari penamaan, SIS memilih nama XL7 dibandingkan di India yang justru hadir sebagai XL6. Karena kabarnya akan memiliki kapasitas memuat tujuh orang, maka nama XL7 dipakai, berkaca pada XL6 di India yang hanya bisa diisi oleh enam orang.

Dilihat dari spesifikasi untuk pasar India, model ini sama dengan Ertiga yang berbekal mesin bensin 1,5 liter empat silinder berkode K15B. Di atas kertas, tenaganya mencapai 103 hp dan torsi 138 Nm. Untuk sistem transmisi, bisa dipastikan tersedia pilihan manual dan otomatis konvensional.

Tidak hanya untuk pasar Indonesia, XL7 produksi Tanah Air juga disebut akan diekspor ke sejumlah negara lain seperti Ertiga. Sebelum peluncuran, Suzuki sempat merilis teaser di media sosial mereka, berikut kode misteri yang mengarah pada tanggal peluncurannya, yaitu 15 Februari 2020, hari Sabtu.

Seperti apa detail dan keunggulan Suzuki XL7 yang akan diluncurkan? Tunggu saja update kami saat peluncuran besok.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto