Sambut Aturan Euro4, UD Trucks: Produk Kami Aman Minum B30

JAKARTA, Carvaganza.com – Pemerintah rencananya akan segera memberlakukan standar Euro 4 pada 7 April 2021 mendatang. Regulasi ini akan diterapkan pada seluruh kendaraan termasuk komersial. Astra UD Trucks mengatakan mereka sudah siap menyambut penerapan standar emisi tersebut. Pabrikan menyebutkan produk mereka tak perlu banyak ubahan untuk bisa mengikuti aturan itu.

Aloysius Chrisnoadhi, Marketing and After Sales Service Director PT UD Astra Motor Indonesia mengungkapkan kesiapan UD Trucks tersebut. Salah satu produknya, Kuzer, sudah menggunakan mesin berstandar Euro 3. Sehingga tidak sulit untuk mengaplikasikan standar baru.

"Engine kita dasarnya sudah Euro 3, jadi bukan Euro 2. Hanya Satu step saja menjadi Euro 4," kata Aloysius Chrisnoadhi di BSD, Tangerang, Rabu (26/2/2020) lalu.

Dijelaskan penerapan ubahan ini tak banyak, hanya pada sistem bahan bakar. Pendesainan ulang diperlukan agar mesin dapat menghasilkan gas buang yang lebih bersih dan ramah lingkungan. Meski demikian UD Trucks tetap menyiapkan strategi. Pasalnya, penerapan Euro 4 bisa berdampak pada harga jual produk menjadi lebih mahal.

"Rasanya semua mobil, harganya akan naik karena standar Euro lebih tinggi. Hanya masing-masing punya strategi menyiasati harga, karena perusahaan tak pernah mau kehilangan market," jelas Aloysius Chrisnoadhi.

Baca juga: Astra UD Trucks Handover Kuzer RKE 150 kepada PT JBL



Bahan Bakar B30


Selain siap menyambut implementasi Euro 4, UD Trucks juga menyiapkan produknya agar aman mengkonsumsi Biodiesel 30 persen (B30). Bahan bakar yang merupakan campuran solar 70 persen dengan biodiesel 30 persen ini merupakan mandatori pemerintah, berlaku sejak awal 2020.

UD Trucks sudah mengikuti uji jalan B30 selama 149 hari yang digelar pemerintah, bersama pabrikan otomotif lainnya. Dengan jarak yang ditempuh 40 ribu km, hasil yang didapat sangat memuaskan. Walau memang tak ditampik ada pengaruhnya terhadap sistem pembakaran.

B30 sendiri sering diberitakan dapat memperpendek usia pakai filter. Lantaran ia memiliki sifat pencuci, membuat kandungan logam terkandung menyumbat penyaring bahan bakar. Langkah yang dilakukan adalah penggantian filter. Sementara komponen lainnya yang berhubungan dengan jantung pembakar, seperti tangki, saluran BBM, injektor tak ada masalah sama sekali.

"Kami sendiri terlibat dalam pengetesan B30, dan lolos. Cuma ganti filter saja sudah selesai. Desainnya yang diubah, sekarang sudah ready," jelas Aloysius.

Peningkatan kualitas dilakukan. Filter baru UD Trucks diklaim dapat digunakan hingga 10.000 km. Ini standar yang memang sudah berlaku sebelum penerapan mandatori B30. Walaupun mengalami penurunan saat memakai filter terdahulu, menurut Aloysius, selisihnya tidak terlalu jauh, yakni menjadi sekitar 8 ribu sampai 9 ribu km.

Baca juga: UD Trucks Siap Songsong Kebaijakan Euro4, Produk Aman Minum B30

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda