Raih Kemenangan Ke-6 di Azerbaijan, Bukti Keperkasaan Red Bull RB18 di F1 2022

Red Bull GP Azerbaijan

TANGERANG, Carvaganza – Keperkasaan Red Bull Racing di Formula 1 musim 2022 kembali ditunjukkan dengan meraih hasil maksimal di Grand Prix Azerbaijan 2022. Max Verstappen finish terdepan disusul Sergio Perez di posisi kedua, setelah kegagalan total Ferrari. Hasil ini kembali menjadi catatan impresif bagi Red Bull musim ini, termasuk bagi Mobil Lubricants yang mendukung kinerja tim.

Finish di posisi 1-2 diraih oleh Red Bull setelah dua pembalap dari rival utamanya, Ferrari, gagal menyelesaikan balapan karena kerusakan mesin. Kemenangan di Azerbaijan menjadi yang keenam bagi Red Bull dari delapan seri telah berlangsung, serta yang kelima kali berturut-turut. Kemenangan kelima bagi Verstappen sejauh ini juga semakin memperkuat posisinya di puncak klasemen sementara.

“Ini merupakan awal musim yang menarik bagi kami, 6 kali kemenangan sudah diraih tim Red Bull Racing F1 dan podium ganda 1-2 untuk ketiga kalinya musim ini. Hasil ini menunjukkan bahwa mobil RB18 sangat bisa diandalkan mengawali musim Formula 1 2022,” ujar Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI).

Red Bull GP Azerbaijan

Secara statistik, Red Bull lebih sering unggul di saat balapan dibandingkan Ferrari yang baru meraih dua kali kemenangan musim ini. Sementara sebaliknya di saat kualifikasi, Ferrari cukup dominan dengan meraih pole position di 6 dari 8 seri telah digelar. Ferrari juga sebenarnya sempat unggul di Azerbaijan setelah Charles Leclerc yang start terdepan menyalip Perez kembali melalui pitstop. Namun kerusakan mesin menggagalkan harapan tim Italia menambah kemenangan musim ini.

Baca Juga: Eropa Larang Mobil Bensin dan Diesel Beredar Tahun 2035, Tapi Ditentang Pabrikan

Konsistensi dan kecepatan Perez dalam beberapa seri terakhir mengantarkannya menyalip Leclerc di posisi kedua klasemen pembalap. Posisinya juga membuatnya untuk bisa ikut bersaing mengejar gelar juara dunia tahun ini.

“Sergio Perez kini makin dekat dengan persaingan titel Juara Dunia F1 2022, bersaing dengan Verstappen. Namun, musim balap masih panjang, akhir pekan nanti akan ada balapan di Montreal yakni GP Canada, semoga saja hasil podium ganda bisa dilanjutkan, melihat laju RB18 yang begitu kencang untuk mendominasi balapan, dan tim tetap konsisten menjaga performanya hingga akhir musim. Sehingga dapat kembali mempersembahkan gelar juara dunia,” tambah Sri Adinegara.

Performa mobil RB18 juga diamini oleh Verstappen yang menyebutnya bisa diandalkan di Azerbaijan, apalagi power unit yang punya keunggulan tenaga di trek lurus panjang. Meski masih tertinggal di kualifikasi, Verstappen mengaku bisa mengejar ketertinggalan tersebut saat balapan dengan strategi yang tepat.

Red Bull GP Azerbaijan

“Terlihat dari kondisi ban dan serpihannya, serta dapat memimpin balapan. Sedikit beruntung dengan kompetitor menepi di lintasan, tapi memang mobil kami sangat bagus dan bisa mengejar ketertinggalan. Saya senang dengan pengendalian mobil,” kata Verstappen, yang juga juara dunia F1 2021.

Seri berikutnya langsung akan digelar akhir pekan ini, di Kanada, di Circuit Gilles Villeneuve. Menghadapi seri ke-9 ini, Verstappen memimpin klasemen pembalap dengan total 150 poin, selisih 21 poin dari Perez tepat di bawahnya. Sementara leclerc yang gagal finish kemarin tergusur ke posisi ketiga klasemen, tetap dengan 116 poin.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Versi Produksi MG Cyberster EV Mulai Terungkap, Siap Kembali ke Segmen Sportscar

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature