Versi Produksi MG Cyberster EV Mulai Terungkap, Siap Kembali ke Segmen Sportscar

  • MG Cyberster EV
  • MG Cyberster EV

JAKARTA, Carvaganza  - Di tengah pertumbuhan model SUV (Sport Utility Vehicle) yang terus meningkat setiap tahunnya, MG justru sedang menyiapkan salah satu roadster terbaiknya yang dibekali dengan tenaga listrik. Pabrikan asal Inggris tersebut akhirnya memberikan lampu hijau terhadap pengembangan EV Roadster yang diambil dari mobil konsepnya Cyberster, bahkan MG telah mengajukan paten desain atas versi produksinya.

Paten desain yang diajukan untuk EV Roadster ini memang belum dibubuhi oleh emblem MG tetapi melihat dari wujud yang ditawarkan sangat dekat dengan tampilan MG Cyberester Concept. Kendaraan konsep ini sebenarnya sudah pernah dipamerkan pada kenduri Shanghai Auto Show 2021 silam, namun melihat gambar yang ditawarkan seperti ada beberapa penyesuaian. Kita bisa melihat dari proporsi kendaraan yang memiliki overhang depan dan belakang lebih panjang dari model konsepnya.

Selain itu, diameter rodanya pun dibuat lebih kecil dan kaca depan yang tampak lebih tinggi pada model produksinya ini. Meski demikian tampilan dari MG Roadster EV versi produksi terlihat tetap seksi lewat beberapa penyesuaian tersebut. Salah satu yang membuatnya terlihat sedikit kaku adalah tampilan atap soft top yang pada model konsepnya fitur tersebut tidak tersedia.

MG Cyberster

Tapi kita bisa melihat bagian lain yang lebih menarik salah satunya ialah fascia depan yang hadir dengan lampu besar tepat di atas spatbornya. Kemudian desain bumpernya pun tetap dipertahankan dari model konsep dengan intake yang dibuat menyerupai sebuah “senyuman jahat.” Sejumlah peranti aerodinamika pun tak luput disematkan seperti splitter yang terhubung dengan side sill extension dan dual diffuser yang tampak mencolok di bagian belakang.

Baca Juga: MINI Cooper Versi Listrik Hadir di Indonesia, Harga Di Bawah Rp 1 Miliar

Terdapat perbedaan yang cukup kentara di bagian belakang antara model konsep dengan desain produksi, salah satunya ialah tidak tersedianya aero kit seperti yang ditawarkan Cyberster. Namun beberapa penyesuaian di bagian belakang membuatnya terlihat lebih dinamis dibandingkan versi konsepnya. Ada yang bilang buritannya sedikit mengingatkan kita pada BMW Z4 generasi terakhir.

Sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait spesifikasi mesinnya, tetapi yang pasti ini akan ditenagai oleh motor listrik. Jika merujuk pada kendaraan konsepnya, kabarnya akan ada empat motor listrik yang mampu mendorongnya berakselerasi 0–100 km/jam kurang dari 3 detik. Bisa jadi ini merupakan mobil sport yang paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh MG.

MG Cyberster EV

Sementara itu spesifikasi baterai akan menggunakan kapasitas yang lebih ringkas agar dapat menjaga biaya produksi dan bobot kendaraan. Menariknya MG pernah menyebut bahwa kendaraan listriknya tersebut mampu melaju hingga 800 km dengan sekali pengisian daya penuh, tetapi kita belum tahu apakah akan diterapkan pada MG Roadster EV.

Beberapa pengamat menyatakan bahwa kehadiran MG Roadster EV ini akan menjadi lawan berat dari Mazda MX-5 dan penerus Toyota MR2 yang digadang-gadang bertenaga listrik juga. Namun petinggi MG telah mengisyaratkan bahwa Roadster EV ini haruslah memiliki harga yang terjangkau demi bersaing dengan kompetitornya.

Semoga dengan hadirnya Roadster EV ini dapat mengembalikan DNA pabrikan sebagai pembuat kendaraan sport yang bertenaga. Kabarnya, MG akan meluncurkan model terbarunya ini pada 2024 tepat saat perayaan 100 tahun MG di dunia otomotif.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Mengenal Dekat Kemewahan Kabin dan Fitur All New Honda HR-V SE CVT

Sumber: Carscoops

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil MG Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature