Beranda Updates Pastikan Kenyamanan Konsumen, Ini Taktik Hino Selama Pandemi COVID-19

Pastikan Kenyamanan Konsumen, Ini Taktik Hino Selama Pandemi COVID-19

JAKARTA, Carvaganza.com – Pandemi coronavirus (COVID-19) memporak-porandakan banyak sektor tak terkecuali segmen kendaraan komersial. Pabrik terpaksa ditutup sementara penjualan turun lantaran permintaan pasar melorot. Para pabrikan harus menyiapkan taktik dan strategi. Inilah yang dilakukan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI). Serangkaian program layanan diberikan untuk tetap memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pelanggan setianya.

Chief operation officer (COO) PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo mengatakan gara-gara COVID-19 membuat semua berantakan. “Semua kena dampaknya tidak hanya Indonesia tapi seluruh dunia. Membuat bisnis kita (di kendaraan komersial) juga porak poranda, perekonomian juga porak poranda,” kata Santiko dalam bincang dengan media, Rabu (20/5/2020) sore.

Meski demikian masih ada beberapa sektor yang terus berjalan seperti transportasi untuk membawa bahan pangan dan BBM. Hino sebagai salah satu pemain kendaraan komersial di Tanah Air berusaha memberikan layanan kepada konsumen yang masih melakukan kegiatan.

Kemampuan Hino memberikan layanan ditunjang oleh 177 jaringan outlet, 5 parts depo, 568 service bay dan 3.404 outlet spare parts yang dimiliki. Berbagai strategi disiapkan Hino.

Perpanjangan Garansi

Sebagai bentuk Total Support Hino kepada bisnis pelanggan, mereka memberikan perpanjangan masa garansi selama 6 bulan. Ini berlaku bagi semua unit kendaaran Hino baik itu Hino Dutro, Hino Ranger, Hino Profia maupun Hino Bus yang masa berakhir garansi antara bulan Maret hingga Mei 2020. Perpanjangan masa garansi ini berlaku sejak berakhirnya periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di area konsumen yang menerapkan berakhir.

“Program ini bentuk Total Support Hino untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan setia. Dengan Extended Warranty para pelanggan akan lebih tenang dan nyaman dalam situasi saat ini, karena mereka tidak peru khawatir hangus masa warranty dan tetap dirumah saja,” kata Santiko Wardoyo.

Pelanggan yang mendapatkan perpanjangan masa garansi dapat melakukan perbaikan hingga 6 bulan kedepan saat kebijakan PSBB untuk daerah yang menerapkan berakhir atau COVID-19 sudah pada kondisi kondusif. Pelanggan yang garansi kendaraannya berakhir pada periode tersebut, dapat menghubungi dealer terdekat untuk mengajukan garansi dan dealer Hino akan mengeceknya dan memberikan informasinya kepada HMSI.

Baca juga: Hino Gelar Service Campaign Bantu Konsumen di Tengah COVID -19

Program Purna Purna

Layanan lain juga disiapkan. Pelanggan Hino dapat memanfaatkan layanan mobile Service serta program–program after sales. Program yang diberikan antara lain, servis berkala kelipatan 10K dengan extra diskon sampai dengan 37% untuk Aki HMSI Original Part (HOP) serta gratis pengecekan, gratis filter oli, gratis jasa servis ganti oli, dan gratis layanan Home Service. Pelanggan bisa mendapatkan layanan perawatan tanpa harus meninggalkan rumah.

Soal keamanan tak perlu khawatir. Para mekanik yang dikirim mengikuti prosedur keamanan physical distancing seperti mengenakan masker dan sarung tangan, serta menjaga jarak dengan pelanggan. Jika kendaraan harus dibawa ke diler untuk perawatan besar kendaraan akan dijemput untuk diservis dan disemprotkan cairan disinfectan yang aman di workshop dealer Hino maka akan diantar kembali dalam kondisi bersih.

Hino juga memiliki program Servis Hemat Mobil Terawat, untuk perbaikan dan over haul diskon hingga 45% untuk suku cadang dan diskon 20% jasa servis serta promo potongan harga Strainer Kit hanya 900.000 ribu. Strainer ini sangat berfungsi untuk memperpanjang filter kendaraan bahan bakar B30.

Baca juga: Hino Tetap Buka Layanan Servis dan Pastikan Distribusi Suku Cadang

Penjualan

Terkait penjualan, Santiko mengakui situasinya memang sulit. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indnesia (Gaikindo) menunjukkan ritel Hino pada April 2020 turun 77 persen dibandingkan tahun lalu. Hino mencatatkan total penjualan dari dealer ke konsumen sebanyak 481 unit pada April. Bandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 2.096 unit.

Sementara itu, sepanjang Januari-April, kinerja penjualan Hino turun 49 persen secara tahunan menjadi 5.363 unit. Kendati menurun, Hino tetap mampu menjaga pangsa pasar sebesar 2,2 persen dari total volume ritel nasional yang mencapai 243.634 unit.

Melambatnya pertumbuhan ekonomi sangat memengaruhi pasar kendaraan niaga di Indonesia. “Sebab, kendaraan niaga merupakan salah satu segmen yang berkaitan erat dengan pertumbuhan dan aktivitas ekonomi,” kata Santiko. Sebagai catatan, penjualan ritel truk sepanjang 3 bulan pertama 2020 sebanyak 16.867 unit, turun 28 persen dibandingkan periode yang sama 2019.

Baca juga: Dampak COVID-19, Pabrik Hino di Indonesia Stop Produksi Hingga 5 Juni

Operasi Pabrik

Terkait produksi, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), terpaksa memperpanjang penghentian sementara produksinya. Stop produksi terbaru dilakukan mulai Jumat, 8 Mei 2020, hingga 5 Juni 2020. Meski demikian, Hino memastikan stok kendaran Hino tetap aman untuk memenuhi permintaan dari konsumen.

“Kami ingin bisa melalui kondisi sulit saat ini bersama-sama dengan semua pemangku kepentingan. Kami akan terus mendukung program pemerintah dan berkontribusi untuk percepatan pemulihan kondisi perekonomian nasional,” kata Presiden Direktur HMMI, Masahiro Aso dalam siaran persnya beberapa waktu lalu.

Selain itu dealer Hino tetap beroperasi baik itu penjualan, bengkel perawatan maupun suku cadang. Untuk memberikan rasa tenang bagi konsumen dan karyawan, seluruh kegiatan operasional dipantau dengan ketat dan memenuhi regulasi pemerintah mengenai penerapan physical distancing.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Bentley Continental GT Mulliner, Varian Puncak Kemewahan Baru

WHITLEY, Carvaganza.com - Bentley Continental GT saat ini menjadi representasi sebuah grand tourer dengan kemewahan paripurna di dunia. Namun bagi Bentley, sepertinya model yang...

Mitsubishi Motors Bagikan Westafel Portabel dan Masker Lawan Covid-19

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi covid-19 terus menghantui Indonesia. Pemerintah DKI Jakarta bahkan harus melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kedua sejak Senin lalu. Guna...

10 Nissan Z Special Edition Paling Keren Sepanjang Masa  (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com – Pada tanggal 16 September kemarin, Nissan Proto Z Concept sudah mendebut. Global introduction itu masih berupa purwarupa, yang diklaim sudah mendekati...

Livery Le Mans 1995 untuk McLaren Senna GTR, Rayakan 25 Tahun Kemenangan

WOKING, Carvaganza.com – Akhir pekan ini adalah jadwal digelarnya Le Mans 24 Hour, dan McLaren pernah menjadi pabrikan yang sukses memenangkan balapan ini. Tepatnya...

Vettel Nyaris Beli Mobil Ferrari F1 Eks Schumacher, Tapi…

MARANELLO, Carvaganza.com – Sebastian Vettel sudah bukan rahasia lagi kalau dirinya adalah fans berat Ferrari, bahkan sejak sebelum bergabung ke Scuderia. Pada perayaan grand...