Beranda New Cars Pasang Tampang CX-9, All-New Mazda BT-50 Kini Berbasis Isuzu

Pasang Tampang CX-9, All-New Mazda BT-50 Kini Berbasis Isuzu

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Model pikap Mazda bisa dibilang produk yang selalu atau mudah diingat dari seluruh line-up. Namun bukan berarti Mazda melupakan segmen ini begitu saja. Generasi terbaru Mazda BT-50 resmi diperkenalkan, yang kini mengusung gaya desain khas Kodo. Tidak hanya desain, Mazda kini juga mengadopsi platform baru untuk BT-50.

Pada body yang bongsor dan gagah, Bahasa desain Kodo – Soul of Motion digabungkan ke basis milik Isuzu D-Max. sebelumnya, Mazda membuat BT-50 dengan mamanfaatkan platform milik Ford Ranger.

Gaya desain khas Kodo tersirat di wajah, terlihat dari aksen tajam, terutama pada mata. Grille besar dengan kisi horizontal bercelah besar terpampang. Dihiasi bingkai chrome membentang sepanjang lebar mobil. Bumper dengan sudut tegas menjadi rumah untuk foglamp vertikal di kedua ujung. Bila diperhatikan, seperti meminjam struktur fascia CX-9, yang kemudian dirombak sedikit. Bagian sampingnya tampak tangguh berkat penggunaan velg 18 inci two-tone berpalang tebal yang sederhana.

Sebatas diperkenalkan, belum diketahui varian dan fitur apa saja ditawarkan. Namun, secara dimensi, panjangnya 5.280 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.790 mm dengan jarak sumbu roda 3.125 mm. Berdasarkan keterangan media yang dirilis, kapasitas angkut bak untuk double cabin mencapai 1.065 kg. Kemampuan towingnya juga mumpuni, hingga 3.500 kg. Memaksimalkan kebutuhan konsumen untuk mengangkut barang berat maupun banyak.

Jantung mekanis ikut diganti, tidak lagi menganut teknologi milik Ford. Ya, sebelumnya BT-50 disuguhkan dalam dua versi. Pertama adalah mesin diesel 2,2 liter yang mengeluarkan daya 150 PS (147 hp) dengan torsi 375 Nm, dan versi 3,2 liter bertenaga 200 PS (197 hp) dan torsi 470 Nm. Layaknya platform, dapur pacu dari Isuzu juga dibenamkan. Berkubikasi 3,0 liter yang menghasilkan 190 PS (187 hp) di putaran 3.600 rpm, dan 450 Nm sejak 1.600 sampai 2.600 rpm. Spesifikasi itu sama dengan mesin D-Max berkode 4JJ3-TCX.

Meski tak diungkapkan detail, fitur canggih tetap ada di BT-50 terbaru. Teknologi keyless yang dipadukan start/stop button menempel di dasbor. Kemungkinan perangkat ini bakal ditemukan pada varian atas. Sisi hiburan ditopang head unit 9 inci berkonektivitas tinggi, termasuk Apple CarPlay. Di bawahnya terpajang pengontrol AC model tombol dengan layar digital. Sudah ada fungsi Auto untuk mempermudah proses penyesuaian suhu kabin. Sementara di kemudi, berbaris banyak tombol. Sebelah kiri merupakan audio steering switch, dan kanan adalah pengatur cruise control.

Pengemudi juga disuguhkan panel instrumen besar, yang padukan cluster analog dengan multi information display (MID) digital. Segala informasi terkait kendaraan ditampilkan di situ. Untuk fitur keselamatan, airbag akan hadir lebih banyak. Bahkan ada yang tertanam dalam jok sebagai perlindungan samping.

Unit pikap anyar Mazda dipastikan mulai dipasarkan pada paruh kedua 2020 di Australia, namun belum diketahui kapan negara lain akan menyusul. Mengingat BT-50 telah dijual di berbagai regional di seluruh dunia, yakni Oceania, Asean, Amerika Pusat dan Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Begitu pula harganya, masih belum dibuka sepenuhnya.

 

MUHAMMAD HAFID | WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kia Rilis Desain Baru Stinger, Dirilis Akhir Tahun

SEOUL, Carvaganza -- Kia Motors Corporation tengah menyiapkan satu model baru. Pabrikan asal Korea itu merilis secara resmi gambar pertama dari Kia Stinger yang...

Bridgestone Kenalkan Teknologi ELITEN, Khusus Mobil Listrik

BRUSSELS, Carvaganza – Perkembangan teknologi ban sejalan dengan tren mobil listrik. Pabrikan ban raksasa Bridgestone menciptakan teknologi baru yang disebut ENLITEN yang khusus digunakan...

Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Jika kehadiran generasi keenam  Toyota Corolla ditandai munculnya Bubble Economy Jepang pada 1987, kelahiran generasi ketujuh justru ditandai dengan hancurnya Bubble...

Ekspor Meningkat, Suzuki Kapalkan 5.030 Kendaraan di Juli

JAKARTA, Carvaganza – Selain penjualan, tren peningkatan ekspor produk-produk Suzuki buatan Indonesia terus berlanjut ke semester kedua 2020. Selama bulan Juli lalu, PT Suzuki...

Tambah Line-Up, MG HS Siap Diluncurkan di Indonesia Besok

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah 4 bulan sejak peluncuran mobil perdananya di Indonesia akhir Maret lalu, MG siap memperkenalkan model keduanya di Indonesia. Manufaktur Inggris...