Mobil KTT G20 Dari Hyundai Sudah Tiba Di Bali

Genesis Electrified G80 sudah tiba di Bali

DENPASAR, Carvaganza – Kendaraan resmi KTT G20 dari Hyundai sudah tiba di Bali. Terdiri dari Genesis Electrified G80 dan Hyundai IONIQ 5 yang seluruhnya berjumlah 393 unit. Semua kendaraan tersebut bertenaga listrik murni (battery electric vehicle).

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa total unit mobil yang dipinjamkan Hyundai untuk KTT G20 Bali?

    Total 393 unit mobil yang seluruhnya mobil listrik terdiri dari sedan mewah Genesis Electrified G80 dan Hyundai IONIQ 5.
  • Berapa total Genesis Electrified G80 versi Long Wheelbase yang khusus diproduksi untuk KTT G20 Bali?

    Sebanyak 44 unit dan 87 unit lainnya Genesis Electrified G80 versi wheelbase standar.
  • Seremoni penyerahan ratusan mobil listrik itu telah dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu kepada Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Sekaligus menjadi bukti dari komitmen Hyundai sebagai perusahaan otomotif yang mendukung akselerasi mobilitas dan era elektrifikasi di Indonesia.

    Seluruh mobil listrik Hyundai itu dipinjamkan oleh pabrikan Korsel kepada pemerintah Indonesia di dalam rangka mendukung KTT internasional di Bali. Sehingga setelah KTT G20 yang diadakan 15 – 16 November, mobil akan dikembalikan lagi kepada pihak Hyundai.

    Genesis Electrified G80 sudah tiba di Bali Genesis Electrified G80 sudah tiba di Bali

     

    Yang istimewa dari Genesis Electrified G80 tersebut adalah pabrikan memproduksi Edisi Khusus (Special Edition) Long Wheelbase yang belum pernah diproduksi sebelumnya. Angka produksi mencapai 44 unit, yang perbedaannya dengan versi wheelbase standar bisa dilihat dari penempelan logo G20 pada pilar B kendaraan. Sedan mewah Genesis ini bakal menjadi mobil utama kepala negara peserta KTT G20.

    Sedangkan 87 unit Genesis Electrified G80 lainnya adalah versi regular  dengan wheelbase standar. Kendaraan premium ini nantinya diperuntukkan bagi ibu kepala negara peserta KTT. Untuk sisanya sebanyak 262 unit adalah Hyundai IONIQ 5 yang diproduksi di pabrik Hyundai di Karawang.

    Kehadiran sedan mewah berukuran besar Electrified G80 ke pasar Indonesia adalah yang pertama kali. PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) belum pernah memasarkan mobil tersebut di pasar domestik. Jadi bukan hal yang mustahil jika nantinya Genesis listrik dipasarkan di Indonesia.

    Genesis Electrified G80 dibekali pemicu tenaga dari baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh. Mengalirkan arus ke dua motor listrik di depan dan belakang sehingga Electrified G80 memiliki penggerak semua roda yang disebut e-AWD.

    Genesis Electrified G80 sudah tiba di Bali

    Setiap motornya mengalirkan tenaga 183 hp sehingga total tenaga yang diproduksi 367 hp. Torsi yang dihasilkan oleh masing-masing motor 350 Nm atau total 700 Nm. Dalam kondisi baterai terisi penuh, sedan mewah ini mampu menempuh jarak hingga 427 km versi pengetesan di Korea Selatan. Sedangkan versi uji laboratorium WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure) mampu menempuh 520 km.

    Genesis Electrified G80 memiliki kapasitas baterai yang besar, memiliki kemampuan regenerative braking serta bagian atapnya merupakan panel surya yang bisa mengisi daya baterai voltase tinggi dan rendah.

    Dengan menggunakan rapid charging 800V, daya baterai bisa diisi dari 10 persen sampai 80 persen dalam waktu 22 menit saja. Tapi untuk kondisi pengecasan normal dari 10 persen ke 100 persen dibutuhkan waktu 9 jam. Genesis Electrified G80 juga memiliki fitur V2L (Vehicle to Load). Artinya mobil bisa memberikan daya 220V kepada alat listrik lain misalnya untuk mengecas laptop, sepeda listrik atau bahkan mengisi daya mobil listrik lain yang lebih kecil. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga:  Begini Sosok Lengkap Genesis Electrified G80 Yang Dipakai KTT G20 Bali

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Hyundai Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature