Begini Sosok Lengkap Genesis Electrified G80 Yang Dipakai KTT G20 Bali

  • 2022/10/genesis-electrified-G80-5.jpg
  • 2022/10/genesis-electrified-g80-6.jpg
  • 2022/10/genesis-electrified-g80-8.jpg
  • 2022/10/genesis-electrified-g80-short-wheelbase.jpg

JAKARTA, Carvaganza – Pada hari Selasa kemarin (25/10) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku APM telah secara resmi menyerahkan 131 unit sedan premium Genesis Electrified G80 kepada Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg). Terdiri dari 44 unit Electrified G80 varian long wheelbase dan 87 unit versi standar (short wheelbase).

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa kapasitas baterai yang dimiliki oleh Genesis Electrified G80?

    Sebesar 87,2 kWh yang mengalirkan arus ke motor depan dan belakang. Menghasilkan total tenaga 367 hp.
  • Berapa jarak yang bisa ditempuh Genesis Electrified G80 dalam kondisi baterai penuh?

    Dari hasil pengujian di Kore Selatan mampu menempuh jarak 427 km, sedangkan hasil uji WLTP 520 km.
  • Terkhusus untuk versi long wheelbase, merupakan varian edisi istimewa yang diproduksi hanya untuk KTT G20 di Bali pada 15 – 16 November mendatang. Tidak diproduksi secara massal, karena yang dijual oleh pabrikan hanyalah versi standar (short wheelbase).

    Versi long wheelbase ini melar 217 mm dibandingkan versi standard. Wheelbase standarnya adalah 3.010 mm, sedangkan versi KTT G20 Bali adalah 3.227 mm. Panjangnya pun menjadi melar dari 4.995 mm untuk versi standar menjadi 5.005 mm untuk versi KTT. Rencananya yang varian long wheelbase akan dipakai oleh kepala negara peserta G20, sedangkan versi wheelbase standar akan dipakai oleh ibu kepala negara.

    Genesis Electrified G80

    Apa itu Hyundai Genesis?

    Genesis adalah brand premium dari pabrikan Hyundai asal Korea Selatan. Seperti halnya Toyota dengan Lexus, Honda dengan Acura dan Nissan dengan Infinitinya. Genesis memang menjadi ambisi Hyundai untuk bermain di kelas atas (pasar mobil mewah) untuk bersaing dengan BMW, Mercedes-Benz maupun Lexus.

    Genesis G80

    Sebelum kita mengulik Genesis Electrified G80, sebaiknya mengenal dulu Genesis G80. Adalah sedan eksekutif mewah yang merupakan generasi kedua setelah Hyundai Genesis memproduksi Genesis generasi pertama (model DH).  G80 dirilis ke pasar setelah pabrikan Hyundai memisahkan brand premium itu sebagai entitas tersendiri pada tahun 2015 menjadi Genesis Motor.

    Basis G80 waktu itu diambil dari platform Genesis generasi pertama (DH), dengan beberapa penyempurnaan. Terutama dalam hal sektor kenyamanan dan kemewahan. Mulai diperkenalkan di Detroit Motor Show tahun  2016, lalu Busan Motor Show di tahun yang sama. Terdiri dari 3 varian mesin yakni 3.8 liter, 3.8 HTRAC, 5.0 dan 5.0 HTRAC.

    HTRAC itu adalah penyebutan untuk sistem pengendali roda dari Hyundai. H adalah singkatan dari Hyundai dan TRAC adalah singkatan dari Traction. Sebagai contoh sistem ini terdapat pada Hyundai Palisade.

    Baca juga: Hyundai Serahkan 393 Mobil Listrik Untuk KTT G20, Ada Edisi Khususnya

    Genesis Electrified G80 4

    Genesis Electrified G80

    Versi tenaga listrik mulai diperkenalkan di Shanghai Auto Show bulan April 2021. Model ini lahir setelah Genesis merilis generasi kedua yaitu RG3 tahun 2020 dan memproduksi Genesis Sport tahun 2017.

    Genesis Electrified G80 adalah model full size sedan yang 100% ditenagai motor listrik. Dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh yang mengalirkan arus ke 2 motor listrik di bagian depan dan belakang sehingga Electrified G80 memiliki sistem penggerak semua roda yang disebut e-AWD.
    Masing-masing motor listrik menghantarkan tenaga 183 hp (185 PS) sehingga total tenaga yang dihasilkan 367 hp. Torsi yang dihasilkan masing-masing 350 Nm sehingga total 700 Nm. Pabrikan mengklaim dengan tenaga dan torsi yang begitu besar, Genesis Electrified G80 mampu berakselerasi dari 0 km/jam ke 100 km/jam dalam waktu 4,9 detik.

    Dalam kondisi baterai terisi penuh, sedan mewah ini mampu menempuh jarak hingga 427 km versi pengetesan di Korea Selatan. Sedangkan versi uji laboratorium WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure) mampu menempuh 520 km. Kenapa bisa sampai sejauh itu untuk mobil dengan bodi bongsor? Genesis Electrified G80 memiliki kapasitas baterai yang besar, memiliki kemampuan regenerative braking serta bagian atapnya merupakan panel surya yang bisa mengisi daya baterai voltase tinggi dan rendah.

    Genesis Electrified G80 4 Genesis Electrified G80 versi long wheelbase (terdapat bidang pemisah di pilar B).

     

    Membedakan varian standar versus versi KTT

    Untuk melihat perbedaannya secara kasat mata, lihat di pilar B mobil. Pada varian long wheelbase ada bidang pemisah yang cukup lebar, sedangkan pada versi standar tidak ada. (lihat foto).

    Pengecasan

    Untuk  mengisi daya dari 10 persen ke 80 persen dengan  rapid charging 800V dibutuhkan waktu 22 menit. Sedangkan untuk kondisi pengecasan normal, mengisi dari 10 persen ke 100 persen dibutuhkan waktu 9 jam.

    Genesis G80 Electrified memiliki fitur V2L (Vehicle-to-Load) yang artinya mobil bisa memberikan daya 220V kepada alat listrik lain. Misalnya untuk mengecas laptop, sepeda listrik bahkan mengisi daya mobil listrik lain yang lebih kecil. Kemampuan V2L ini juga dimiliki oleh Hyundai IONIQ 5.

    Bahan-Bahan Ramah Lingkungan

    Sebagai mobil zero emission, Genesis Electrified G80 terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Misalnya, interiornya terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Kulitnya dicelup dengan pewarna alami pada kulit jok, konsol dan armrest jok belakang). Aksen kayunya terbuat dari kayu bekas atau disebut dengan kayu bekas pembuatan furnitur dan benangnya terbuat dari botol plastik. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga:  Presiden Jokowi Pakai Mobil Listrik Genesis G80 Di Batang, Intip Spesifikasinya

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Hyundai Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature