Beranda Updates Michelin X Multi Z2, Ban Truk dan Bus yang Kuat dan Tahan...

Michelin X Multi Z2, Ban Truk dan Bus yang Kuat dan Tahan Lama

JAKARTA, Carvaganza.com – Kebutuhan konsumen truk dan bus disikapi Michelin Indonesia dengan menghadirkan produk baru. Pabrikan ban terkemuka asal Prancis itu memperkenalkan Michelin X Multi Z2. Ban ini da ditujukan untuk truk dan bus, dilengkapi berbagai teknologi terkini. Diklaim ban ini punya tingkat keamanan dan kenyamanan terbaik.

“X Multi Z2 membantu konsumen mempercepat waktu pengiriman dan meningkatkan efisiensi. Sehingga secara keseluruhan meningkatkan produktivitas bisnis dan menurunkan biaya,” kata Direktur Komersial untuk B2B PT Michelin Indonesia, Fritz Mueller di Jakarta, hari ini, Senin (2/3/2020).

Michelin X Multi Z2 ini memiliki tiga teknologi inovatif. Pertama adalah Inficoil. Berupa lilitan kawat baja 400 meter (tergantung jenis ban) yang menutupi seluruh tapak, di dalam lapisan casing. Disebutkan pemakaian kawat ini memperkuat ketahanan ban dan mengoptimalkan kontak ban dengan permukaan jalan. Hasilnya, jarak tempuh semakin jauh.

“Ban dalam kondisi ideal (tekanan udara pas), tapaknya menyentuh semua ke jalan. Tapi kalau tidak ideal, seperti kekurangan atau kelebihan, bagian-bagian tertentu saja yang bersentuhan. Ini diantisipasi dengan teknologi Inficoil,” jelas Fritz Mueller.

Logam 3 Dimensi

Teknologi kedua adalah regenion. Ini berupa desain alur tapak yang tetap jelas, meski sudah dipakai cukup lama. Dengan menggunakan teknik pencetakan logam tiga dimensi, alur longitudinal pada ban secara otomatis memperbarui diri. Hasil adalah cengkraman ban tetap terjaga, khususnya saat melewati jalur basah. Karena buangan air tetap optimal. Pada saat sama teknologi ini mampu menurunkan tingkat keausan ban, sehingga lebih awet 20 persen dibanding seri sebelumnya (X Multi Z).

“Polanya ada yang tertutup, setelah pemakaian sejauh 25 persen. Tapak itu baru terbuka, sehingga seperti baru lagi alurnya,” tambahnya.

Uniknya, kedua teknologi itu turut meminimalisir risiko kehilangan tekanan secara mendadak. Michelin telah menguji X Multi Z2 di Eropa. Sekaligus membandingkannya dengan beberapa ban pesaing. Kondisi yang diterapkan, ban tak memiliki udara sama sekali. Tapak dilubangi dengan bor.

Hasil Uji

Alhasil, X Multi Z2 dapat melaju sejauh 15,7 km dengan waktu tempuh 12 menitan. Sementara pesaingnya hanya 12,6 km dan 6,5 km. Lamanya sekitar 8 sampai 10 menitan, hingga roda tak bisa dipakai lagi berjalan.

Terakhir ada teknologi yang disebut HT (High Tension) Nylon. Rancangan ini memperkuat ketahanan bead pada lingkar dalam ban. Dampaknya mengurangi kerusakan ban hingga 10 persen, saat sering dipakai pada jarak jauh dan kecepatan tinggi. Ini mendukung kemampuan vulkanisir menjadi lebih baik.

Roda Michelin X Multi Z2 tersedia satu ukuran, 11R22.5. Ia sudah dapat ditemukan di gerai ban truk dan bus resmi Michelin di seluruh Indonesia. Produk terbaru ini sebagai pengganti model terdahulu. Namun, sementara keduanya masih dijual, guna menghabiskan stok yang ada. Sayang, Michelin Indonesia enggan untuk mengungkap harga jualnya.

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...