Beranda Updates Mesin Mitsubishi Xpander Bakal Diproduksi Nissan Indonesia

Mesin Mitsubishi Xpander Bakal Diproduksi Nissan Indonesia

JAKARTA, 3 Oktober 2018 – Mitsubishi Motors tak hanya mengumumkan peningkatan kapasitas produksi menjadi 220.000 unit. Mitsubishi juga mengumumkan mesin Mitsubishi Xpander akan diproduksi di Nissan Motor Indonesia (NMI), anak perusahaan Nissan Motor Co., Ltd di Indonesia, mulai tahun fiskal 2020.

Osamu Masuko, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation mengatakan hal ini terkait banyak hal. Pertama keduanya merupakan aliansi di tingkat global. Kedua, hal ini dilakukan menyusul meningkatnya permintaan Xpander baik ekspor dan lokal.

Osamu mengatakan saat ini mesin Xpander masih diimpor CBU dari Jepang. Ia menekankan jika mesin diproduksi secara lokal akan meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal pada Xpander dari 71% menjadi sekitar 80%. Pengembangan di fasilitas NMI akan mampu memproduksi 160.000 unit mesin per tahun.

Namun belum ada informasi dimana produksi akan dilakukan. Selama ini Nissan memproduksi model Nissan dan Datsun di pabrik mereka di Purwakarta, Jawa Barat.

“Mengenai investasi produksi mesin ini, sepenuhnya ini dilakukan oleh Nissan bukan kami. Mengenai nilainya kami tidak tahu soal itu. Nantinya, Nissan akan memproduksi mesin dan kami membeli dari Nissan,” kata kepada sejumlah wartawan di Jakarta, Rabu (3/10/2019).

Sementara itu, Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan produksi mesin secara lokal ini belum akan mempengaruhi harga Xpander. “Masih terlalu dini untuk bicara soal pengaruh produksi mesin lokal dengan harga jual Xpander,” katanya.

Ia mengatakan saat ini Mitsubishi fokus pada rencana peningkatan kapasitas produksi Mitsubishi Motors di Indonesia. Mitsubishi akan meningkatkan kapasitas produksi pabriknya menjadi 220.000 unit. Dari angka ini 160.000 diantaranya adalah Mitsubishi Xpander, terdiri dari 50.000 unit untuk pasar ekspor dan 110.000 untuk pasar dalam negeri.

“Peningkatan kapasitas produksi ini untuk memenuhi permintaan Xpander yang tinggi. Kami akan berusaha melakukan delivery pada konsumen secepat mungkin,” katanya.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Last Updates

OLX Gandeng OtoSpector Sediakan Layanan Inspeksi Mobil Bekas

JAKARTA, 22 Januari 2019 – Platfom jual beli otomotif, OLX, bekerja sama dengan OtoSpector menghadirkan layanan inspeksi mobil bekas. Layanan...

Lexus LX 570 SPORT Hadir di Indonesia Harga Rp 3,255 Miliar

JAKARTA, 22 Januari 2019 – Cukup lama tak terdengar, Lexus Indonesia mengawali tahun 2019 dengan menghadirkan High Luxury SUV, yaitu...
video

VIDEO: Merasakan Kenikmatan BMW Seri 6 GT di Indonesia

JAKARTA, 22 Januari 2019 - BMW Indonesia telah menghadirkan BMW Seri 630i GT (Gran Turismo) di Indonesia. Mobil ini merupakan SUV hasil perpaduan...

MINI Cooper S 3-Door Edisi 60 Tahun Hanya Dijual 500 Unit

COWLEY, 22 Januari 2019 – Merek MINI tahun ini akan memasuki usia ke-60 tahun, sejak pertama kali hadir sebagai BMC...

Carlos Ghosn Dipecat, Mobil Kolaborasi Renault-Nissan-Mitsubishi Tetap Dibuat

YOKOHAMA, 22 Januari 2019 – Penyelidikan terkait skandal yang dilakukan oleh Carlos Ghosn masih berlangsung, terkait kasus penggelapan laporan pendapatan....