Beranda Updates Mercy 300SL Gullwing B.J Habibie Ditemukan Nyangkut di Pohon

Mercy 300SL Gullwing B.J Habibie Ditemukan Nyangkut di Pohon

Foto: motorklassikku.wordpress.com

JAKARTA, 12 September 2019 – Presiden ketiga Republik Indonesia Burhanuddin Jusuf Habibie meninggal dunia pada hari Rabu (11/9) kemarin di Jakarta. Semasa hidupnya beliau dikenal sebagai presiden, wakil presiden, dan menteri yang sangat cerdas, intelektual mumpuni dan seorang teknokrat.

Namun, yang lebih menariknya lagi adalah ia juga seorang pecinta mobil dan motor klasik. Dari belasan mobil klasik yang almarhum Habibie koleksi adalah Mercedes-Benz 300SL Gullwing yang menjadi favoritnya. Padahal Habibie memiliki belasan mobil Mercy yang bahkan berasal dari tahun sebelum Indonesia merdeka.

Mobil dua pintu alias coupe ini diproduksi selama tiga tahun dari 1954 – 1957, sedangkan versi roadsternya dari 1957 – 1963. Mobil dengan kode chassis W 198 ini diperkenalkan di International Motor Sports Show 1954 di New York, Amerika Serikat

Dikutip dari tulisan Hersubeno Arief di www.fnn.co.id, mobil tersebut didapat dengan cara unik, ditemukan saat sudah menjadi rongsokan di hutan di daerah Jambi. Tersangkut di sebuah pohon. Kemudian barang rongsokan itu dibeli dan direstorasi.

Sekarang ini kendaraan langka yang hanya ada beberapa unit saja di dunia itu, sudah menjadi anggota koleksi almarhum bersama dengan belasan mobil Mercy lainnya serta sepeda motor klasik.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza