Beranda Updates Mencicipi Bus Volvo B11R Premium Buatan Adiputro

Mencicipi Bus Volvo B11R Premium Buatan Adiputro

SENTUL, Carvaganza.com – Volvo sebenarnya sudah memasukkn sasis dan mesin bus Volvo B11R sejak tahun lalu di Tanah Air. Namun, baru kali ini kami mendapat kesempatan merasakan pengalaman menaiki bus ini. Maklum baru sekarang Volvo punya unit utuh yang bisa diuji coba. Mereka mengajak konsumen serta awak media mencicipi bus bertenaga 430 Hp itu. Perjalanan dimulai dari di kawasan MT Haryono, hingga ke Sentul City, Bogor dan kembali lagi.

Bambang Prijono, President Director PT Indotruck Utama, distributor tunggal Volvo Buses di Indonesia, mengatakan ini adalah kesempatan bagus untuk pelanggan kami, agar dapat merasakan bagaimana Volvo Buses beroperasi secara langsung. “Pelanggan juga dapat merasakan kenyamanan dan kemewahan, yang diharapkan dapat meningkatkan brand kami di Indonesia,” kata Bambang Prijono, Kamis (5/3/2020).

Bus yang kami tumpangi merupakan armada PT Rosalia Indah Transport, sebagai operator bus sekaligus penyedia unit premium ini. Bekerjasama dengan PT Adiputro Wirasejati, sebagai perusahaan karoseri pembuat komposisi bodi serta interior B11R yang diuji. Bukan bus biasa, melainkan sebuah ultra-high deck, Bahasa kerennya untuk bus yang memiliki kabin di atas. Seluruh bagian interior diracik mewah lengkap dengan lantai ber-vinyl kayu, menambah aura kenyamanan.

Dengan panjang total mencapai 13,5 meter, bus ini memiliki figur cukup tinggi. Tak ayal, ia memiliki bagasi super luas dengan kemampuan angkut impresif. Menurut klaim mereka, lima unit motor sekaligus bisa masuk ke ruang di balik panel samping. Tentunya hal ini selaras dengan kebutuhan pelanggan. Tak perlu risau kala membutuhkan bagasi ekstra.

Baca juga: UD Trucks Quester 280 Diborong Perusahaan Transportir Pertamina

Mesin 430 HP

Bagian yang menarik adalah spesifikasi teknisnya. Volvo memasang mesin diesel 11 liter dengan daya yang dihasilkan sebesar 430 Hp dan torsi 2.000 Nm. Cukup untuk membawa bobot besar bus ini. Ketika menjajal tanjakan, tak terdengar teriakan nyaring dari putaran mesin. Distribusi tenaga itu dilakukan pula oleh transmisi I-Shift 12 speed AMT (Automated Manual Transmission). Kami hanya bias merasakan impresinya sebagai penumpang karena tak berkesempatan mengemudikannya secara langsung.

Bus ini menggunakan sistem suspensi udara menyeluruh. Selain berdampak pada kenyamanan, terdapat juga komputasi elektronik yang menyokong pergerakan balon udara. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi gejala body roll, mengingat sosoknya besar sekaligus lebih tinggi dari ukuran bus biasa. B11R memakai konfigurasi 6×2. Alias dua roda memberi gaya dorong sementara empat lainnya menopang. Lengkap pula dengan sistem four wheel steering. Secara otomatis, dua ban belakang sedikit bergerak berlawanan kala menikung. Tentunya sangat membantu aspek radius putar.

“Tujuan utama dari acara Ride and Drive ini adalah untuk memberikan pengalaman baru kepada pelanggan kami. Termasuk kesempatan mengemudikan, hingga mempelajari lebih lanjut terkait keuntungan yang diberikan Volvo untuk menunjang kemajuan bisnis mereka,” kata Mats Nilsson, Direktur Volvo Buses APAC Central, yang turut ikut dengan rombongan.

“Hubungan kami dan pelanggan tidak berhenti hanya saat melakukan serah terima kunci. Kami tidak hanya memiliki produk yang memenuhi setiap persyaratan yang dibutuhkan pelanggan, tetapi juga layanan yang mendukung. Volvo Buses sangat bersemangat untuk menghabiskan waktu dengan para konsumen secara langsung,” pungkas Mats Nilsson.

Baca juga: Volvo Ajak Media dan Pelanggan Mencicipi Bus B11R Premium Buatan Adiputro

HELMI ALFRIADI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...

Pemilik Jeep Wrangler Yang Nyangkut Di Bibir Jurang Buka Suara

CALIFORNIA, carvaganza.com – Masih ingat kan empat hari lalu Carvaganza menurunkan tulisan soal Jeep Wrangler nyangkut di bibir jurang di trek motor trail? Kejadiannya...

CSR Mitsubishi, Buka Perpustakaan dan Balai Pertemuan di Ternate

Ternate, Carvaganza - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengadakan seremoni pembukaan perpustakaan dan balai pertemuan anak di Ternate, Maluku Utara. Bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat...