Mazda Siapkan Generasi Baru CX-5, Akan Punya Penggerak Belakang dan Mesin Hybrid

JAKARTA, Carvaganza – Kabar mengenai kehadiran model baru dari Mazda CX-5 makin terlihat jelas. Salah satunya adalah yang dikutip dari Paultan mengenai kehadiran generasi baru CX-5 yang akan dibekali dengan penggerak roda belakang dan menyediakan pilihan mesin 6 silinder hybrid. Kabar tersebut juga datang dari laporan salah seorang penjual mobil di Australia yang menyatakan bahwa Mazda tengah menyiapkan model baru untuk salah satu SUV andalannya yakni CX-5. 

Pihak Mazda Australia juga kedapatan mengonfirmasi secara samar mengenai kehadiran Mazda CX-5 terbaru dengan mesin hybrid. “Kami tidak dapat menyebut secara spesifik mengenai mobil baru yang akan hadir, namun saya kira model yang paling mungkin adalah yang mengisi segmen paling besar di dunia, jawabannya adalah SUV,” kata Alastair Doak, Marketing Director Mazda Australia. 

Meski tidak disebut secara jelas SUV mana yang akan mendapat polesan namun pada kesempatan yang sama Managing Director Mazda Australia menyebut CX-5 dalam sebuah presentasinya. Ia menyebutkan bahwa Mazda akan terus melakukan pengembangan mesin pembakaran internal dengan SkyActiv-X dan platform terbaru yang akan digunakan pada model CX-5 ke atas.

Platform New Mazda CX-5

Memang secara global, Mazda CX-5 memiliki volume penjualan yang cukup besar bagi perusahaan. Pada 2020 lalu saja, Mazda CX-5 berhasil mencatatkan penjualan hingga 361.051 unit di seluruh dunia dan menyumbang 30% dari total penjualan seluruh modelnya. Angka tersebut sama dengan dua kali penjualan CX-30 dan lebih tinggi dari pencapaian Mazda 3 yang terjual 239.498 unit.

Belum lama ini Mazda juga diketahui tengah melakukan pengembangan platform SkyActiv Multi-Solution Scalable Architecture. Platform ini nantinya ditujukan untuk lima mobil hybrid, serta lima dengan tenaga plug-in hybrid dan tiga lainnya untuk mobil bertenaga listrik yang akan diproduksi pada 2022–2025 mendatang. Dengan sedikit bahan dari presentasi di atas model-model seperti Mazda CX-5 dan Mazda6 juga akan menggunakan platform tersebut untuk generasi selanjutnya.  

Sementara itu untuk pengembangan mesin 6 silinder kabarnya juga akan digunakan pada tiga varian mesin di antaranya bensin, diesel dan SkyActiv-X. Kabarnya mesin tersebut juga akan digunakan pada model plug-in hybrid dan mild hybrid dengan sokongan baterai 48 volt. Kabarnya mesin 6 silinder generasi terbaru tersebut dapat memproduksi tenaga hingga 282 hp dan torsi maksimal 340 Nm. Sedangkan untuk model diesel yang disokong dengan mesin berkapasitas 3.3 liter dapat menghasilkan tenaga 282 dan torsi 600 Nm. 

Mazda juga diketahui melakukan kerja sama dengan Toyota dalam pengembangan komponen pada mesinnya untuk model plug-in hybrid. Kendaraan-kendaraan dengan platform terbaru tersebut juga akan diuntungkan dengan paket dari Mazda Co-Pilot 1.0 yang terdiri dari fitur bantuan berkendara, salah satunya adalah pengendaraan semi otonom.

Skyactiv-X

Sementara itu untuk desain baru yang akan digunakan pada generasi Mazda selanjutnya bisa kita lihat dari beberapa foto prototipe yang ada di Mazda North Mazda North American Operations di Irvine, California. Foto yang diupload sejak Mei lalu menampilkan desain yang hampir mirip dengan generasi sebelumnya dan terdapat sedikit ubahan di bagian grille dan lampu depan LED.

Sedangkan bagian lain hanya menunjukkan garis-garis menonjol di bagian kap mesin dan bagasi belakang. Sisanya masih belum terlihat karena tertutup oleh selubung kamuflase, baiknya kita tunggu kabar selanjutnya mengenai Mazda CX-5 generasi terbaru.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Paultan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda