Konsep Penerus Audi A8 akan Muncul Perdana Bulan September

INGOSLTADT, Carvaganza – Audi tengah menyambut era baru untuk menekankan komitmennya menghadirkan kendaraan listrik untuk beberapa tahun ke depan. Setelah sukses membaawa e-tron GT dan e-tron Sportback, sedan mewah bertenaga listrik kini berada di antrean terdepan. Mobil ini kabarnya akan siap tampil untuk Munich Motor Show 2021, bulan September mendatang.

Audi mengumumkan calon mobil barunya itu dengan akan merilis tiga model konsep yang masing-masing disebut Grand Sphere, Sky Sphere dan Urban Sphere. Nama pertama yaitu Grand Sphere disebut sudah paling siap mendekati produksi untuk menjadi model flagship. Dan model yang akan diterjemahkan dari Grand Sphere menjadi versi produksi adalah Audi A8 terbaru.

Ketiga nama mobil konsep tersebut diumumkan Audi sebagai teaser pada pekan lalu. Semuanya dibangun menggunakan platform mobil listrik yang Audi sebut sebagai proyek Artemis. Melihat timeline setiap produk, A8 sudah terbilang tua karena generasi saat ini telah beredar sejak tahun 2017. Sudah waktunya juga Audi mempersiapkan model penerusnya, yang sekaligus menunjukkan kebolehan teknologi elektrifikasi.

Audi Grand Sphere

Mark Lichte sebagai head designer Audi mengatakan bahwa Grand Sphere tidak akan sekadar memasang body A8 ke platform mobil listrik. “Saya meminta desainer kami bukan untuk visi mereka pada penerus A8 tapi untuk sesuatu yang benar-benar baru. Volume (penjualan) dari saloon tiga box seperti A8, BMW Seri 7 dan Mercedes-Benz S-Class turun, dan ada bodystyle baru yang lebih menarik,” kata Lichte dikutip Autocar.

“Sejujurnya, menurut saya S-Class lebih sukses daripada A8 kami, jadi kami harus membawa sesuatu yang benar-benar baru untuk menyerang S-Class.”

Ditambahkan oleh Markus Duesmann sebaai CEO Audi bahwa proyek Artemis akan memberikan blueprint untuk proses pengembangan yang cepat dan tangkas di Grup Volkswagen. Platform ini diperkenalkan pada tahun 2020 lalu. Diyakini bahwa Audi Aicon yang merupakan konsep dari proyek ini dikembangkan untuk menyediakan range berkendara 700-800 kilometer, meski belum resmi diumumkan.

Audi Grand Sphere

Aicon diperkenalkan Audi sebagai konsep sedan mewah berdesain sleek dan elegan, menggunakan pintu model suicide seperti Rolls-Royce. Bagian interiornya mengusung desain mewah First Class yang dibalut oleh aksen futuristik. Disertai sejumlah teknologi berkendara otonom, Aicon menjadi acuan generasi baru A8 yang kemungkinan besar akan diproduksi dengan desain yang lebih rasional.

Versi produksi Grand Sphere alias A8 terbaru paling cepat akan hadir pada tahun 2024, sekaligus membawa bahasa desain baru untuk Audi. Namun sebelum Grand Sphere, Audi lebih dulu akan memamerkan wujud Sky Sphere pada Agustus nanti di Peeble Beach Concours d’Elegance, sebagai sebuah coupe dua pintu. Sementara Urban Sphere akan menjadi calon SUV listrik berteknologi otonom.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda