Hyundai Staria Sudah Tiba di Thailand, Siap-Siap Indonesia Menyusul

BANGKOK, Carvaganza  – Hyundai Staria akhirnya resmi memasuki pasar Asia Tenggara dan negara pertama yang disambangi adalah Thailand. MPV dengan konfigurasi 11 penumpang ini tersedia dalam dua varian dengan kisaran harga 1.729.000 hingga 1.999.000 baht untuk model tertingginya atau setara dengan Rp 700-800 Jutaan.

Hyundai Staria hadir sebagai MPV dengan desain yang cukup futuristik dan terinspirasi dari tampilan pesawat luar angkasa. Namun pabrikan mengklaim desain tersebut digabungkan dengan beberapa tampilan yang kekinian seperti lampu LED daytime running full-width. 

Selain itu pada fascia depannya tampak grille berukuran besar dengan dengan bodi yang minim dengan garis-garis aerodinamika. Dan untuk sektor pencahayaan dibekali dengan teknologi Parametric Pixel LED khusus untuk varian tertingginya. Sementara itu untuk varian terendahnya akan disematkan velg silver berukuran 17 inci sedangkan varian tertingginya akan menggunakan velg dengan desain two-tone berukuran 18 inci.

Hyundai Staria

Tampilan yang futuristik tidak hanya tampak pada desain eksteriornya, interior Hyundai Staria juga menawarkan tampilan yang menarik dengan desain yang tak kalah modern. Kedua varian yang hadir di Thailand menampilkan layar cluster digital berukuran 4,2 inci untuk varian S sedangkan untuk varian SEL akan mendapatkan layar berukuran 10,25 inci.

Untuk mendukung layanan hiburan di dalam, Hyundai Staria dibekali dengan layar sentuh berdimensi 8 inci dengan konektivitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto. Sementara itu pada varian SEL tersedia pula fitur pengisi daya ponsel nirkabel Qi. 

Di samping fitur hiburan, Hyundai Staria juga menyematkan beragam piranti pendukung seperti Keyless Entry, Push Button Start, kamera mundur dan pencahayaan interior dengan LED. Seluruh kursi penumpang akan dilapisi dengan material kulit pada varian SEL dengan pengaturan 12 arah. 

Hyundai Staria juga dibekali dengan beberapa fitur keselamatan pendukung SmartSense yang meliputi Autonomous Emergency Braking with Oncoming Vehicle Detection, Adaptive Cruise Control, Lane Centring Assist, Blind Spot Monitoring with Collision Avoidance dan Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Cameras.  Baik penumpang dan pengendara akan mendapatkan pengalaman yang lebih aman dan nyaman dengan berbagai fitur tersebut. Terlebih lagi terdapat sensor pintu dan penumpang belakang serta informasi tekanan ban yang tampil di layar cluster meter.

Hyundai Staria

Pada sektor performa Hyundai Staria menggendong mesin 4 silinder 2.2 liter dengan suntikan turbodiesel. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan dan dapat dikendalikan melalui paddle shifter. Paket mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal 175 hp dan torsi yang mencapai 431 Nm. 

Dikutip dari Paultan, kabarnya Hyundai Staria segera menyambangi negara lainnya seperti Malaysia dan Indonesia. Di Tanah Air sendiri, Staria akan melawan MPV mewah seperti Toyota Alphard dan Nissan Elgrand, di kelas harga Rp 700 jutaan.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Paultan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda