Mazda Luncurkan Crossover CX-3 Varian Mesin 1,5L, Lawan Berat HR-V

JAKARTA, Carvaganza – Empat produk baru diluncurkan oleh Mazda di Indonesia selama tahun 2021 ini. Setelah New Mazda6 Elite, CX-5 dan CX-9 AWD, kini giliran CX-3 yang mengalami penyegaran. Namun dibandingkan model lainnya, New Mazda CX-3 edisi 2021 menjadi yang paling signifikan pembaruannya dan semakin atraktif.

 PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) pada hari Senin (29/3/2021) telah secara resmi meluncurkan crossover  New Mazda CX-3 Sport 1,5L untuk pasar Indonesia. Mazda resmi menawarkan varian mesin baru untuk CX-3, yang lebih terjangkau agar bisa semakin kompetitif juga di pasar. Menyusul varian mesin 2,0L, kini CX-3 Sport 1,5L semakin serius menantang Honda HR-V sebagai pemain utama di segmen ini.

Mengikuti Mazda2 sebagai basisnya, CX-3 Sport 1,5L ikut mengadopsi mesin 1,5 liter naturally aspirated alias non-turbo. Jadi di Indonesia sekarang CX-3 semakin mengikuti spesifikasi bawaan Mazda2, namun dengan nilai utilitas yang lebih tinggi.

Mazda CX-3 Sport

Dari sisi eksterior, penampilan keseluruhan CX-3 masih sama alias tidak berubah dibandingkan sebelumnya. Untuk varian CX-3 Sport 1,5L ditandai oleh desain velg 18-inci yang baru dengan nuansa two-tone. Lalu ada opsi warna baru juga khusus untuk CX-3 Sport 1,5L, yaitu Polymetal Grey sebagia hero color dan tidak ada pada varian lainnya.

Mesin SkyActiv-G 1,5 liter pada CX-3 punya kombinasi tenaga 108 hp dan torsi 144 Nm, sedikit lebih tinggi daripada yang dipasang untuk Mazda2 berwujud hatchback. Tidak ada perubahan soal spesifikasi transmisi, yaitu tetap menggunakan varain otomatis SkyActiv-Drive 6-percepatan yang menggerakkan roda depan.

Untuk akses masuk ke kabin, kini CX-3 sudah mendapat keyfob atau remote keyless entry yang baru, seperti model 7G alias generasi ketujuh. Bentuk kunci CX-3 Sport 1,5L sama seperti milik Mazda3 terbaru, CX-30, serta Mazda6 dan CX-9 versi 2021. Elemen desain 7G juga Mazda berikan pada jok depan CX-3, dengan desain dan konstruksi yang membuat pengemudi tidak cepat lelah saat mengemudi.

Mazda CX-3 1,5

Modernisasi untuk interior, Mazda memberikan koneksi smartphone yang lebih canggih. Pada sistem infotainment MZD Connect kini sudah bisa melayani koneksi Apple CarPlay dan Android Auto tanpa kabel, alias wireless connection. Jadi, akses untuk aplikasi pendukung kebutuhan mobilitas semakin praktis bersama CX-3 Sport 1,5L.

Tidak ketinggalan, Mazda juga lengkapi CX-3 Sport 1,5L dengan segudang fitur pendukung keselamatan. Mulai dari Hill Launch Assist (HLA), G-Vectoring Control (GVC), Blind Spot Monitoring (BSM), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Tentunya fitur seperti ABS, EBD with BA, DSC dan TCS sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

Oleh PT EMI, New Mazda CX-3 Sport 1,5L diluncurkan dengan harga Rp 339,9 juta (OTR Jakarta), yang semakin terjangkau untuk para konsumen. Sebagai pembanding, harga CX-3 bermesin 2,0L saat ini adalah Rp 454,4 juta, lebih mahal Rp 115 jutaan. New CX-3 Sport 1,5L kini sudah bisa dipesan di seluruh dealer resmi Mazda di Indonesia. (WAHYU HARIANTONO)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda