Beranda New Cars REVIEW: Mazda CX-3, Makin Banyak Pilihan

REVIEW: Mazda CX-3, Makin Banyak Pilihan

JAKARTA, Carvaganza.com – Selain menghadirkan Mazda CX-9 AWD, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai pemegang merek Mazda Tanah Air, juga menyegarkan Mazda CX-3. Ini kali kedua model ini disegarkan setelah terakhir medapat facelift pada 2018.

Terlepas memang sudah waktunya, langkah Mazda ini menjadi upaya mengenjot kembali minat konsumen. Apalagi di tengah kondisi belakangan yang tak kondusif, akibat wabah virus corona. Mazda pun tetap optimis menyajikan produk anyar. Menariknya, New CX-3 tak sekadar mendapat ubahan pada rupa dan fitur, tapi juga ketambahan trim atau varian.

Sebelumnya, Mazda menawarkan CX-3 GT dan Touring, sekarang tersedia Sport dan Pro. Sport menjadi opsi paling termurah, sedangkan Pro berada di tengah, tepatnya di atas Touring dan di bawah GT. Keduanya memakai basis trim varian sebelumnya, tapi ada sedikit sentuhan yang membuat beda.

“Penambahan trim baru ini memberikan lebih banyak pilihan bagi penggemarnya. Jadi saat ini Mazda CX-3 memiliki 4 pilihan trim, tipe GT dan Touring yang sudah hadir lebih dulu. Dan sekarang kita tambahkan trim baru sebagai penyegaran, yaitu trim Pro dan Sport” ujar Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI).

Penyegaran (facelift) yang menyuguhkan peningkatkan desain serta penampilan, baik dari sisi eksterior maupun interior. Ap saja?

Baca juga: Mazda Indonesia Luncurkan CX-9 AWD dan CX-3 Facelift

PRO

Kita mulai dengan tipe PRO. Model ini mendapat penyempurnaan pada 3 bagian. Misalnya pada pelek aluminium berukuran 18 inci. Desainnya sudah mewah, dikelir mengilap (bright). Kemudian pilar C diberi garnish Piano Black agar makin berkesan premium. Sunroof tetap dipasang, membuatnya berbeda dengan varian Sport.

Sementara interior dibalut pelapis Nappa Leather berwarna Deep Red. Kenyamanan pengemudi dalam mencari posisi duduk dipermudah berkat pengaturan elektrik. Fitur lainnya ada Auto Dimming pada spion tengah. Pantulan gambar menjadi lebih nyaman dilihat mata, terutama saat malam hari yang dipenuhi cahaya headlamp.

REVIEW: Mazda CX-9 AWD, Punya Kemampuan Makin Lengkap

SPORT

Sementara Sport menganut bingkai roda dengan corak Gunmetal. Spion tengah tak ada Auto Dimming, hanya manual. Begitu pula pengaturan jok tidak sepraktis Pro, masih konvensional. Pelapisnya tetap mewah, walau berkualitas lebih rendah berupa leatherette yang dikombinasikan fabric. Sistem keselamatan sama, tapi tak seperti Pro, minus Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Soal mesin jelas taka da utak atik. Keduanya tetap menganut jantung mekanis Skyactiv-G 2.0 liter in-line 4-cylinder DOHC 16-valve dengan diameter langkah 83,5 x 91,2 mm dan kompresi 13:1. Daya tertinggi mencapai 149 PS pada 6.000 rpm serta momen puntirnya 195 Nm yang keluar sejak 2.800 rpm. Dapur pacu ini dikombinasikan transmisi Skyactiv-Drive otomatis 6-speed.

Baca juga: TEST DRIVE: Mazda CX-30 Memang Beda!

Daftar Harga

Hadirnya New CX-3 yang disegarkan ini jelas merupakan usaha Mazda untung bersaing. Seperti kita tahun, segmen SUV belakangan kian ramai diisi pemain. Selain melawan pemain lama karena HR-V dan Hyundai Kona sudah ada di Indonesia, hadir juga MG ZS namun dengan mesin yang lebih kecil hanya 1.500 cc.

PT EMI kini total menawarkan 4 varian CX-3. Harga yang tertera di bawah adalah OTR Jakarta. Nah, jika Anda ingin warna khusus yaitu SPul Crystall dan Machine Red, ada tambahan charge Rp 4 juta.

– New Mazda CX-3 SPORT: Rp 399,9 juta
– New Mazda CX-3 TOURING: Rp 414,2
– New Mazda CX-3 PRO: Rp 445,8 juta
– New Mazda CX-3 GT: Rp 464,4 juta

Baca Juga: Mazda Segarkan New CX-3, Ada Dua Varian Baru

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Jika kehadiran generasi keenam  Toyota Corolla ditandai munculnya Bubble Economy Jepang pada 1987, kelahiran generasi ketujuh justru ditandai dengan hancurnya Bubble...

Ekspor Meningkat, Suzuki Kapalkan 5.030 Kendaraan di Juli

JAKARTA, Carvaganza – Selain penjualan, tren peningkatan ekspor produk-produk Suzuki buatan Indonesia terus berlanjut ke semester kedua 2020. Selama bulan Juli lalu, PT Suzuki...

Tambah Line-Up, MG HS Siap Diluncurkan di Indonesia Besok

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah 4 bulan sejak peluncuran mobil perdananya di Indonesia akhir Maret lalu, MG siap memperkenalkan model keduanya di Indonesia. Manufaktur Inggris...

Ioniq akan Menjadi Sub-Merek Hyundai Khusus Mobil Listrik

SEOUL, Carvaganza.com – Selama ini kita mengenal Ioniq sebagai nama salah satu model mobil listrik lansiran Hyundai. Ke depannya, Hyundai akan menggunakan nama Ioniq...

Bayar Rp 3 Juta, Bisa Belajar Drifting Tanpa Punya Mobilnya

JAKARTA, Carvaganza – Kalau menyaksikan film yang berkaitan dengan mobil, atau setidaknya film action, kita sering melihat mobil yang melakukan drifting ketika di tikungan....