Libur F1, Max Verstappen Akan Ikut Balap Aussie Supercars

MILTON KEYNES, Carvaganza.com – Formula 1, seperti banyak ajang lainnya saat ini sedang dalam masa libur tak menentu karena pandemic virus Corona. Mengisi kekosongan jadwal balap sementara, tak sedikit pembalap yang kemudian mencoba turun di kategori lain termasuk pembalap Aston Martin Rd Bull Racing, Max Verstappen.

Pekan ini, Verstappen akan ‘banting setir’ untuk ikut serta dalam balap turing Australia, yaitu Supercars Series. Pada ajang ini, Verstappen akan memacu mobil balap Holden, yang tetap didukung oleh Red Bull, sponsor utama dan pribadi dari Verstappen sendiri.

Bukan akan pindah ajang sepenuhnya, namun Verstappen justru hanya akan partisipasi dalam balap eksibisi Aussie Supercars All-Stars Eseries. Balapan akan digelar secara virtual, melalui simulator dari lokasi pembalap masing-masing, pada hari Rabu (15/4/2020).

Verstappen, 22 tahun, memang sudah cukup lama akrab dengan balap virtual atau simulasi ini, bahkan sejak sebelum masuk ke F1. Untuk debut Verstappen pada balapan kali ini, akan digelar menggunakan platform simulasi dari iRacing.



“Saya menantikan untuk balapan. Ini akan jadi tantangan karena bukan mobil yang pernah saya sering pacu di simulasi, tapi cukup keren di dunia nyata. Kami selalu balapan bersama Supercars di Melbourne jadi akan menarik mengetahui bagaimana saya melawan semua pembalap regulernya,” jelas Verstappen dilansir Grandprix247.

“Saya pernah mencoba Supercar beberapa kali di iRacing dan sangat sulit untuk mengemudikannya dengan benar. Saya ingin balapan bersama rekan setim saya Shane, atau Pastor, saya memanggilnya – dia sangat sering tabrakan di simulasi!”

Mobil Holden Commodore bermesin V8 5.0 liter versi virtual akan digeber Verstappen bersama Shane van Gisbergen dalam satu tim. Julukan ‘Pastor’ dari Verstappen untuk rekan setimnya itu mengacu pada Pastor Maldonado yang terkenal sering akibatkan tabrakan saat aktif di F1.


Popularitas eSports Meroket


Menyusul banyak ditunda dan batalnya ajang balap dunia saat ini, para pembalap akhirnya mencari alternatif agar tetap bisa balap dan mengasah kemampuannya. Balap eSports atau virtual kemudian menjadi tujuan utama para pembalap.

Dari F1 sendiri, Lando Norris termasuk yang paling rajin aktif di balap virtual, selain Verstappen. Bahkan beberapa pekan terakhir, banyak pembalap dunia bertemu dan bersaing terbuka di balap virtual, termasuk yang digelar oleh F1.

Akhir pekan lalu saja, Jenson Button memenangkan balap Legends Sim Race yang diikuti berbagai legenda dan mantan pembalap F1. Sebut saja Juan Pablo Montoya, Jacques Villeneuve, bahkan juara dunia dua kali Emerson Fittipaldi yang berusia 73 tahun ikut meramaikan.

Tidak hanya dari kalangan F1, balap virtual juga ikut digelar dan diikuti oleh MotoGP da NASCAR. Tanpa harus bertemu langsung di sirkuit nyata, para pembalap tetap dapat menyalurkan hasrat ngebutnya meski musim balap tengah hiatus entah sampai kapan.

Sumber: Grandprix247

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda