LEBARAN DRIVE 2023: Mengenal Lebih Dekat Fitur-Fitur Keselamatan di New Mazda CX-8

LEBARAN DRIVE 2023: Mengenal Lebih Dekat Fitur-Fitur  Keselamatan di New Mazda CX-8

JAKARTA, Carvaganza – Dengan harga tembus Rp 800 jutaan, Mazda CX-8 yang kami drive sepanjang liburan Lebaran 2023 dilengkapi ragam fitur keselamatan untuk keamanan penumpang. Baik yang sifatnya fitur safety aktif maupun pasif.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa kelebihan dari teknologi Skyactiv Body pada Mazda CX-8?

    Membuat bodi mobil lebih enteng dan lebih kokoh sehingga mendukung performa mobil serta efisiensi konsumsi BBM.
  • Apa fungsi utama dari G-Vectoring Control pada Mazda CX-8?

    Menjaga kendaraan agar tetap stabil ketika menikung sehingga menambah kepercayaan pengemudi.
  • Apa fungsi utama Mazda Radar Cruise Control (MRCC)?

    Merupakan teknologi cruise control yang sudah ditingkatkan updatenya sehingga bisa secara otomatis memperlambat laju kendaraan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.
  • Pengereman

    Sudah dilengkapi dengan sistem pengereman Antilock Brake System (ABS) with Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Rangkaian sistem pengereman ini sudah menjadi peranti standar pada setiap kendaraan modern. Ketiganya saling terkait satu sama lain, namun mekanisme kerjanya berbeda-beda.

    Misalnya, komponen ABS berfungsi untuk mencegah roda terkunci ketika terjadi pengereman mendadak atau tiba-tiba sehingga mobil tidak kehilangan traksi. Memungkinkan pengemudi tetap dapat melakukan manuver untuk menghindari tabrakan atau benturan.

    EBD berfungsi mendistribusikan daya pengereman ke seluruh roda mobil agar menyelaraskan semua putaran ban sehingga pengereman menjadi lebih presisi. Untuk menambah daya pengereman, ketika terjadi braking mendadak menjadi tugas Brake Assist (BA). Fitur ini bekerja secara instan dan sangat responsif, sehingga effort pengemudi ketika melakukan pengereman mendadak tidak terlalu besar. Injakan pedal rem tidak perlu terlalu dalam, namun bekerja lebih efektif untuk menghentikan laju kendaraan.

    Driving Mazda CX-8

    Dynamic Stability Control (DSC) and Traction Control System (TCS)

    Kehadiran fitur ini untuk menjadikan perjalanan lebih aman dan nyaman. Berfungsi mengatur kekuatan rem, mencegah understeer dan tentunya menjaga kestabilan kendaraan ketika menikung di jalanan licin atau kalau pengemudi melakukan putaran kemudi secara mendadak.

    Hill Launch Assist (HLA)

    Berfungsi membantu pengemudi menghentikan mobil di jalanan menanjak selama beberapa detik. Berkat fitur tersebut mobil tidak menggelosor ketika pengemudi melepaskan kaki dari pedal rem untuk berpindah menginjak pedal gas untuk melajukan mobil di tanjakan.

    Emergency Stop Signal (ESS)

    Dengan fitur ini, lampu belakang akan berkedip berulang-ulang jika mobil mengerem dengan keras dan mendadak sehingga pengemudi di mobil belakangnya akan menjadi lebih waspada. Lantas pengemudi mobil di belakang bisa mengendalikan kendaraan dengan lebih presisi baik untuk mengerem maupun menjaga jarak.

    G-Vectoring Control (GVC Plus)

    Fungsi utamanya adalah menambah kepercayaan diri pengemudi ketika mobil menikung karena menjaga kendaraan tetap stabil. Berkat GVC Plus, ketika Mazda CX-8 yang Anda kendarai masuk tikungan, fitur tersebut akan menurunkan rpm mesin kemudian akan memindahkan bobot dan menambah daya cengkeram roda depan. Dengan demikian, kendaraan menjadi lebih stabil baik ketika masuk belokan, melahap apex dan keluar dari tikungan.

    Baca juga: LEBARAN DRIVE 2023: Begini Cara Enak Mengendarai Mazda CX-8 di Jalan Tol

    Mazda CX-8

    Front And Rear Parking Sensor

    Sensor parking depan dan belakang yang terdapat pada New Mazda CX-8 menggunakan sensor ultrasonic untuk mendeteksi benda mati ataupun hidup yang ada di sekitaran mobil pada saat mobil parkir mundur atau pun pararel. Sensor membantu pengemudi tetap waspada dan menjaga jarak kendaraan dari benda yang menghalangi arealnya.

    360 deg View Monitor System

    Berkat fitur ini, pengemudi dapat melihat langsung suasana di sekitaran mobil melalui display sentuh 8 inci yang terdapat di tengah dashboard. Terutama untuk melihat area blind spot. Menggunakan empat kamera yang terpasang di depan, samping dan bagian belakang mobil. Selain kamera, dibantu oleh delapan sensor parking di depan dan belakang untuk mendeteksi benda yang dekat dengan mobil. Sensor akan memberitahukan hasil pendeteksian dengan mengeluarkan suara alarm.

    Sistem Keselamatan Pasif

    Fitur keselamatan pasif yang terpenting dari SUV 7 penumpang Mazda CX-8 adalah konstruksi monokok SkyActiv. Pabrikan menyebutnya SkyActiv Body. Tapi sebetulnya, teknologi SkyActiv yang diusung oleh Mazda CX-8 bukan hanya pada konstruksi bodi saja, melainkan sudah secara paketan utuh. Mulai dari bodi, chassis, transmisi sampai mesin.

    Filosofi teknologi ini sebetulnya sama yakni bagaimana pabrikan bisa mendeliver performa mobil semaksimal mungkin dengan cara yang efisien dan membuat lebih irit bahan bakar. Berkat SkyActiv Body, tim pabrikan sukses membuat bodi kendaraan lebih enteng 8 persen dan 30 persen lebih kokoh dari bodi non teknologi SkyActiv. Efeknya, bisa meningkatkan perlindungan terhadap penumpang.

    Untuk airbag, SUV mendapat perlindungan enam kantung udara yang terpasang di depan, pinggir dan pada tirai. Plus ISOFIX demi keamanan dan keselamatan anak, high-mount stop lamp dan side-impact door beams.

    Baca juga: LEBARAN DRIVE 2023: Begini Suasana dan Kenyamanan Di Dalam Kabin Mazda CX-8

    Fitur Mazda Radar Cruise Control (MRCC) Fitur Mazda Radar Cruise Control (MRCC)

     

    Teknologi i-ACTIVSENSE

    Selain fitur keselamatan aktif dan pasif, Yokohama membekali teknologi keselamatan yang disebut i-Activsense. Yaitu sistem keamanan aktif teranyar yang dapat memprediksi dan memberikan peringatan kepada pengendara agar lebih berhati-hati.

    Teknologi ini tersedia di dalam beberapa menu yakni Mazda Radar Cruise Control (MRCC), Smart Brake Support (SBS) & Forward Obstruction Warning (FOW), Smart City Brake Support (SCBS), Adaptive Front-lighting System (AFS), High-Beam Control (HBC), Blind Spot Monitoring (BSM) and Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS) dan Pedesterian Brake.

    Semuanya punya fungsi masing-masing dan terkait satu sama lain. Ingin tahu bagaimana Mazda Radar Cruise Control (MRCC), Blind Spot Monitoring (BSM), Lane Departure Warning System (LDWS) dan Lane Keep Assist System (LAS) bekerja dan bagaimana dimanfaatkan dengan cruise control? Bisa baca LEBARAN DRIVE 2023: Begini Cara Enak Mengendarai Mazda CX-8 di Jalan Tol.

    Lane Departure Warning System (LDWS) Mazda CX-8 Lane Departure Warning System (LDWS)

     

    Mazda Radar Cruise Control (MRCC). Berfungsi dengan menggunakan gelombang milimeter untuk mengukur kecepatan dan jarak dengan mobil di depan. Pengoperasiannya mudah, tinggal pencet tombol di setir maka mobil akan menjaga jarak aman dengan mobil di depannya. Kelebihan lain adalah mengurangi beban pengemudi selama perjalanan.

    Smart Brake Support (SBS) depan dan belakang. Berfungsi mengukur jarak dengan mobil di depan pada kondisi traffic padat merayap. Fitur akan langsung mengaktifkan rem secara otomatis pada kecepatan antara 4 – 30 km/jam untuk menjaga jarak aman kendaraan baik yang ada di depan maupun di belakang.

    Forward Obstruction Warning (FOW). Sistem ini dipasangkan dengan SBS yang berfungsi menghitung jarak mobil dengan mobil atau benda di depannya. Kalau mobil terlalu dekat dan beresiko terjadi benturan, akan berbunyi alarm sehingga pengemudi tetap waspada dan mengerem.

    Adaptive Front-lighting System (AFS). Fitur ini membantu pengemudi melihat bentuk jalan dengan mudah dan jelas. Fitur bakal mengarahkan cahaya lampu depan ke jalan di depannya agar penglihatan pengemudi di malam hari menjadi lebih baik lagi. Fitur ini dibantu oleh High-Beam Control (HBC) yang tugasnya mengatur sorot lampu depan kapan mobil harus memberikan sorotan rendah dan tinggi saat berkendara di malam hari. Selain untuk mempermudah pengemudi mendeteksi bahaya berkendara di malam hari dari depan, pengaturan high beam juga membantu agar sorotan lampu depan tidak menyilaukan pengendara lain yang datang dari lawan arah. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga:  LEBARAN DRIVE 2023: Fitur Ini Yang Bikin Mengendarai Mazda CX-8 Tambah Asik

    Pelajari lebih lanjut tentang Mazda CX-8

    • Tampak Depan Bawah Mazda CX-8
    • Tampak samping CX-8
    • Tampak atas CX-8
    • Lampu depan CX-8
    • Mazda CX-8 Front Side View
    • Tampak depan medium Mazda CX-8
    • Tampak belakang tengah CX-8
    • Tampak depan CX-8, tilted
    • Tampak depan medum angle CX-8
    Mazda CX-8
    Rp 808,8 Juta Cicilan mulai dari : Rp 18,45 Juta

    Mobil Mazda Lainnya

    • Mazda CX 9
      Mazda CX 9
    • Mazda 6
      Mazda 6
    • Mazda 6 Estate
      Mazda 6 Estate
    • Mazda CX3
      Mazda CX3
    • Mazda CX 5
      Mazda CX 5
    • Mazda CX-60
      Mazda CX-60
    • Mazda MX 5 RF
      Mazda MX 5 RF
    • Mazda 2
      Mazda 2
    • Mazda 2 Sedan
      Mazda 2 Sedan
    • Mazda 3
      Mazda 3
    • Mazda 3
      Mazda 3
    • Mazda CX-30
      Mazda CX-30
    • Mazda CX-8
      Mazda CX-8
    • Mazda MX-30
      Mazda MX-30

    Featured Articles

    Read All

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Mazda Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature