Layanan Penjualan Mitsubishi Paling Memuaskan di Indonesia Pada 2019

JAKARTA, 25 November 2019 -- Tahun 2019 menjadi tahun gemilang bagi Mitsubishi Motors di Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali menerima peringkat tertinggi dalam indeks kepuasan pelanggan dalam layanan penjualan (2019 Indonesia Sales Satisfaction Index) berdasarkan studi JD Power. Ini adalah raihan keempat kalinya dalam 10 tahun setelah 2013, 2015, dan 2017.

Seremoni penyerahan penghargaan dilakukan di kantor Pusat MMKSI Pulomas Jakarta. Penghargaan diserahkan Shantanu Majumdar selaku Regional Director, Automotive Practice JD Power dan diterima langsung President Director PT MMKSI Naoya Nakamura.

Dari hasil sudi JD Power, MMKSI meraih skor tertinggi untuk layanan penjualan di Indonesia. Studi dilakukan terhadap 2.304 responden pemilik kendaraan baru di Indonesia antara Juli 2018 hingga Juni 2019. Studinya sendiri dilaksanakan mulai bulan Januari hingga Agustus 2019.

President Director PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan tahun 2019 menjadi Big Year bagi Mitsubishi di Indonesia. Mitsubishi menyandingkan dua penghargaan yaitu peringkat pertama Costumer Service Index (CSI) JD Power 2019 pada September lalu kini Sales Satisfaction Index (SSI) JD Power. Kedua penghargaan berturut-turut berdasarkan pengalaman nyata konsumen terhadap pelayanan Mitsubishi adalah pengakuan.

Selain itu ada penghargaan atas pengembangan kendaraan di posisi kedua teratas di Initial Quality Study (IQS) Indonesia. Ada dua penghargaan yang diraih yaitu untuk Mitsubishi Pajero Sport (SUV) dan Xpander (MPV).



“Meski pasar otomotif tidak terlalu baik, turun sekitar 10 persen dibandingkan tahun lalu, sehingga kami harus terus melakukan peningkatan dalam hal layanan pada konsumen. Hal ini akan berujung pada kepuasan pelanggan, loyalitas, dan tentunya akan berpangaruh pada penjualan,” kata Nakamura dalam sambutannya.

"Kedua penghargaan ini sekaligus menjadi motivasi kami untuk lebih meningkatkan lagi penyediaan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan kami di Indonesia," tambah Nakamura.

Mitsubishi Motors meraih peringkat tertinggi di antara brand otomotif lainnya dengan skor 835 unggul tipis dari Toyota yang meraih nilai 834. Skor ini adalah yang tertinggi yang pernah diraih Mitsubishi Motors dan juga mass market.



Baca juga: 2 Tahun Beruntun, Mitsubishi Terbaik dalam Kepuasan Layanan Aftersales 2019
Baca juga: Selain Aftersales, Mitsubishi Juga Peringkat Tertinggi Kepuasan Penjualan
Baca juga: Mitsubishi ONE, Layanan Baru Purnajual Mitsubishi Motors Indonesia


Terdapat 5 faktor penilaian yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan pengalaman pembelian kendaraan baru yaitu konsultan sales (dengan bobot penilaian 23%), fasilitas dealer (23%), proses pengiriman (19%), penyelesaian kesepakatan (19%), dan penyelesaian dokumen (16%). Kepuasan pelanggan diukur pada skala 1000 point dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi.

“Mitsubishi meraih nilai tertinggi di 3 faktor yaitu fasilitas , proses delivery, dan penyelesaian dokumen,” kata Irwan Kuncoro Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI.

Berbagai kegiatan sudah dilakukan Mitsubishi untuk meningkatkan layanan pada konsumen seperti Costumer Relationhip Management (CRM)m, Digital Enchancement berupa pelayanan konsumen lewat media sosial, peningkatan kualitas SDM dengan Dealer CS Performance and PDCA Contest, Dealer Staff Training, serta Network Standarization.

“Ke depan kami juga menyiapkan beberapa program baru untuk lebih meningkatkan layanan penjualan demi kepuasan konsumen,” tutup Irwan.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda