Hyundai New Santa Fe Dibekali Banyak Fitur Keselamatan Canggih Ini

Fitur keselamatan Hyundai New Santa Fe

JAKARTA, Carvaganza – Diperkenalkan di Indonesia April 2021, Hyundai New Santa Fe facelift datang dengan sejumlah pembaharuan yang membuatnya lebih spesial. Mulai dari eksterior dan interior yang didesain ulang, fitur yang lebih lengkap dan performa yang lebih dapat diandalkan.

Tetapi di antara itu semua, ada satu kelebihan Hyundai New Santa Fe yang membuatnya sangat spesial. SUV (Sport Utility Vehicle) dengan tiga baris penumpang ini sekarang dibekali dengan berbagai sistem keselamatan tingkat lanjut. Teknologi keselamatan aktif di mobil ini dapat mengidentifikasi potensi bahaya dan membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Apa saja?

fitur keselamatan FCA Hyundai New Santa Fe

1. Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)

Sistem ini secara otomatis memberikan peringatan bila mendeteksi potensi risiko benturan di area depan mobil. Lalu apabila pengemudinya telat mengantisipasi, mobil akan mengaktifkan rem secara otomatis. Teknologi keselamatan ini dirancang untuk membantu pengemudi menghindari tabrakan atau mengurangi efek yang lebih parah apabila benturan tak dapat dihindari lagi. Sistem ini tak hanya dapat mendeteksi kendaraan, tetapi juga obyek lainnya seperti pejalan kaki di depan.

fitur keselamatan Hyundai New Santa Fe

2. Blind-Spot View Monitor (BVM) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)

Mungkin Anda sudah familiar dengan istilah Blind Spot Monitor yang dapat mendeteksi kendaraan atau obyek di samping kendaraan yang tak dapat terlihat di kaca spion. Hyundai Santa Fe sudah dibekali fitur ini. Jadi bila Anda hendak berpindah jalur dan tiba-tiba ada kendaraan lain di sebelah yang luput dari pandangan, sistem akan menampilkan visual khas di panel cluster saat Anda menyalakan lampu sein.

Fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) akan mengaktifkan rem secara otomatis untuk menghindari terjadinya benturan dengan kendaraan tersebut kalau Anda gagal mengantisipasi. Fitur BCA ini juga tak hanya aktif saat berkendara, tetapi juga saat sedang melakukan manuver parkir.

Fitur keselamatan RCCA Hyundai New Santa Fe

3. Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)

Sistem ini mempunyai fungsi untuk mendeteksi kendaraan lain yang mendekat dari arah belakang sebelah kanan atau kiri saat Anda sedang berjalan mundur keluar dari tempat parkir. Tanda peringatan akan muncul dan memberitahukan ada kendaraan yang datang dari arah belakang. Sistem ini juga akan secara otomatis mengaktifkan rem secara otomatis bila diperlukan.

Fitur keselamatan LKA Hyundai New Santa Fe

4. Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA)

Kedua teknologi ini membantu mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Jadi kalau konsentrasi Anda sempat menurun saat mengemudi dan kendaraan mulai keluar dari jalur marka jalan yang dilalui, sistem akan memberi peringatan visual dan audio. Bila Anda tidak sadar juga maka sistem ini bisa mengambil alih kemudi sementara untuk mengembalikan kendaraan ke jalur marka jalan yang dilalui secara otomatis. Fitur ini bisa menghindari atau mengurangi risiko mobil terperosok ke parit atau menyerempet kendaraan di sebelah lantaran mobil melintas marka atau keluar jalur tanpa pengemudinya menyadari.

fitur keselamatab

5. Electric Child Lock (ECL), Safe Exit Assist (SEA) dan Rear Occupant Alert (ROA)

Tak hanya saat aktif berkendara saja, Hyundai bahkan memikirkan keselamatan seluruh penghuni kabin mobil ini saat telah berhenti. Ketika hendak keluar dari kendaraan, Ketiga fitur ini akan mendeteksi kendaraan atau obyek lain di area sekitar pintu yang hendak dibuka dan memberikan peringatan visual maupun suara untuk menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan.

Menariknya lagi, kalau Anda mudah lupa fitur yang terakhir ini juga berguna. Rear Occupant Alert (ROA) akan membunyikan kendaraan bila Anda sudah berjalan beberapa langkah keluar dan mengunci pintu kendaraan dan ternyata lupa masih ada penumpang yang tertidur di kursi belakang.

fitur keselamatan Hyundai New Santa Fe

6. Fitur keselamatan standar lainnya

Hyundai New Santa Fe juga sudah mengadopsi inovasi yang dapat mendeteksi lampu depan dari kendaraan yang datang dari arah berlawanan. Mobil ini dapat mengatur posisi penggunaan lampu dekat dan jauh secara bergantian ketika sedang berkendara di malam hari atau di area dengan jarak pandang terbatas. Jadi sorot lampu mobil Anda tak akan mengganggu pengendara lain dari arah berlawanan.

Fitur Surround View Monitor (SVM) berupa kamera parkir 360-degree juga memudahkan pengemudi memantau kondisi di sekitar kendaraan secara optimal saat sedang memarkir kendaraan di area yang cukup sempit. Terakhir dan tak kalah penting, seluruh penghuni Hyundai New Santa Fe akan dilindungi 6 SRS airbags yang tersebar di seluruh bagian kabin. (RIZKI SATRIA / EZ)

Baca juga: Intip Hal-Hal Penting Yang Terdapat pada Eksterior New Hyundai Santa Fe 2021

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Santa Fe

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Santa Fe
  • Tampak samping Santa Fe
  • Tampak Depan Hyundai Santa Fe
  • Tampak atas Santa Fe
  • lampu belakang Santa Fe
  • Hyundai Santa Fe Drivers Side Mirror Front Angle
  • Hyundai Santa Fe Front Side View
  • Hyundai
  • Tampak depan Santa Fe, sudut rendah
Hyundai Santa Fe
Rp 569 - Rp 729 Juta Cicilan mulai dari : Rp 12,98 Juta

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya