Hyundai Kona N Dirilis, Bakal Saingi Mercedes dan MINI

JAKARTA, Carvaganza - Hyundai Kona N dikabarkan akan segera mengaspal di pasar Eropa pada tahun depan. Kona adalah SUV terbaru yang mendapatkan penyempurnaan N dari Hyundai. Belum ada detail tentang mesin, namun dikabarkan Hyundai Kona N akan menggendong mesin yang sama dengan Elantra N 2022. Artinya, Kona N akan dibekali dengan mesin 4-silinder 2.0-liter yang menghembuskan tenaga maksimal hingga 275 hp.

Tenaganya akan dialirkan melalui transmisi otomatis 8-kecepatan DCT. Belum ada konfirmasi apakah akan berpenggerak depan atau belakang. Namun dengan bekal mesin tersebut, Hyundai Kona N diklaim mampu melesat 0-100 km/jam dalam 4.9 detik. Ditambah lagi, Kona N akan dibekali dengan fitur Launch Control yang membuat akselerasi lebih galak di putaran awal. Ditambah lagi Hyundai Kona N mampu mencapai top speed hingga 250 km/jam.

Dengan demikian Hyundai Kona N bisa menjadi salah satu SUV dengan tenaga super dan tampang yang sporty. Emblem N pada Kona tidak hanya membuat eksteriornya terlihat sporty. Tetapi juga terdapat suspensinya yang lebih stiff dibandingkan varian lainnya. Hal tersebut berkat kehadiran Albert Biermann, eks BMW M Chief Eropa, di tim Hyundai sejak lima tahun lalu. Diharapkan kehadiran Kona N mampu bersaing dengan Mercedes-AMG GLA35 dan MINI John Cooper Work Countryman.

Hyundai Kona N

Kona N tidak hanya dibuat sebagai SUV super kencang tetapi juga tetap mampu meladeni medan non aspal. Kona N tetap dibekali dengan fitur-fitur seperti Hill Descent Control dan mode pengendaraan dengan kontrol traksi. Di antara mode off-road yang disediakan adalah Snow mode, Mud, dan Sand. Ketiganya dapat digunakan sesuai dengan medan yang dilalui seperti salju, jalanan berlumpur dan pasir.

Pada teasernya di sosial media Hyundai USA, Kona N tampak begitu sporty saat melaju di sirkuit. Ikon modelnya lengkap menggunakan helm dan baju khas balap, menekankan bahwa ini adalah sebuah SUV yang mampu meladeni medan sirkuit. Eksteriornya masih tertutup selubung, namun desain headlamp dan double mufflernya cukup meyakinkan Kona N adalah crossover sporty. Saat ini Kona N masih akan memproyeksikan penjualannya di pasar Eropa dan Amerika.

Hyundai Kona sendiri diluncurkan pertama kali pada 2017 dan dibekali dengan beberapa pilihan mesin. Mulai dari mesin bensin, diesel hingga Kona Elektrik yang juga baru masuk ke pasar Indonesia. Kona sendiri merupakan crossover segmen B dan sudah dijual di seluruh dunia.

Sumber: motortrend.com & carandriver.com

ALVANDO NOYA / EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda