Beranda New Cars Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

SEOUL, carvaganza.com – Memang mobil-mobil kecil dengan tenaga besar agak mengalami kemunduran. Cupra Ibiza, Audi S1 dan Renault Clio R.S sudah out, tapi masih ada Ford Fiesta ST dan VW Polo GTI. Meski mobil mungil dengan tenaga besar itu kian meredup, pabrikan Hyundai asal Korea Selatan justru menggenjot produksinya.

Hari ini Rabu (21/10), Hyundai malah merilis secara resmi i20 N Model Tahun 2021. Kehadiran hatchback ‘pedas’ ini cukup ditunggu fans setia, apalagi jauh sebelum debut, teaser dan penampakannya sudah berseliweran di dunia maya.

Apa sih keistimewaan mobil ini dan buat apa i20 model Nm ditawarkan di saat ‘mesin bakar’ mulai kehilangan pamor? Mobil elektrifikasi justru sedang ngetrend dan hampir semua pabrikan bermain di kolam yang sama.

Hyundai sendiri punya mobil elektrik dalam portofolio produknya. Apalagi sejak makin banyak mobil di bawah sub-brand Ioniq. N sendiri merupakan halo brand bagi Hyundai dan i20 sudah bertahun-tahun berlaga di kejuaraan reli World Rally Championship (WRC).

Kalau begitu apa saja hal-hal baru yang tersemat di i20 N yang baru?

Baca juga: Hyundai i20 N Line Tawarkan Ramuan Sporty ala Hot Hatch

Eksterior & Interior

Kelir yang dipilih sudah langsung eye catching, berwarna biru terang yang oleh pabrikan dinamai “Performance Blue.” Tampang menjadi stand out berkat velg alumunium 18 inci plus roof spoiler yang terlihat agresif. Ditambah lubang udara di bumper depan dan grille dengan penambahan emblem N, yang diposisikan di samping logo H.

Desain lampu belakang dibikin baru, plus bumper belakang dengan sebuah diffuser. Lampu kabut belakang berdesain anyar dengan gaya triangular. Penampilan mobil semakin terlihat ‘tajam’ berkat penggunaan side skirt dan tujuh warna pilihan. Guratan desain N memang tegas untuk memperkuat kesan sporty. Alhasil tampangnya seperti dipengaruhi kuat oleh i30 N.

Pada bagian kabin, interior kelir hitam dipadu dengan aksen ‘Performance Blue’. Jok bucketnya terintegrasi dengan headrest, setir mengadopsi gaya sporty dan pedal terbuat dari bahan baja mengkilat silver. Pabrikan juga menyematkan grafis intrumen cluster yang unik agar mobil terlihat dinamis dan tuas girboks yang istimewa.

Mesin

Untuk engine, menyematkan 4 silinder segaris 1.6 turbocharge plus intercooler dan water pump khusus. Tenaga yang disemburkan 204 hp plus torsi puncak 275 Nm dengan rasio tenaga berbanding bobot 171 hp per ton. Bobot i20 N sendiri iperkirakan 1.200 kg, baru, namun manufaktur belum mengeluarkan statistik detail untuk angka akselerasi 0 – 100 km/jam dan top speed. Sebagai perbandingan saja, Kia Ceed dengan bobot yang lebih berat mampu akselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 7,4 deik dan Ford Fiesta ST mencatatkan waktu 6,5 detik. Mungkin i20 N lebih cepat lagi.

Baca juga: Test Drive Hyundai Ioniq Electric, Mobil Listrik Bukan ‘Alien’ (Bagian 1)

Pada bagian transmisi hanya tersedia manual 6 percepatan tidak ada varian otomatis. Artinya the Hot Hatch memang diperuntukkan bagi para pemburu kecepatan, sensasi berkendara dan track speed.  Hyundai bisa menyediakan girboks dual-clutch 8 percepatan jika ada konsumen yang memesan, tapi belum berencana memproduksi varian girboks otomatis.

Agar sensasi sportynya makin kental, girboks manual dipadukan dengan kopeling berat dengan sentuhan sport, ditambah dengan limited-slip differential mekanis.

Seting ulang chassis

Perubahan lain yang dilakukan pabrikan adalah pada chassis. Masih sama dengan yang dipakai oleh i20 biasa (regular), tapi sudah dituning ulang dan di-reinforce lagi agar handling dan pengendaraannya semakin mantap. Bagian suspensi juga mendapat perubahan dengan mengadopsi per, peredam kejut dan joint yang baru. Ukuran rem yang dipakai lebih besar dari versi regular, dengan menyematkan rem high-performance bercakram depan yang lebih besar 12,6 inci. Atau Naik 1,5 inci dibandingkan cakram varian regular.

Hyundai i20 N ini bakal mulai dijual awal 2021. Banderol harganya belum dirilis, namun diperkirakan sedikit di bawah Ford Fiesta ST yang dihargai US$ 28.383 (sekitar Rp 350 juta) di Amerika.

Sumber: ww.motor1.com & www.caranddriver.com

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Honda HR-V 1.5L Special Edition Jadi Hadiah Indonesia’s Next Top Model 2020

JAKARTA, Carvaganza -- Banyak cara untuk mengenalkan merek dan membuatnya diingat orang. Salah satu yang sering dilakukan para pemegang mereka adalah menjadi sponsor atau...

Honda Resmi Kenalkan City Hatchback, Bakal Gantikan Jazz?

BANGKOK, Carvaganza -- Satu model baru Honda melakukan debut dunia. Lewat Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. All New Honda City Hatchback -- bersama New Honda...

Mobil Sultan, Mercedes-Benz S-Class Terbaru Punya Versi Maybach

STUTTGART, Carvaganza.com – Belum lama lalu, Mercedes-Benz baru saja melansir generasi terbaru untuk S-Class yang semakin canggih dan mewah. Sebagai flagship sedan, tentunya S-Class...

Semakin Mahal, BMW Segera Stop Jual Varian Diesel di Inggris

MUNICH, Carvaganza.com – Segmen dan pasar diesel akan segera ditinggalkan oleh BMW dalam waktu dekat. Baru-baru ini, BMW Group mengumumkan akan menyudahi produksi dan...

Mobil Tanpa Sopir Di Cina Keliling Jualan Ayam Goreng KFC

JAKARTA, Carvaganza.com – Banyak yang beranggapan kalau pandemi Coronavirus bikin perkembangan mobil otonom ikutan digembleng belakangan ini. Tentu saja perkembangan teknologi masih sepenuhnya diarahkan...