Hyundai Dirikan Divisi Baru Untuk Ciptakan Transformers Sungguhan

Salah satu kekurangan terbesar mobil, tidak bisa melangkah. Mobil bergerak maju dengan memutar keempat roda, makanya mobil apapun pasti kesulitan melewati permukaan yang tidak datar seperti medan berbatu besar di pegunungan. Tapi produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai, punya pandangan yang berbeda.

Lima dekade berkarya menciptakan mobil, Hyundai siap mengambil langkah radikal yang revolusioner. Mereka baru saja mendirikan divisi baru yang bertugas untuk mewujudkan mobil yang dapat berubah menjadi robot Transformers yang bisa berjalan.



Divisi baru ini dinamakan New Horizons Studio. Misi khusus ini dipimpin langsung oleh Wakil Presiden, Dr. John Suh. Ia membawa lebih dari 35 tahun pengalaman berkarier di dunia otomotif dan beberapa sektor lain seperti Stanford University, Palo Alto Research Center (PARC) dan General Motors. Ia juga pernah menggawangi Hyundai CRADLE (Center of Robotic-Augmenter Design in Living Experiences) yang berkantor pusat di Silicon Valley. Selain itu ada juga Dr. Ernestine Fu yang bergabung menjadi Director of Product Management. Sebelumnya ia bertugas di Volkswagen Automotive Innovation Lab.

Unit baru yang diciptakan Hyundai ini punya visi untuk membentuk masa depan mobilitas. Tugas utama New Horizons Studios adalah menciptakan kendaraan baru yang dapat digunakan di segala medan. Produk hasil karya mereka ditujukan untuk konsumen yang membutuhkan kendaraan untuk berkelana di medan off-road ekstrim, seperti pegunungan berbatu. Mobil-mobil hasil karya mereka ini diharapkan dapat beradaptasi dengan beragam medan menantang sehingga bermanfaat untuk digunakan dalam beragam aplikasi dan lingkungan.



Jenis kendaraan yang dikembangkannya dinamakan Ultimate Mobility Vehicles atau disingkat UMV. Salah satu produk pertamanya, Hyundai Elevate. Mobil konsep ini pertama kali diperkenalkan pada Computer Electronic Show 2019. Sekilas kalau diperhatikan, Hyundai Elevate mirip robot AT-AT Walkers dari film kedua Star Wars, The Empire Strikes Back.

Hyundai Elevate tak hanya mengandalkan keempat rodanya untuk bergerak. Ia juga dilengkapi dengan empat kaki robotik yang diharapkan dapat bergerak untuk melangkah untuk melewati situasi berkendara apapun. Versi konsep mobil ini menggambarkan dirinya bisa digunakan untuk beragam aplikasi. Misalnya sebagai kendaraan penanggulangan bencana. Mobil berkaki ini diharapkan dapat menyelamatkan banyak nyawa ketika merespon bencana alam karena bisa menjangkau area yang tak dapat dijangkau kendaraan beroda.



Keempat kaki robotik ini memiliki kemampuan yang tanpa batas. Mobi ini juga bisa berfungsi menjadi kendaraan yang ramah penyandang disabilitas. Ia bisa merangkak naik ke atas tangga dan membiarkan penumpangnya meluncur masuk melalui pintu depan di atas kursi rodanya.

Mobil yang bodinya bisa ditukar sesuai dengan fungsi dan perannya ini berdiri di atas modular EV platform. Ia menggunakan sistem suspensi terintegrasi di kakinya. Jadi ia bisa juga melesat dengan kecepatan tinggi di jalan tol. Tapi saat dibutuhkan, mampu melompati tebok setinggi hampir 2 meter. Menggunakan kakinya, Hyundai Elevate dapat bergerak ke segala penjuru arah. Kemampuan robotiknya ini memungkinkan mobil listrtik masa depan ini dapat mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Menggunakan teknologi robotik, mobil-mobil hasil karya New Horizons Studios tak hanya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas di masa depan, tapi juga membawa manusia menuju tempat-tempat di bumi yang belum pernah terjamah sebelumnya.
RIZKI SATRIA



Sumber: Hyundai

Artikel yang direkomendasikan untuk anda