Honda Rilis Teaser Calon All-New HR-V, akan Punya Versi Hybrid

TOCHIGI, Carvaganza – Belakangan ini beredar foto-foto spyshot yang diyakini adalah sosok dari calon generasi terbaru Honda HR-V. Crossover tersebut kemudian dikonfirmasi oleh Honda akan mengalami regenerasi dalam waktu dekat. Pasalnya, Honda telah merilis teaser resmi calon HR-V generasi baru untuk meluncur tahun ini.

Dua buah foto diedarkan lewat teaser, yang sekilas menunjukkan desain baru dan opsi sistem penggerak yang akan ditawarkan HR-V. satu hal yang pasti, HR-V generasi baru akan diungkap kepada publik pada tanggal 18 Februari 2021 mendatang. Ya, kita hanya perlu menunggu selama satu bulan sampai mengetahui wajah dan spesifikasi barunya.

Salah satu dari dua foto pada teaser menunjukkan tampilan samping bagian belakang HR-V baru. Honda tampak mengubah desain lampu belakang menjadi lebih modern dan simple. Dari yang saat ini lampu belakang HR-V menyudut seperti segitiga, pada teaser tampak desainnya meramping dan panjang. Sepintas desainnya mirip pada model SUV Mazda saat ini, namun dengan grafis LED yang berbeda.

Teaser Honda HR-V

Bentuk pilar D pada teaser seolah mengiyakan desain yang terlihat dari spyshot prototipenya. Garis atap pada pilar D dibuat agak lebih landai, untuk menciptakan kesan body yang lebih panjang. Tapi yang menarik, satu foto teaser lainnya menunjukkan emblem varian drivetrain untuk HR-V baru. Tertulis ‘e:HEV’, mengindikasikan bahwa Honda akan menerapkan elektrifikasi lebih lanjut pada salah satu SUV terlarisnya di Indonesia ini.

Menghadirkan varian HR-V e:HEV mewujudkan strategi Honda untuk menerapkan elektrifikasi pada seluruh model mainstream pada tahun 2022. Namun strategi itu sejauh ini ditujukan pada pasar di Eropa. Artinya, HR-V akan bergabung dengan Jazz dan CR-V yang sudah lebih dulu dilengkapi dengan varian e:HEV.

Untuk varian hybrid ini, Honda menyematkan dua unit motor listrik ke rangkaian sistem powertrain. Ini juga menjadi yang pertama kali untuk diterapkan pada HR-V. Detail spesifikasi elektrifikasi sejauh ini belum tersedia karena belum diungkap oleh Honda. Namun kalau mengacu pada milik CR-V versi hybrid, kombinasi dua motor listriknya menghasilkan tenaga 184 hp. Motor listrik tadi mendukung kinerja mesin 2,0 liter dan transmisi single fixed-gear, bukannya CVT.

 

Honda HR-V

Menurut Honda, jenis transmisi tersebut menawarkan kualitas kehalusan deilviery output lebih baik dibandingkan CVT. Selain itu, manfaat lain dari transmisi ini adalah efisiensi konsumsi bahan bakar juga yang meningkat. Namun berbeda dengan CR-V, Honda tetap akan memakai mesin 1,5 liter untuk HR-V berteknologi e:HEV.

Soal desain, Honda kemungkinan besar mengadopsi gaya desain baru mereka untuk membuat HR-V lebih dinamis. Gaya desain disebut mengikuti apa yang diterapkan pada calon Civic generasi terbaru yang konsepnya diperkenalkan akhir 2020 lalu. Seperti dikatakan di atas, siluet HR-V baru akan cenderung ke gaya SUV coupe dengan garis atap melandai di belakang.

Di beberapa negara besar Eropa, Honda sudah menghentikan penjualan model HR-V yang telah eksis sejak tahun 2014. Salah satu alasannya karena mesin sudah tidak memenuhi standar regulasi emisi untuk 2021. Meski sisa stok unit masih dipasarkan, ini juga menjadi indikasi Honda siap menggantikannya dengan generasi penerus.

Sumber: Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda