Hino Ranger FG 235 JU, Truk dengan Kamera Parkir dan Bebas ODOL

JAKARTA, Carvaganza.com – PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) datang ke ajang GIICOMVEC 2020 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, dengan pamer inovasi. Di antara rangkaian unit pameran yang dibawa, Hino meluncurkan Ranger FG 235 JU 4x2 untuk pasar Indonesia.

Truk terbaru ini ditawarkan sebagai solusi bagi para pebisnis untuk memaksimalkan keuntungan di tengah maraknya pelarangan truk ODOL (Over Dimension Over Load). Salah satu tujuan utamanya, untuk digunakan sebagai pengangkut kendaraan bermotor roda dua, alias carrier.

FG 235 JU merupakan truk dengan bobot 15,1 ton yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Misal Full Air Brake System, demi menjamin pengereman prima saat mengangkut beban. Hino juga sudah melengkapi truk ini dengan Rear Camera alias kamera belakang untuk mempermudah pengemudi saat parkir mundur.

Untuk meminimalisir blind spot, pengemudi dibantu oleh fitur side under mirror. Perjalanan jauh yang ditempuh pengemudi bahkan akan tidak cepat terasa capek karena jok sudah dilengkapi Seat Air Suspension. Sehingga setiap guncangan dari jalan tidak sampai mengganggu.

“Kehadiran Hino Ranger FG 235 JU ini menjadi solusi bagi para pebisnis yang memiliki persoalan dengan truk mereka yang terkait regulasi ODOL. Maka truk ini menjadi solusi tepat untuk efisiensi dan efektivitas dalam bisnis ogistic. Apalagi, truk Hino ini memiliki kapasitas ruang kargo dan wheelbase terpanjang di kelasnya sehingga lebih aman dan stabil di perjalanan,” kata Masato Uchida, President Director PT HMSI dalam sambutannya.

Baca juga: Tingkatkan Distribusi Suku Cadang, Hino Dirikan Part Depo di Makassar


Sertifikast SRUT


Selain Ranger FG 235 JU, Hino turut membawa beberapa model di GIICOMVEC 2020, seperti Ranger FM 285 JD dump truck 6x4. Lalu ada juga Ranger FM 350 TH yang menjadi andalan Hino sebagai truk untuk menarik beban berat, misal kontainer ukuran 40 feet.

Hino juga tidak ketinggalan kenalkan teknologi telemetri pengontrol perjalanan, yaitu Hino Connect. Berfungsi dalam mendukung efisiensi operasional bisnis, fitur ini membantu manajemen pengemudi dan manajemen kendaraan lewat data yang direkam oleh sistem telemetri.



Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan Sertifikat Registasi Uji Tipe (SRUT) dan (Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) kepada Hino dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setyadi. Artinya unit FG 235 JU sudah lolos uji kelayakan dan tidak melanggar aturan ODOL.

Ini menjadi bentuk dukungan HMSI kepada pemerintah terkait program Zero ODOL, di saat mengembangkan tipe-tipe lainnya. Saat ini, Hino tengah mengembangkan tipe truk lain seperti Ranger Truk 8x2 Cargo, serta 6x2 Tractor Head yang sanggup mengangkut beban berat sesuai regulasi.

Baca juga: GIICOMVEC 2020: Truk Pengangkut Motor dari Hino Dukung Program Zero ODOL

WAHYU HARIANONO | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda