Ferrari 488 GT Modificata, Mobil Balap Tanpa Batas untuk Kalangan Terbatas

MARANELLO, Carvaganza.com – Pilihan track-day toy dari Ferrari kembali bertambah untuk para pecinta kecepatan di sirkuit. Ferrari meluncurkan 488 GT Modificata, yang merupakan pengembangan lebih lanjut mobil balap berbasis 488 GTB. Bahkan, dikatakan mobil ini lebih advance dibandingkan 488 GT3 dan 488 GTE.

Oleh Ferrari, 488 GT Modificata dikembangkan dengan menerapkan teknologi yang khusus dikembangkan untuk 488 GT3 dan 488 GTE. Mobil ini bahkan hanya bisa dipakai oleh konsumen Ferrari, saat event khusus track day. Sebut saja saat digelar event dari Corse Clienti atau Ferrari Club Competizioni GT.

Bisa dibilang, mobil ini merupakan wujud kombinasi antara versi GT3 dan GTE, yang keduanya punya peruntukan berbeda di dunia balap. 488 GT3 dikembangkan dengan performa dan spesifikasi sesuai regulasi kelas GT3, untuk balapan jarak pendek dan menengah. Sementara 488 GTE, performa lebih diprioritaskan untuk ketahanan, seperti perannya di balap Le Mans. Kemudian solusi paling efektif dan inovatif dari keduanya diterjemahkan dalam 488 GT Modificata.

Salah satu highlight dari mobil ini, adalah bahwa sistem powertrain yang diusungnya tidak lagi terkekang Batasan regulasi FIA. Maka dari itu Ferrari tidak menggunakan mobil ini untuk ajang balap GT3 dan ketahanan. Mesin V8 3,9 liter turbo miliknya bertenaga 700 hp, yang sudah lebih ganas dari varian GT3 dan GTE. Sistem transmisi juga punya rasio baru, disertai kopling serat karbon demi mengolah tenaga dan torsi yang lebih besar.

Para engineer Ferrari mengembangkan 488 GT Modificata dengan peningkatan sisi aerodinamika. Downforce ditingkatkan lebih tinggi, dengan mengubah rasio condong ke sisi depan. Namun downforce di depan ditingkatkan tanpa menambah drag atau daya hambat udara secara keseluruhan. Dengan begitu, perangkat aerodinamika 488 GT Modificata tidak akan terlalu sensitif terhadap ubahan sudut sayap belakang. Dalam kecepatan 230 km/jam, total downforce yang dihasilkan diklaim lebih dari 1.000 kg.

Hampir seluruh bagian body 488 GT Modificata sudah mengadopsi material serat karbon yang kuat dan ringan. salah satu bagian yang tidak menggunakan serat karbon adalah atap, yang masih mengandalkan alumunium. Pengereman pun ikut berbenah, dengan kaliper Brembo ang menghasilkan minim residu. Kemudian perangkat ABS ditransfer Ferrari dari 488 GT3 Evo 2020, dengan penyesuaian khusus untuk 488 GT Modificata.

Bekerjasama dengan Bosch, Ferrari menyediakan perangkat V-Box yang menjadi standar mobil ini. Seluruh data telemetri bisa didapatkan untuk dipelajari kembali oleh pengemudi, demi meraih progress di trek. Beberapa ekstra lainnya seperti kamera belakang resolusi tinggi, jok penumpang, dan Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) sudah tersedia di mobil ini.

Mengingat kegunaannya pada event eksklusif, Ferrari juga menyediakan 488 GT Modificata untuk kalangan konsumen tertentu. Prioritas akan diberikan kepada konsumen yang mengikuti ajang Competizioni GT dengan Ferrari, atau Club Competizioni GT. Ferrari sudah merancang kalender balap Competizioni GT untuk tahun depan. Di antaranya digelar di sirkuit Monza, Watkins Glen, Suzuka, dan Nurburgring.

Sumber: Ferrari, Carscoops



https://www.youtube.com/watch?v=rgEvp7xXcnY

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda