Beranda Updates F1: Hamilton Finish Pertama GP Inggris 2020 dengan Ban Pecah

F1: Hamilton Finish Pertama GP Inggris 2020 dengan Ban Pecah

SILVERSTONE, Carvaganza.com – Balap Formula 1 seri Grand Prix Inggris 2020 kembali menjadi bukti kedigdayaan Mercedes yang dominan musim ini. Namun, balapan di Sirkuit Silverstone menyajikan drama di lap-lap akhir jealng finish. Lewis Hamilton bahkan nyaris kehilangan kemenangan di balap kandangnya di Inggris.

Hamilton, meraih kemenangan ketujuhnya di Inggris dengan ‘menyeret’ mobil Mercedes W11 miliknya yang mengalami pecah ban di lap terakhir. Ban depan kiri Hamilton mengalami kebocoran dan pecah di lap terakhir. Meski begitu, Hamilton masih beruntung tidak terkejar oleh pesaing terdekatnya saat lewati garis finish.

Tidak hanya Hamilton, beberapa pembalap lain juga alami masalah serupa pada balapan seri keempat musim 2020 ini. Valtteri Bottas dan Carlos Sainz juga didera pecah ban, beberapa lap sebelum Hamilton. Bahkan, pecah ban membuat Bottas harus merelakan posisi kedua lepas dan finish tanpa poin di posisi ke-11.

Saat balapan dimulai, duo Mercedes langsung melesat meninggalkan para rival seluruh grid untuk mendominasi posisi 1-2. Max Verstappen start dari posisi ketiga, nyaris kehilangan posisinya saat diserang Charles Leclerc di lap pertama. Berbekal paket chassis lebih kompetitif, Verstappen berhasil pertahankan posisinya dan menjauh dari Leclerc.

Safety car langsung hadir di lap kedua. Kevin Magnussen dan Alex Albon bersenggolan di tikungan terakhir, di akhir lap pertama. Albon yang mencoba manfaatkan celah dari kesalahan Magnussen justru berakhir pada senggolan. Atas insiden ini, Magnussen tersingkir dari balapan dan Albon djatuhi penalti waktu 5 detik.

Safety car masuk, balapan kembali normal pada lap 6. Balapan berlangsung cukup datar, sampai pada lap 13 kembali terjadi insiden. Daniil Kvyat melintir dan menabrak pembatas di tikungan kencang Maggots. Safety car untuk kedua kalinya masuk ke trek, membuat mayoritas pembalap masuk pit untuk beralih strategi ban. Memasuki lap 19, safety car berakhir dan balapan dilanjutkan dengan duo Mercedes masih memimpin.

Di saat Mercedes memimpin di depan lewat Hamilton dan Bottas, Verstappen dan Leclerc justru seolah tanpa persaingan di posisinya masing-masing. Verstappen tertinggal jauh dari Mercedes, begitu juga Leclerc yang tidak cukup kencang mengejar Verstappen.

Barulah pada lap 50 rangkaian insiden kembali terjadi. Pecah ban pertama dialami oleh Bottas saat tengah nyaman melaju di posisi kedua. Sainz di lap berikutnya juga kehilangan peluang finish keempat karena masalah yang sama. Kemudian saat sudah setengah lap jelang finish, giliran Hamilton alami pecah ban, sama-sama pada roda depan kiri.

Beruntung, karena Verstappen yang sempat masuk pit beberapa lap sebelumnya, membuat jarak Hamilton aman untuk finish dengan ban rusak. Verstappen yang meraih fastest lap di lap terakhir harus puas finish dengan jarak 5,8 detik dari Hamilton. Sementara Leclerc mengamankan posisi ketiga untuk Ferrari yang masih kurang kompetitif.

Ada perubahan pembalap pada balapan kali ini, yaitu Nico Hulkenberg di tim Racing Point. Hulkenberg menggantikan Sergio Perez yang terdiagnosa positif COVID-19 jelang balapan. Namun Hulkenberg gagal ikuti balapan karena mobilnya alami masalah power unit jelang start.

Sumber: Formula 1

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Mantap! Pajak Mobil Baru Jadi Nol Persen. Tapi Yang Mana?

JAKARTA, Carvaganza.com -  Wacana untuk meniadakan pajak kendaraan mobil baru menjadi perbincangan di ruang-ruang publik. Gagasan pajak nol persen untuk mobil mendapat sambutan pro...

Ngeri, Jeep Wrangler Nyangkut Di Bibir Jurang Trek Motor Trail

CALIFORNIA, Carvaganza.com -  Berpetualang adalah kegiatan yang mengasyikkan. Mengunjungi tempat-tempat baru, trek menantang dan bertemu dengan orang-orang baru. Apalagi kalau perginya dengan sepeda motor...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Bagaimana Teknologi Cerdasnya Bekerja? (Bagian 3)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sampai mana Nissan Kicks e-Power dengan satu tangki bahan bakarnya bisa melaju? Apakah fitur-fitur cerdasnya dapat membantu Crossover baru ini menjelajah...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...