Beranda Gear-Up Brembo Greentive, Inovasi Rem Tampil Cantik Tapi Performa Semakin Prima

Brembo Greentive, Inovasi Rem Tampil Cantik Tapi Performa Semakin Prima

BERGAMO, Carvaganza.com – Nama Brembo sudah tidak asing lagi sebagai pabrikan penyedia komponen pengereman di dunia otomotif. Sudah banyak inovasi teknologi dihadirkan demi menjamin keselamatan dan performa prima kendaraan. Bahkan sampai menanggapi isu lingkungan, Brembo juga tidak ketinggalan berinovasi.

Brembo memperkenalkan teknologi bernama Greentive rotor. Rilisan terbaru ini tampil menarik perhatian berkat warnanya yang mengilap seperti chrome. Bahkan permukaan remnya bisa memantulkan cahaya. Namun, Greentive lebih dari sekadar tampilan baru.

Wujud ini bukan estetika semata, tapi juga diklaim sebagai imbuhan yang membuat rem lebih tahan lama dan resistensi korosi lebih baik dari model tradisional. Didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan performa pada mobil premium dan mewah. Sebutan Greentive sendiri merupakan gabungan dari ‘green’ dan ‘distinctive’. Nama itu menunjukkan fokus produk yang ramah terhadap lingkungan dan memiliki tampilan menarik.

Rupa didapat dari hasil pengaplikasian coating secara berlapis-lapis, lewat proses High Velocity Oxy Fuel (HVOF). Metode ini sebenarnya bukan hal baru, sudah ada sejak 1980-an, mencampurkan cairan bahan bakar dengan oksigen yang kemudian dibakar api  dengan temperatur dan tekanan tinggi. Diklaim tampilan bisa bertahan lebih lama.

Debu yang tercipta dari proses pengereman pun mampu diminimalisir dengan menggunakan teknologi ini. Sehingga performa selalu prima dalam berbagai kondisi. Sekaligus memberikan rupa penghela laju dan velg yang selalu bersih. Pada permukaan dilaburkan emblem, tak hanya bertindak meningkatkan tampilan, tapi juga sebagai indikator untuk penggantian. Saat logo itu mulai menghilang/memudar, berarti sudah masuk masanya untuk diganti baru. Klaim Brembo, produk ini dapat bertahan hingga pemakaian 150.000 km.

Greentive sendiri bisa diaplikasikan pada berbagai konsep cakram Brembo. Mulai dari model rangkap melayang, dual cast, lightweight hingga solid. Pabrikan meyakini inovasi ini bakal sangat cocok untuk kendaraan listrik. Lantaran penggunaan remnya berbeda dari mobil bermesin pembakaran. Sayangnya, konsumen masih harus bersabar untuk mencoba. Karena sang produsen asal Italia ini masih belum mengungkapkan ketersediaan dan harga jualnya.

Tak cuma rotor, Brembo juga menghadirkan inovasi pada kaliper. Disebut Enesys, merupakan akronim dari Energy Saving System. Pabrikan spesialis rem ini merancang klem yang mengubah tatanan internal perangkat penjepit (kaliper). Tujuannya untuk menghilangkan potensi terciptanya residu, akibat tidak sempurnanya posisi kanvas usai mengerem. Komponen dapat dikembalikan posisinya dengan sempurna, sehingga gesekan tak sengaja bisa terhindar.

Hal ini tentunya memberikan beragam benefit. Masa pakai kampas menjadi lebih panjang, termasuk cakram, sehingga konsumen bisa menghemat pengeluaran. Kemudian emisi dan energi yang terbuang percuma mampu ditekan, sekaligus memastikan kinerja penghenti laju selalu dalam kondisi prima. Risiko kotoran mempengaruhi performa tak bakal dirasakan. Bahkan diklaim mempengaruhi konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Teknologi Pintar

Perangkat digital turut menjadi perhatian Brembo. Dengan fokus kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan manajemen data., pabrikan saat ini tengah mengerjakan program pelatihan, yang mengizinkan desainer membuat produk pintar. Teknologi brake-by-wire yang sudah dimiliki, ditingkatkan dengan dukungan AI. Sehingga secara otomatis dapat mengatur cara kerja penghela laju berdasarkan beragam informasi yang diterima. Seperti kondisi cuaca dan jalur yang dilewati. Ini tentunya dapat menguatkan perlindungan terhadap pengguna kendaraan.

Menurut Advanced Research & Development Director dari Brembo, Alessandro Ciotti, teknologi brake-by-wire miliknya punya respons lima kali lebih singkat, dibanding sistem serupa dari perusahaan lain. Produsen otomotif pun juga bisa memanfaatkan perangkat lunak yang diciptakan Brembo agar menyesuaikan karakteristik berkendara dari produknya.

Sumber: Brembo

MUHAMMAD HAFID

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

7 Mobil Sport Jepang Yang Bikin Lutut Pabrikan Eropa Bergetar

JAKARTA, Carvaganza.com - Jepang memang bukan pionir dalam hal transportasi darat. Tapi kegigihan mereka untuk bertahan menjadikan produknya mampu melampaui mereka yang mapan. Hal...

Menang F1 GP Portugal 2020, Hamilton Nyaris Gagal Lewati Rekor Schumacher

PORTIMAO, Carvaganza.com – Formula 1 akhirnya menggelar lagi balapan Grand Prix Portugal di tahun 2020 yang unik ini, bertempat di Sirkuit Portimao, Algarve. Gelaran...

Demi Tingkatkan Kualitas,  Daihatsu Gelar Konvensi Inovasi

JAKARTA, carvaganza.com – Sebagai perusahaan yang mengutamakan kualitas tinggi, kepuasan dan kepercayaan pelanggan adalah segalanya. Untuk menunjukkan komitmen tersebut, perusahaan harus terus melakukan improvement...

Aksesoris Fortuner dan Kijang Innova Baru, Ada Diskon 20 Persen

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota New Fortuner dan New Kijang Innova baru kini sudah hadir di Auto2000 Digiroom. SUV dan MPV ini tampil dengan berbagai...

Cegah Penyebaran Covid-19, Suzuki Donasikan Masker dan Handsanitizer untuk Angkot

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai salah satu produsen New Carry yang banyak digunakan sebagai armada angkutan kota (angkot), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki kepedulian...