Beranda Updates 6 Hal yang Diperhatikan Dalam Merawat Mobil Sehari-Hari

6 Hal yang Diperhatikan Dalam Merawat Mobil Sehari-Hari

JAKARTA, Carvaganza.com – Rutinitas dan kesibukan membuat banyak orang lupa dengan kendaraan yang digunakannya sehari-hari. Padahal perawatan mobil merupakan hal yang sangat penting. Memeriksa mobil secara teratur dan berkala kemudian melakukan perawatan akan menjadikan kondisi kendaraan baik dan prima.

Kita bisa saja menyerahkan soal perawatan kepada mekanik atau bengkel resmi. Paling-paling minim adalah mengikuti jadwal perawatan berkala setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali mana yang tercapai lebih duluan.

Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan sebenarnya mengetahui kondisi mobil bisa rutin kita lakukan sendiri. Tak ada salahnya mengetahui hal-hal kecil yang justru membantu Anda mengetahui kondisi kendaraan. Oli, aki, rem, dan radiator merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Ada 6 hal yang diperhatikan sehingga pelanggan dapat menjaga kendaraan Daihatsu kesayangannya agar tetap dalam kondisi yang optimal dan dapat digunakan beraktivitas sehari-hari. Sahabat juga dapat mempercayakan kendaraannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, agar pengecekan kendaraan bisa lebih maksimal karena ditangani oleh teknisi handal Daihatsu,” kata Bambang Supriyadi.

Ini dia tipsnya :

1. Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi Daihatsu.

2. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

3. Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper.

4. Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering. Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

5. Untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat.

6. Khusus pengguna aki basah, pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level. Isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Nissan Magnite World Premiere di India, Ini Fitur-Fitur Menariknya

NEW DELHI, carvaganza.com – Pabrikan Nissan pada hari ini Rabu (21/10) melakukan premiere global Magnite di India. Sekaligus membuka tabir rumor yang berseliweran dalam...

MG Motor Indonesia Tunjuk Donald Rachmat Sebagai General Director Baru

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai pemain paling baru di kancah otomotif nasional, MG Motor Indonesia terus membuat strategi memperkuat posisinya. Yang terbaru adalah dengan mengangkat...

Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

SEOUL, carvaganza.com – Memang mobil-mobil kecil dengan tenaga besar agak mengalami kemunduran. Cupra Ibiza, Audi S1 dan Renault Clio R.S sudah out, tapi masih...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta ( Bagian 3)

Klaus-Günter Jacobi berhasil membawa sahabatnya, Manfred Koster keluar dari Jerman Timur menggunakan BMW Isetta yang telah dimodifikasi. Rencananya ini dibantu dua orang pelajar yang...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Bagian 2)

Menyembunyikan orang di dalam mobil yang lebarnya tak lebih dari 127 cm dan panjang 228 cm itu jenius sekaligus gila. Jenius karena orang lain...