Beranda Updates 6 Hal yang Diperhatikan Dalam Merawat Mobil Sehari-Hari

6 Hal yang Diperhatikan Dalam Merawat Mobil Sehari-Hari

JAKARTA, Carvaganza.com – Rutinitas dan kesibukan membuat banyak orang lupa dengan kendaraan yang digunakannya sehari-hari. Padahal perawatan mobil merupakan hal yang sangat penting. Memeriksa mobil secara teratur dan berkala kemudian melakukan perawatan akan menjadikan kondisi kendaraan baik dan prima.

Kita bisa saja menyerahkan soal perawatan kepada mekanik atau bengkel resmi. Paling-paling minim adalah mengikuti jadwal perawatan berkala setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali mana yang tercapai lebih duluan.

Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan sebenarnya mengetahui kondisi mobil bisa rutin kita lakukan sendiri. Tak ada salahnya mengetahui hal-hal kecil yang justru membantu Anda mengetahui kondisi kendaraan. Oli, aki, rem, dan radiator merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Ada 6 hal yang diperhatikan sehingga pelanggan dapat menjaga kendaraan Daihatsu kesayangannya agar tetap dalam kondisi yang optimal dan dapat digunakan beraktivitas sehari-hari. Sahabat juga dapat mempercayakan kendaraannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, agar pengecekan kendaraan bisa lebih maksimal karena ditangani oleh teknisi handal Daihatsu,” kata Bambang Supriyadi.

Ini dia tipsnya :

1. Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi Daihatsu.

2. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

3. Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper.

4. Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering. Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

5. Untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat.

6. Khusus pengguna aki basah, pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level. Isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

SUV Morris Garage HS Meluncur, Harga Mulai Rp 369,8 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Pasar mobil SUV monokok medium di Indonesia semakin ramai. Pada hari ini, Kamis (13/8) telah meluncur SUV Morris Garage (MG) HS...

Tips Angkut Sepeda A la Pereli Nasional Rifat Sungkar

JAKARTA, Carvaganza.com – Bersepeda merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi kalau bersepeda di daerah pedesaan di antara pepohonan teh dan pinus. Udara segar dapat membuat...

Buka Outlet Ke-15, Dokter Mobil Berikan Service Cuci AC Mobil Gratis

JAKARTA, Carvaganza – Bengkel spesialis AC dan Tune Up, Dokter Mobil, terus mengembangkan jaringannya. Setelah sukses membuka belasan outlet bengkel di wilayah Jadetabek, Surabaya...

Untuk Pertama Kalinya, BMW M3 akan Punya Versi Estate

MUNICH, Carvaganza.com – BMW memberikan kejutan pekan ini, dengan tanpa aba-aba merilis teaser untuk varian ekstra calon M3 terbaru. Melalui satu buah unggahan, M3...

Bentley Bentayga Speed 2021 Disegarkan, Masih Menyandang SUV Terkencang

CREWE, Carvaganza.com - Melalui Bentayga Speed 2021, Bentley ingin menerjemahkan arti mewah dan kencang dalam sebuah SUV. Model terbaru sebagai edisi penyegaran, sekaligus tetap...