Beranda Updates Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat dukungan dan bantuan mengembangan prestasi di cabang olahraganya masing-masing.

Para atlet ini berasal dari berbagai daerah dan cabang olahraga. Ada 13 atlet cabang olimpiade seperti atletik, angkat besi, balap sepeda nomor MTB, selancar, renang, taekwondo, judo. Selain itu juga terpilih 7 atlet paralimpik untuk olahraga di bidang atletik, renang, boccia, dan tenis meja.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota tidak hanya berkomitmen pada pengembangan industri otomotif nasional, tapi juga pada pengembangan masyarakat Indonesia.

“Semoga program SATRIA ini dapat berkontribusi positif terhadap pengembangan atlet dan olahraga nasional. Kami berharap para atlet ini mempunyai semangat ‘Start Your Impossible’ yang memacu mereka agar tidak pernah menyerah dalam menghadapi tantangan untuk dapat mencapai cita-citanya sebagai juara,” ujar Henry dalam keterangannya.

Program Bantuan

Selama 1 tahun, Toyota akan memberikan dukungan pada atlet-atlet muda ini untuk membantu mereka dalam mewujudkan impiannya di tahun 2020 ini. Dukungan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing atlet, antara lain support untuk mengikuti turnamen atau kejuaraan di tingkat nasional ataupun internasional. Selain itu juga ada dukungan untuk training, alat-alat olahraga, maupun program mentoring & coaching.

Yang menarik lagi, nantinya dipilih 6 orang yang akan diberi kesempatan untuk berkunjung ke Olympic Games & Paralympic Games Tokyo 2020. Kunjungan ke event olahraga internasional 4 tahunan ini bertujuan untuk menambah khasanah wawasan para atlet muda tersebut. Tetunya sekaligus dapat memberikan motivasi dan menginspirasi mereka untuk dapat mewujudkan impiannya menjadi wakil Indonesia di ajang Olympic/Paralympic Games di masa depan.

Sebagai informasi, para atlet ini merupakan bagian dari seleksi yang dilakukan sejak Agustus 2019 lalu. Proses seleksi dan pembinaan atlet dilakukan oleh tiga orang mentor, yaitu mantan perenang Richard Sambera, tokoh penting dalam olahraga disabilitas di Indonesia Dr. Nino Susanto, dan wartawan olahraga senior Eko Widodo.

Batu Loncatan

Melalui program SATRIA ini diharapkan agar menjadi batu loncatan prestasi bagi para atlet muda berbakat Indonesia di level yang lebih tinggi. Contohnya saja, Luluk Diana Tri Wijayana, atlet angkat besi dari Pacitan, Jawa Timur. Di tengah keterbatasan ekonomi keluarganya, ia mampu mencetak rekor dan meraih emas di ajang Popnas 2019 di kelas 49 kg. Potensinya luar biasa sehingga perlu dukungan dan tambahan jam terbang di pertandingan-pertandingan level kelompok umur regional dan turut serta dalam event besar seperti Youth Olympic Games.

Sementara itu, atlet tenis meja disabilitas asal Kalimantan Barat Cici Juliani, memiliki impian besar sama halnya seperti Luluk. Kendati berasal dari daerah pedalaman dan berlatar belakang dari keluarga petani, atlet muda tenis meja berusia 17 tahun ini tidak pernah menyerah atas kesulitan yang dihadapinya.

Cici mempunyai kendala dalam hal kelancaran latihan, antara lain kurangnya alat-alat penunjang latihannya. Ia mempunyai mimpi untuk dapat masuk Pelatnas. Untuk dapat lolos seleksi, dia harus giat berlatih guna mengasah kemampuannya. Melalui program SATRIA, Cici di-support dalam hal pelatihan dan peralatan demi mempersiapkannya dalam berkompetisi di beberapa kejuaraan seperti Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) dan Para Indonesia Open 2020.

TOP 20 ATLET SATRIA
ATLET MUDA DI CABANG OLYMPIC
No Nama Provinsi Olahraga
1 THIKA RACHMANIA Jawa Tengah Taekwondo​
2 MUHAMMAD AKBAR Bengkulu Renang
3 BRIGITTA MARIA ANDREA GUNAWAN DKI Jakarta Renang
4 SHILSY RINTRI RAMADHANI Sumatera Barat Triathlon/Lari
5 FARRELL EZRABASWARA WIHANDOYO​ DKI Jakarta Triathlon​
6 I MADE PAJAR ARIAYANA Bali Surfing
7 AZRA QUEISHA Banten Wall Climbing
8 MUTIARA OKTARANI NURUL AL PASHA DI Yogyakarta Atletik
9 ADITYA FAJAR PUTU SOEKARNO DI Yogyakarta Cycling (BMX)
10 JASMINE AZZAHRA SETYOBUDI Sumatera Selatan Cycling (BMX)
11 ABRAHAM USYOR Papua Judo
12 LULUK DIANA TRI WIJAYANA Jawa Timur Angkat Berat
13 NATASYA MAHDALITA DKI Jakarta Hammer Throw
ATLET MUDA DI CABANG PARALYMPIC
No Nama Provinsi Olahraga
14 AGNES M YOWEY Papua Renang
15 FAJAR TRI HADI DKI Jakarta Renang
16 RIFKI MAMUDIN Jawa Barat Tenis meja
17 M. AFRIZAL SYAFA Jawa Tengah Boccia
18 M. BINTANG SATRIA Jawa Tengah Boccia
19 CICI JULIANI Kalimantan Barat Tenis meja
20 FIRZA FATURAHMAN Jawa Timur Atletik

Baca juga: Program SATRIA Toyota Indonesia Temukan 20 Atlet Muda Berpotensi

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

DnZ Wheels, Velg Lokal Indonesia Berkualitas Internasional

JAKARTA, Carvaganza -- Produsen aftermarket Indonesia punya kemampuan untuk bersaing dengan produk-produk luar negeri. Menjawab kebutuhan velg aftermarket lokal, Garasi Drift melansir velg dengan...

Kilas Histori Honda CR-V, Di Jamannya Sempat Dianggap SUV Kemayu (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com -  Kehadiran Honda CR-V Plug-in Hybrid (PHEV) di Beijing International Automotive Exhibition di Cina memuncaki member line-up SUV kompak tersebut. Kini sudah...

TIPS: Persiapan Kendaraan Anda Jelang Musim Hujan

JAKARTA, Carvaganza -- Tak lama lagi musim penghujan sepertinya akan datang. Sudah beberapa pekan ini kerap hujan turun. Sebentar lagi, jalanan yang tergenang air,...

F1: Hamilton Dipenalti, Bottas Menangkan GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com – Menjawab ambisinya untuk paruh kedua musim 2020 ini, Valtteri Bottas akhirnya benar-benar berhasil merebut kemenangan di F1 Grand Prix Rusia 2020....

Booth Porsche Di Beijing Auto Show Bisa Ditonton Virtual, Ini Linknya

BEIJING, Carvaganza.com – Sebuah keadaan yang mendesak bisa membuat orang berpikir keras mencari jalan keluar. Seperti yang kita alami selama wabah COVID-19 menyerang dalam...