Beranda Modification Terinspirasi Le Mans, Racing Diehard Bikin Replika Mobil Balap Bentley

Terinspirasi Le Mans, Racing Diehard Bikin Replika Mobil Balap Bentley

CHESIRE, carvaganza – Kisah heroik para pecinta motorsport yang membuat sendiri mobil kesayangan sudah banyak sekali. Dan selalu terjadi berulang. Di Indonesia sendiri, mengkreasi replika mobil balap kesayangan sudah terjadi beberapa kali. Bahkan ada yang bikin prototipe mobil F1 dan diberi kelir tim Ferrari. Bukan mobil balap saja, di sini juga ada yang memproduksi mobil balap tiruan.

Meskipun terjadi berulang, meniru produk bagus buatan orang lain selalu menarik. Apalagi kalau dibuat sendiri secara hand-made. Untuk membuatnya tidak mudah. Butuh waktu, biaya dan kecerdasan untuk mengerjakan sampai mobil yang ditiru selesai. Semangat para kreator ini patut diacungi jempol.

Di Inggris ada seorang petrolhead dan racing diehard yang membangun mobil Bentley yang turun di ajang balap ketahanan Le Mans. Ia bangun dari nol dan bentuk bodi mobilnya benar-benar identik.

Bentley memang pernah berkibar di balap ketahanan pada akhir 1920-an. Namun pada pertengahan abad ke-20, pabrikan premium asal Inggris itu akhirnya mengundurkan diri karena balapan Le Mans tak lagi jadi fokusnya.

Bentley akhirnya masuk lagi Le Mans tahun 2001 dengan mobil prototipe LMGTP (Le Mans Grand Touring Prototype) yang mendapat sebutan Speed 8. Kendaraan ini cukup kuat dipengaruhi oleh saudara kandungnya sendiri, Audi, karena sama-sama di bawah Volkswagen (VW). Pada musim balap 2003, duo Bentley Speed 8 menyingkirkan Audi R8 Prototipe dengan menyabet posisi finish 1 dan 2.

Baca juga: Replika Rolls-Royce Cullinan, 1:8 dan Bisa Bespoke

Bodi full serat karbon

Sepuluh tahun kemudian, keluar replikanya yang dibuat sendiri dengan susah payah oleh seorang fan setia. Alexander Charles Buckley  mau menghabiskan waktu enam tahun untuk membangun Bentley Le Mans. Itu pun belum juga jadi secara utuh. Masih banyak yang perlu dibuat dan ditingkatkan.

Pria yang tinggal di Chester, Chesire, Inggris ini mendesain dan membuat bodi mobil dari nol. Bodinya terbuat full dari serat karbon, sangat menyerupai Speed 8. Setiap bagian bodi serat karbon kemudian ia baut sehingga menyatu. Kaca depan double-laminated untuk melindungi interior mobil. Namun sayang, interiornya belum jadi. Yang bertengger di kabin hanya jok bucket yang speknya sama dengan yang dipakai Bugatti Veyron. Dashboard dan setir belum terpasang, tapi Alex sudah punya komponen itu semua. Tinggal memasangnya.

Menurut Alex, Ia tidak memakai komponen orisinal seperti yang dipakai oleh Speed 8. Hampir semuanya barang-barang copotan dari mobil lain. Misalnya damper, wishbone suspensi. Velg centerlock dan lampu depan. Semuanya ia cari dan mirip dengan aslinya. Meskipun banyak komponen tidak asli, kualitasnya bukan abal-abal. Contoh, suspension knuckle (persendian suspensi), pushrod dan as rodanya berasal dari stok F1. Untuk pengereman memakai AP Racing yang terbuat dari bahan titanium. Kalau vinilnya orisinal dari program Bentley di Le Mans.

Proyek Speed 8 hand-made ini baru diketahui orang banyak karena Alex menjual proyeknya di eBay dan Facebook dengan harga 30.500 pound. Apakah ada yang tertarik? Banyak, tapi untung ada yang meyakinkan dia agar proyeknya jangan dijual. Lebih baik diselesaikan sampai tuntas sehingga kelihatan hasilnya. Padahal untuk sampai sini saja, Ia menghabiskan waktu sampai enam tahun. Mau berapa tahun lagi Ia harus habiskan?

Sumber: www.thedrive.com

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Honda HR-V 1.5L Special Edition Jadi Hadiah Indonesia’s Next Top Model 2020

JAKARTA, Carvaganza -- Banyak cara untuk mengenalkan merek dan membuatnya diingat orang. Salah satu yang sering dilakukan para pemegang mereka adalah menjadi sponsor atau...

Honda Resmi Kenalkan City Hatchback, Bakal Gantikan Jazz?

BANGKOK, Carvaganza -- Satu model baru Honda melakukan debut dunia. Lewat Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. All New Honda City Hatchback -- bersama New Honda...

Mobil Sultan, Mercedes-Benz S-Class Terbaru Punya Versi Maybach

STUTTGART, Carvaganza.com – Belum lama lalu, Mercedes-Benz baru saja melansir generasi terbaru untuk S-Class yang semakin canggih dan mewah. Sebagai flagship sedan, tentunya S-Class...

Semakin Mahal, BMW Segera Stop Jual Varian Diesel di Inggris

MUNICH, Carvaganza.com – Segmen dan pasar diesel akan segera ditinggalkan oleh BMW dalam waktu dekat. Baru-baru ini, BMW Group mengumumkan akan menyudahi produksi dan...

Mobil Tanpa Sopir Di Cina Keliling Jualan Ayam Goreng KFC

JAKARTA, Carvaganza.com – Banyak yang beranggapan kalau pandemi Coronavirus bikin perkembangan mobil otonom ikutan digembleng belakangan ini. Tentu saja perkembangan teknologi masih sepenuhnya diarahkan...