TEST DRIVE: BAIC BJ30e, SUV PHEV Gagah yang Galak Tapi Nyaman

Menggabungkan mesin 1.5 liter turbo dengan sistem plug in hybrid menjanjikan performa andal sebagai SUV gagah,

BAIC BJ30e

BEIJING, Carvaganza – Setelah resmi masuk ke pasar otomotif Tanah Air, BAIC Indonesia yang berada di bawah naungan PT Jio Distribusi Indonesia (JDI) umumkan luncurkan sejumlah model untuk konsumen. Kabarnya selain dua model andalannya BJ40 Plus dan X55-II, BAIC Indonesia juga akan memboyong BJ30e yang mengisi segmen SUV Plug-in Hybrid ke Indonesia. Pada kunjungan kami ke kantor pusat BAIC di Beijing beberapa waktu lalu, kami punya kesempatan lebih dekat dengan BJ30e yang menggendong teknologi Magic Core Hybrid.  

SUV dengan desain modern ini adalah satu dari beberapa model yang punya potensi untuk dipasarkan BAIC untuk konsumen di Tanah Air. Berdasarkan pengujian singkat yang kami lakukan, BJ30e menawarkan pengalaman berkendara yang tidak hanya stabil di jalan aspal tetapi juga mampu melahap beberapa obstacle ringan. Secara umum, ia memiliki desain boxy dengan sentuhan dinamis seperti desain grille yang terintegrasi dengan lampu utama berteknologi LED. 

Tidak seperti saudaranya, BJ30e ini berdiri di atas sasis monokok yang diklaim berorientasi pada kenyamanan penghuni kabin di berbagai kondisi jalan. Sentuhan SUV juga banyak kita temukan pada BJ30e salah satunya ialah ornament menyerupai skid plate di bagian bumper depan, penggunaan rail roof serta velg berukuran besar dengan desain yang sporty. Beralih ke bagian kabinnya, ia punya sajian yang cukup simple namun menggunakan material kulit soft-touch di beberapa bagian. 

BAIC BJ30e

Terdapat layar cluster meter bergaya floating yang memberikan sentuhan modern di dalam kabin. Bahkan BAIC BJ30e meminimalisir pengoperasian fitur menggunakan tombol dan memusatkannya ke layar sentuh di tengah dashboard. Ia memiliki konfigurasi lima penumpang dengan tambahan ruang bagasi yang cukup luas dan cukup untuk membawa beberapa barang bawaan. Kami berkesempatan untuk menguji performa, BJ30e dengan berbagai kondisi jalan di sekitar kantor pusar BAIC.

Baca Juga: Fantastis! BYD Bangun Booth Berbiaya Rp 2,2 Trilyun Di Shenzhen Auto Show

Ia dibekali dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.500 cc yang dipadukan dengan motor listrik yang didukung teknologi Magic Core Hybrid Electric Drive. Paket mesin tersebut mampu memproduksi tenaga 403 hp dan torsi puncak sebesar 685 Nm. Tenaga dan torsinya tersebut dialirkan ke seluruh roda melalui transmisi DHT Hybrid Transmission 2 percepatan. Di atas kertas, ia mampu berjalan sejauh 1.000 km dengan modal BBM full tank. 

Kami cukup takjub dengan pembawaannya yang stabil dan mudah dikendalikan khususnya saat berakselerasi. Posisi duduknya juga terbilang commanding khas SUV dan memudahkan pengendara mendapatkan visibilitas yang maksimal.

BAIC BJ30e

Tenaga dan torsinya tersaji linear bahkan terbilang smooth, kami berharap dengan bodi sebesar ini BJ30e bisa menawarkan paket mesin yang lebih besar. Namun kembali lagi, BJ30e didesain tidak hanya memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan tetapi juga berorientasi pada efisiensi yang maksimal.

Di sisi lain, BJ30e memberikan kami kejutan saat melakukan pengujian di atas gravel dengan kecepatan di atas 60 km/jam. Kendaraan bergerak cukup stabil dan terasa nyaman di dalam kabin, bahkan tidak terdengar suara yang mengganggu dari kaki-kaki. Kami yakin, hal tersebut berkat settingan suspensi pada BJ30e yang memang berorientasi dengan kenyamanan penumpang di dalam kabin.

Reboundnya cukup responsif untuk ukuran SUV berdimensi bongsor. Di samping itu, penggunaan ban berukuran lebar dan besar ini juga jadi salah satu penyumbang kenyamanan saat melesat. Selain itu, BJ30e juga memiliki pengendalian yang cukup baik minim gejala understeer dan tidak terasa over khususnya saat bermanuver.

BAIC BJ30e

Lewat bekal yang ditawarkan oleh BJ30e ini, rasanya sudah lebih dari cukup untuk menggoda konsumen SUV di Tanah Air. Belum ada bocoran soal harga, namun kabarnya ia akan ditempatkan di antara BJ40 Plus dan X55-II yang akan mulai dijual pada akhir 2024. PT JDI menjanjikan BJ30e segera mengaspal ke Tanah Air dalam satu hingga dua tahun ke depan dengan spesifikasi yang disesuaikan untuk kondisi jalan di Indonesia.
(MUNAWAR CHALIL / ALVANDO / WH)
Laporan dari Beijing

Baca Juga: Chery dan Huawei Siap Rilis SUV Coupe Luxeed S9

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil BAIC Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza