Beranda Gear-Up Replika Rolls-Royce Cullinan, 1:8 dan Bisa Bespoke

Replika Rolls-Royce Cullinan, 1:8 dan Bisa Bespoke

GOODWOOD, Carvaganza.com – Kesempurnaan menjadi kata kunci Rolls-Royce dalam setiap karyanya. Tak hanya mobil tapi juga replikanya. Seperti yang terbaru, pabrikan asal Goodwood, West Sussex, Inggris itu membuat Cullinan dengan skala 1:8. Tampilannya sangat detail, tak hanya itu sempurna sesuai yang berukuran asli.

Rolls-Royce memang tak pernah melupakan wejangan Sir Henry Royce – sang pendiri Rolls-Royce. Ia pernah berkata, “Hal kecil menciptakan kesempurnaan, namun kesempurnaan bukanlah hal kecil.” Kalimat itu pun dituangkan dalam setiap produk RR dengan berbagai penyempurnaan sampai detail terkecil.

Model yang dibuat adalah replika dari ‘batu permata’ terbesar mereka, siapa lagi kalau bukan Cullinan. Meski scale model, pengerjaan sesuai tradisi RR: menjunjung tinggi nilai kualitas. Cullinan mini ini dibangun dari sekitar seribu komponen terpisah. Dirakit langsung oleh tangan ahli dengan waktu sampai 450 jam – setengahnya waktu pembuatan Cullinan di Goodwood.

Ini bukan sekadar model pajangan. Setiap miniatur ini dibuat menyesuaikan keinginan klien alias bespoke. Layanan ini sama persis seperti yang dilakukan Rolls-Royce pada mobil berukuran 1:1. Tiap model dilabur cat dengan warna sesuai daftar pilihan dari mobil asli, kemudian dipoles menurut standar Rolls-Royce. Saking berupaya menyesuaikan mobil asli, eksekusi pinstriping pada coachline memanfaatkan kuas.

Konsumen dapat memilih sekitar 40 ribu warna standar, atau bisa juga menyerupai spesifikasi mobil mereka. Tidak hanya itu, lampu juga dapat beroperasi menggunakan remote control. Bicara soal detail, seluruh pintu dapat dibuka, seperti suicide door sampai tailgate terpisahnya. Detail jantung V12 6.75 liter dapat dinikmati pula ketika bonnet dibuka.

Baca juga: TEST DRIVE: Rolls-Royce Cullinan 2019, Merasakan Sensasi “Tank Mewah”

Interior

Bagian interior tak kalah mencengangkan. Pertama terlihat adalah treadplate di area sill yang bercahaya. Kemudian eksekusi desain interior menggunakan material, keahlian, dan perhatian detail sebagaimana aslinya. Mulai dari bentuk jahitan pada headrest, ornamen kayu, sampai piping dan jahitan bangku. Konsumen tentu dapat membuatnya sesuai dengan mobil mereka masing-masing dengan akurasi tinggi. Atau dapat pula dibuat sebagai gambaran bagaimana mereka akan memesan Cullinan.

Replika seperti buatan Rolls-Royce, atau bikinan merek Amalgam, menunjukkan bagaimana detail hebat bisa dituangkan pada miniatur. Sebagai barang berharga, Cullinan 1:8 ini dipresentasikan dalam sebuah display case Perspex bening. Kaca acrylic dapat dibuka jika pemilik mau ‘memainkan’ berbagai fitur.

Baca juga: Bosan di Rumah Aja? Ikutan Lomba Desain Mobil Rolls-Royce

Filosofi

Chief Executive Rolls-Royce Motor Cars, Torsten Müller-Ötvös, mengatakan, “Replika ini memberikan dimensi baru bagi filosofi ‘Effortless, Everywhere’ Cullinan. SUV supermewah kami saat ini sama nyamannya berada di dalam kediaman pemiliknya sebagaimana Cullinan berada di medan terberat dan menantang di muka bumi.”

Ia menambahkan, “Hal ini mendemonstrasikan, sekaligus mengingatkan kami sebagai sebuah perusahaan, bahwa kebesaran inspirasi ada di setiap ukuran. Tidak melulu tentang hal besar: kami mencari dan mencapai kehebatan pada apapun yang kami kerjakan, sampai ke komponen dan detail terkecil.”

Baca juga OTO: Rolls-Royce Ciptakan Miniatur Cullinan Berskala 1:8, Dibuat Sesuai Keinginan Klien

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto