TEST DRIVE: Menjinakkan Performa Buas Aston Martin Vantage di Spanyol

Meski basis sama dengan DB12, pengembangan menyeluruh membuat karakternya jauh berbeda.

  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-4.jpg
  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-5.jpg
  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-7.jpg
  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-11.jpg
  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-9.jpg
  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-8.jpg
  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-3.jpg
  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-6.jpg
  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-1.jpg
  • 2024/07/Test-Drive-Aston-Martin-Vantage-2024-2.jpg

SEVILLE, Carvaganza - Nama Aston Martin Vantage memiliki sejarah yang panjang, digunakan secara berkala antara tahun 1973 dan 1993, hingga menjadi lini model tersendiri dengan V8 Vantage tahun 2004. Lebih jauh pada 2018, dan nama Vantage dihidupkan kembali, tanpa awalan V8. Sekarang, setelah tujuh tahun, generasi ketiga Vantage telah lahir.

Meskipun berbasis pada platform yang sudah ada, revisi ekstensif dan upaya rekayasa ulang membuatnya jauh lebih dari sekadar facelift. Hanya perlu mengemudikan Vantage baru untuk bisa menyadari peningkatan substansial dalam karakter dan dinamika yang bukan hanya berasal dari tambahan tenaga.

Dari sisi gaya, Vantage telah ditingkatkan, terutama di bagian depan, menyerupai Aston Martin One-77 yang langka dan super mahal. Intake depan yang lebih besar untuk mendinginkan mesin yang lebih kuat jauh lebih terintegrasi dibandingkan dengan model sebelumnya.

Test Drive Aston Martin Vantage

Aerodinamikanya kini menghasilkan 77 kg downforce pada kecepatan puncak tanpa perlu sayap. Dengan tambahan panjang 30 mm, lekukan belakangnya memiliki tampilan yang lebih agresif. Ventilasi belakang di belakang roda adalah fitur baru seperti juga diffuser belakang yang mencolok. Bahkan desain spionnya kini memiliki bingkai yang tipis dan modis.

Baca Juga: Cumi Darat Minggir! Ini Aliran Proper Modifikasi Toyota Fortuner Untuk Adu Kencang

Kami pergi ke Sirkuit Monteblanco di luar Seville untuk merasakan Vantage terbaru secara langsung. Aston Martin mengambil langkah berani, memungkinkan kami untuk menggeber ‘Baby Aston’ ini hingga batasnya dengan 15 kali hot lap mengelilingi trek yang menantang ini.

Terasa kasar untuk membuat gentleman’s GT melewati kerasnya trek yang bumpy dan abrasif seperti itu, tetapi ini membuktikan sebuah poin: bahkan dengan ban jalanan Michelin PS S5 khusus Aston, Vantage menunjukkan kelincahan dan kekuatan yang baru ditemukan.

Di bawah kap mesinnya, Vantage dilengkapi dengan mesin V8 twin-turbo 665 PS (655 hp) yang mampu melesatkan mobil ini 0-100 km/jam dalam waktu hanya 3,5 detik. Meskipun kami tidak mencapai kecepatan tertinggi 325 km/jam di trek, akselerasi Vantage meninggalkan kesan yang mendalam. Rem Karbon-Keramik opsional 410/350 mm diuji dengan baik, bersinar merah panas di ujung trek lurus karena kecepatan menyentuh 260 km/jam sebelum pengereman.

Test Drive Aston Martin Vantage

Respons throttle dari mesin V8 4.0-liter turbo telah disempurnakan untuk meniru perkembangan dan linearnya mesin naturally-aspirated. Penyempurnaan ini terbukti penting untuk menavigasi beberapa tikungan di trek dan lebih bermanfaat di jalur jalan raya.

Untuk menangani 665 PS dan torsi 800 Nm, Aston Martin melengkapi Vantage dengan transmisi otomatis 8-percepatan ZF yang terletak di belakang untuk distribusi bobot optimal 50:50 dengan rasio gigi tambahan dibandingkan dengan pendahulunya. Waktu perpindahan gigi telah dikurangi lebih lanjut untuk perpindahan gigi yang lebih cepat dan tegas, dan rasio gigi yang lebih pendek (3.083:1) di e-Diff meningkatkan akselerasi di semua gigi.

Sementara Vantage menunjukkan ketangguhannya di trek dengan ban jalan raya, mobil ini benar-benar bersinar di jalanan yang berliku dan menantang di sekitar sirkuit Monteblanco. Anda tidak perlu mengemudi jauh atau cepat untuk merasakan koneksi positif mobil ini dengan jalan. Tim pengembangan layak mendapat tepuk tangan atas penyetelan sistem kemudi listrik yang memberikan feedback luar biasa, menjadikannya menonjol di antara sistem EPAS (electric power assisted steering).

Test Drive Aston Martin Vantage

Bobot dan respons kemudi menyampaikan apa yang terjadi pada permukaan ban dengan sangat meyakinkan, menunjukkan understeer minimal, memberikan kepercayaan diri saat menavigasi jalan berliku. Meskipun massa 1.745 kg terasa di trek, namun terasa menghilang di jalan, dengan kemampuan berhenti, berakselerasi, dan mengubah arah Vantage seolah-olah ia adalah mobil yang jauh lebih ringan, berkat penyetelan sasis yang teliti yang dilakukan bersama dengan Michelin.

Kualitas berkendara Vantage, meskipun tidak sehalus DB12, memang ada maksudnya. Menggunakan suspensi dari Bilstein DTX, Vantage menyajikan sisi sporty dari spektrum Super-GT, sementara peredam yang sama di DB12 disetel untuk lebih nyaman dan halus.

Dalam mode Sport default, Vantage menawarkan tingkat kelenturan yang mengagumkan yang tidak biasa untuk mobil sporty seperti itu. Mode Sport Plus meningkatkan kontrol bodi untuk menghadapi jalan yang berliku, sementara mode Track kaku dan tak kenal ampun, jelas dimaksudkan untuk permukaan yang halus dan terlalu kaku untuk penggunaan di jalan raya. Saya memilih Sport Plus untuk sebagian besar perjalanan.

Baca Juga: Electrogenic Garap Restomod DMC DeLorean Jadi EV, Jelajah Waktu Tidak Butuh Bensin

Mesin V8 4.0-liter twin-turbo yang disetel oleh Aston Martin menghasilkan 800 Nm dari putaran serendah 2.750 rpm. Namun, sensasi menggebernya hingga redline untuk efek suara terlalu menggiurkan. Tenaga yang luar biasa mungkin sedikit berlebihan dan kehati-hatian menjadi bagian yang lebih baik dari keberanian, saya menahan diri untuk tidak menginjaknya di bukit dengan sembrono, tetapi itu tidak berarti melewatkan kesenangan. Rekayasa ulang yang cermat oleh Aston Martin terhadap V8 yang bersumber dari AMG ini telah menghasilkan lebih banyak tenaga daripada yang berhasil dilakukan AMG, menyoroti keahlian teknik mereka.

Test Drive Aston Martin Vantage

Salah satu kritik umum terhadap Vantage sebelumnya adalah sistem infotainment yang diwarisi dari Mercedes-Benz. Aston Martin telah mengatasi ini dengan memperkenalkan sistem mereka sendiri, menampilkan layar sentuh 10,25 inci dengan user experience yang lebih responsif dan koheren, mengintegrasikan Apple CarPlay dan nantinya, Android Auto.

Jok sport yang nyaman lebih dari cukup untuk penggunaan di kecepatan tinggi, memberikan kenyamanan dan dukungan lateral yang baik. Bagi mereka yang mencari pengalaman yang lebih fokus pada trek, tersedia opsi kursi serat karbon, yang menawarkan dudukan yang pas dan aman.

Aston Martin mengklaim tidak hanya jok dipasang 10 mm lebih rendah, tetapi seluruh titik sentuh pengemudi telah dimiringkan lebih rendah, meningkatkan posisi berkendara yang baru. Karena kursi serat karbon tidak memiliki penyesuaian ketinggian, ini mungkin menjadi perhatian bagi pengemudi bertubuh lebih pendek.

Test Drive Aston Martin Vantage

Kampanye Aston Martin di F1 jelas memengaruhi mobil jalanan mereka, terbukti dari cat "Track Podium Green" yang menjadi pilihan favorit, dengan "Satin Xenon Grey" juga terbukti menarik. Sinergi antara upaya balap F1 dan GT4/GT3 mereka, brand-building, dan pengembangan kendaraan akhirnya menghasilkan rangkaian mobil yang luar biasa.

Vantage baru begitu baik sehingga mungkin menjadi sedikit mengganggu bagi DB12 Aston Martin. Tentu saja, Vantage menarik bagi penggemar hardcore tetapi kemampuannya sangat luas, tumpang tindih dengan DB12 mereka yang brilian. Bagaimanapun, ini adalah masalah yang baik untuk dimiliki.
(ANDRE LAM / WH)
Alih Bahasa: Wahyu Hariantono

Baca Juga: Delium Rilis Ban Velocita DTX, Cocok Untuk Dipakai Drifting

Pelajari lebih lanjut tentang Aston Martin Vantage

  • Tampak Depan Bawah Aston Martin Vantage
  • Lampu depan Vantage
  • lampu belakang Vantage
  • handle pintu Vantage
  • Pelek Vantage
  • Knalpot Vantage
  • Tampak belakang Vantage
  • Tampak depan medium Aston Martin Vantage
  • Aston Martin Vantage Front Cross Side View
  • Aston Martin
  • Tampak kanan Aston Martin Vantage
Aston Martin Vantage
Rp 4,3 - 6 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 98,11 Juta

Mobil Aston Martin Lainnya

  • Aston Martin Vantage
    Aston Martin Vantage
  • Aston Martin Vanquish
    Aston Martin Vanquish
  • Aston Martin DB11
    Aston Martin DB11
  • Aston Martin Rapide S
    Aston Martin Rapide S

Don't Miss

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Aston Martin Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature