Tahun Ini, BMW M akan Rilis Model Berelektrifikasi

JAKARTA, CARVAGANZA – Elektrifikasi akan semakin luas diterapkan pada line up produk BMW ke depannya, termasuk untuk model yang berorientasi pada performa. BMW telah memastikan hal tersebut, dengan akan terapkan elektrifikasi untuk model dengan logo “M”. Bahkan, model yang dimaksud tidak dibantah jika akan meluncur pada tahun ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh bos BMW M, Markus Flasch dengan pernyataannya yang “memandang ke depan” saat presentasi tahunan terkait penjualan 2020. Flasch ingin mempersembahkan mobil performa yang disokong tenaga listrik untuk pertama kalinya. Namun dirinya tidak menyebut spesifik model apa yang akan dihadirkan.

Prediksi sejauh ini, yang dimaksud adalah sedan listrik BMW i4 untuk mendapat sentuhan upgrade dari divisi M. penjelasan praktisnya, i4 nantinya akan hadir dalam varian i4 M. namun tidak seperti M3 dan M4 yang sepenuhnya dibangun dan dikembangkan oleh BMW M, i4 M justru hanya model dengan sentuhan M Sport, seperti M340i atau M235i. Sementara versi produksi dari i4 sendiri baru akan dipasarkan pada akhir tahun ini.

Mobil tersebut akan diposisikan sebagai rival dari Tesla Model 3, seperti BMW pernah sampaikan pada tahun 2019 lalu. Setidaknya dengan performa 530 hp dari motor listriknya, akselerasi 0-100 km/jam akan dapat dicapainya dalam waktu 4 detik. Sedangkan concern pada mobil listrik, yaitu jarak tempuh, diperkirakan akan lebih dari 595 kilometer.

BMW i4 M

Sebagai pembanding, Model 3 akan dilampaui oleh i4 dengan range di atas, bahkan pada varian Long Range. Namun soal performa, i4 masih kalah dari Model 3 Performance dalam akselerasi 0-100 km/jam yang bisa dilakukan dalam 3,1 detik. Kondisi ini yang membuka peluang untuk masuknya varian performa dari M di BMW i, lewat i4 M.

Tidak hanya untuk model sedan, penerapan versi performa konon akan dibawa juga pada model SUV listrik BMW, yang kini sudah hadir melalui iX. Namun untuk saat ini masih harus menunggu konfirmasi resmi dari BMW soal iX versi M. Besar kemungkinan BMW akan membawa powertrain yang mirip baik pada i4 maupun iX untuk versi performanya.

Bukan hanya demi gimmick, BMW punya alasan kuat untuk membawa kendaraan performa ke divisi elektrifikasinya. Karena hasil penjualan tahun 2020 lalu, BMW M just mencetak rekor penjualan yaitu sebanyak 144.218 unit. Pertumbuhan 6% dari tahun sebelumnya ini membuktikan bahwa segmen antusias masih sangat bergairah, meski dunia dilanda krisis dan pandemi global.

Beberapa model yang sangat diminati dari divisi M antara lain varian M Performance dari Seri 3 dan Seri 4 terbaru, lalu SUV kencang X5 M dan M2 CS Coupe yang banyak mendapat review positif. Penjualan M3 dan M4 baru juga diprediksi akan dilirik banyak peminat meski dibalut kontroversial desainnya. WAHYU HARIANTONO / RS

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda