Beranda Updates Suzuki Carry Pick Up Kuasai 66 Persen Pangsa Pasar di Agustus

Suzuki Carry Pick Up Kuasai 66 Persen Pangsa Pasar di Agustus

JAKARTA, Carvaganza — Suzuki New Carry Pick Up menjadi tulang punggung penjualan Suzuki di tengah pandemi covid-19. New Carry Pick Up berkontribusi 53% terhadap penjualan ritel nasional Suzuki atau sejumlah 23.856 unit.

Tidak hanya menjadi kontributor terbesar, pangsa pasar New Carry Pick Up periode Januari-Agustus 2020 juga terbukti naik 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 61%. Sementara pada Agustus 2020, New Carry Pick Up menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan ritel sebanyak 3.111 unit dan pangsa pasar low pick up sebesar 66%.

“Hal ini membuktikan bahwa New Carry Pick Up diakui sebagai kendaraan komersial yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan terus mendorong kegiatan ekonomi agar tetap berkembang meskipun di tahun ini terdampak pandemi,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam keterangannya.

Donny menerangkan bahwa persaingan di pasar otomotif semakin ketat karena pasar mulai tumbuh kembali setelah sempat melemah. “Di tahun ini, pasar otomotif Indonesia cukup ketat dan menantang, namun kami berusaha untuk terus memberikan produk dan pelayanan terbaik meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Peningkatan pangsa pasar Suzuki di tahun 2020 yang dipimpin New Carry Pick Up ini membuktikan bahwa Suzuki menawarkan produk yang unggul dan sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tetap menjadi pilihan pelanggan dalam kondisi apapun,” terangnya.

Selain New Carry Pick Up sebagai produk buatan dalam negeri, dua model produksi dalam negeri lainnya menjadi penyumbang terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar ritel Suzuki dalam kurun Januari hingga Agustus 2020.

Pertama adalah All New Ertiga dengan kontribusi 6.870 unit atau sekitar 15%, dan kedua adalah Suzuki XL7 sejumlah 5.095 unit atau 11%. Model-model unggulan Suzuki lainnya seperti Karimun Wagon R, New Ignis, New Baleno, dan Jimny juga berkontribusi positif terhadap total penjualan ritel selama tahun 2020.

Penjualan Nasional

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat ada kenaikan penjualan pada Agustus lalu. Penjualan wholesales atau dari APM ke dealer berjumlah 37.291 unit. Angka ini meningkat dibandingkan bulan Juli yang berada di angka 25.283 unit. Total selama Januari hingga Agustus 323.507 unit.

Bagaimana dengan retail sales atau penjualan dari dealer ke konsumen? Catatan Gaikindo menunjukkan angka 37.655 unit. Memang hanya naik 2000-an unit dibandingkan Juli yang mencatatkan penjualan 35.799 unit. Total retail sales, hingga bulan ke-8 tahun ini, adalah 364.034 unit.

Memang angin segar namun masih jauh dibandingkan raihan tahun lalu. Gaikindo mencatakan pada periode yang sama 2019, wholesales berada di angka 661.919 unit dan retail sales 677.085 unit.

Meski pasar otomotif sedang lesu, Suzuki berhasil memimpin peningkatan pangsa pasar mobil periode Januari–Agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019. Suzuki Indonesia berhasil mencatatkan peningkatan pangsa tertinggi di pasar mobil nasional sebesar 2,6%, dari 9,82% year-on-year (YoY) Januari-Agustus 2019 menjadi 12,42% pada Januari-Agustus 2020 untuk penjualan ritel.

Sementara khusus pada Agustus, Suzuki berhasil mencatatkan kontribusi yang positif dengan pangsa pasar mencapai 14% atau 5.259 unit.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Suzuki. Peningkatan pangsa pasar ini mendorong kami untuk terus berkontribusi terhadap pasar otomotif dan juga perekonomian nasional dengan menghadirkan produk berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia baik untuk mendukung usaha ataupun kebutuhan keluarga,” tutup Donny.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lamborghini Urus Punya Beberapa Fakta Menarik Ini!

JAKARTA, Carvaganza.com - Lamborghini Urus salah satu mobil terunik Lamborghini. Bukan hanya karena ia berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang belum lazim diproduksi produsen...

DAS Indonesia Take Over Jeep, Siapkan Jaringan Diler

JAKARTA, carvaganza.com - Sebuah kejutan di akhir tahun. Tiba-tiba tiga hari lalu masuk undangan ke meja redaksi yang mengatasnamakan Jeep. Yang bikin menarik adalah...

7 Mobil Ikonik di Serial TV Dan Film Era ’80-an

JAKARTA, carvaganza.com - Mobil dan film seringkali berkaitan erat. Bahkan tak jarang sebuah mobil dijadikan karakter utama, atau setidaknya bagian dari karakter utama, di...

Mengapa Rolls-Royce Senang Menggunakan Nama Hantu Untuk Mobil-Mobilnya?

JAKARTA, Carvaganza.com - Nama adalah doa. Ungkapan itu dalam budaya Indonesia sangat dipandang. Nama tak sekadar sebutan, panggilan atau sapaan. Nama bisa saja megandung...

Mengunjungi Pabrik Bugatti Di Molsheim, Prancis

Molsheim, Carvaganza.com - Molsheim adalah rumah keluarga besar Bugatti. Tempat sang pendiri meletakkan harapannya terhadap brand berkelas itu. Berlokasi di jantung kota Alsace, Prancis,...