Beranda New Cars Siap-Siap, Prototipe Nissan 400Z akan Debut Bulan Ini

Siap-Siap, Prototipe Nissan 400Z akan Debut Bulan Ini

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Mundur ke beberapa bulan lalu, Nissan mengungkap akan membuat lagi penerus dari Fairlady Z, bernama 400Z. Ternyata penantian tersebut tidak akan berlangsung lama, karena bulan ini wujudnya akan muncul. Nissan akan memperkenalkan 400Z dalam wujud prototipe.

Kabar ini resmi disampaikan langsung oleh Nissan, melalui media sosial Twitter. Dikatakan, 400Z akan debut pada tanggal 16 September 2020, menjadi penerus 370Z. Mobil ini akan melanjutkan sejarah panjang model sportscar Nissan, selain GT-R. Kehadirannya sekaligus untuk menyambut 50 tahun sejak pertama kali Fairlady Z lahir.

Pengumuman tersebut disertai dengan diunggahnya video teaser berjudul “The Nissan Z Proto is coming”. Dalam video berdurasi nyaris 1 menit itu, Nissan menampilkan flashback dan sejarah seluruh model Fairlady Z. mulai dari 240Z, 260Z, 280Z, 300ZX, 350Z, sampai yang terakhir 370Z. model ini telah beredar sejak tahun 1969, dan menjadi Nissan favorit bagi banyak kalangan.

Di akhir video, muncul sepotong siluet fascia Z Proto, yang sepintas hanya menunjukkan desain lampu depan. Sebelumnya Nissan juga pernah menunjukkan siluet coupe Z terbaru, pada sebuah video yang menampilkan seluruh line up model saat ini dan masa depan. 400Z akan menajdi kebangkitan Kembali Fairlady Z, setelah 370Z lama beredar tanpa dapat peningkatan lebih lanjut.

Z Proto menjadi bagian dari strategi Nissan Next, di mana Nissan akan meningkatkan efisiensi bisnis, termasuk pemangkasan anggaran. Salah satu pabrik Nissan di Barcelona akan ditutup, diikuti reduksi kapasitas produksi 20% selama tiga tahun ke depan. Model-model yang sudah menua akan diseleksi untuk diteruskan atau distop produksinya.

Bos Nissan bagian product planning, Ivan Espinosa sempat mengatakan bahwa mobil sport terus berada di dalam hati Nissan. Pernyataan tersebut tidak terkecuali untuk GT-R juga. Disampaikan saat Tokyo Motor Show 2019 lalu, Espinosa bahkan mengaku suksesor sedang digarap oleh Nissan.

Nama 400Z diyakini akan dipakai, dengan dasar besaran tenaga yang dihasilkan mesin, 400 hp. Rumornya angka tersebut akan datang dari mesin V6 3,0 liter turbo ganda. Bukan dari unit yang benar-benar baru, Nissan konon akan adopsi mesin ini dari Infiniti Q50 dan Q60. Selain itu, Nissan juga telah mendaftarkan paten logo Z terbaru, yang tampil dengan sentuhan gaya retro.

Selain performa, kemungkinan besar Nissan akan membawa rangkaian teknologi baru juga untuk Fairlady Z. Saat 400Z meluncur nanti, tampaknya Toyota GR Supra harus siap-siap mendapat lawan baru dari negara asalnya. Benar atau tidaknya akan terjawab pada 16 September nanti saat fastback coupe ini diperkenalkan.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...