Beranda Updates Satu Lagi Korban COVID-19, Detroit Auto Show 2020 Dibatalkan

Satu Lagi Korban COVID-19, Detroit Auto Show 2020 Dibatalkan

DETROIT, Carvaganza.com – Satu lagi pameran otomotif akbar dunia menjadi korban pandemi virus Corona (COVID-19). North American International Auto Show (NAIAS) atau lebih dikenal Detroit Auto Show dibatalkan penyelenggaraannya pada Juni mendatang.

Pembatalan itu disebabkan oleh meningkatnya kasus Corona di Amerika Serikat. Selain itu, lokasi pameran di TCF Center diubah menjadi rumah sakit darurat untuk merawat pasien COVID-19 selama enam bulan ke depan. Event yang dibatalkan, tidak saja Detroit Auto Show, namun juga event-event yang berkaitan dengannya.

“Yang lebih utama adalah kesehatan dan keselamatan warga Detroit dan Michigan. TCF Center adalah lokasi ideal untuk dialihkan fungsinya pada saat-saat genting seperti ini,” ujar Executive Director NAIAS Rod Alberts hari Minggu (29/3/2020) pagi.

Sebagai informasi, dilansir dari worldometer, Amerika Serikat kini sudah melewati Cina sebagai negara dengan kasus corona terbanyak di dunia. Hingga malam ini tercatat 123.781 kasus positif COVID-19. Sedangkan jumlah korban tewas di anga 2.229 orang.

Salah satu event bagian dari Detroit yang terdampak adalah Motor Bella, pameran mobil dan makanan Inggris dan Italia. Meskipun dibatalkan tahun ini, penyelenggara menyatakan akan mengadakan kembali pada Juni 2021 mendatang.

Pemindahan dari Januari ke Juni

Detroit Auto Show biasanya diselenggarakan setiap tahun pada bulan Januari, tapi pada tahun 2020 untuk pertama kalinya bakal digelar di Juni. Keputusan pemindahan jadwal itu diambil tahun 2018 mengingat penyelenggara akan menambah event-event bertema outdoor sehingga kondisi cuaca harus lebih hangat. Dengan demikian, pengunjung dari luar kota akan lebih banyak.

Pembatalan pameran mobil ini tentu merugikan perekonomian regional dan pabrikan mesti mencari cara baru meluncurkan produknya di tengah pandemi Corona.

Detroit sendiri belum menjadi episentrum pandemi virus Corona di Amerika Serikat, masih kota New York. Tapi kasusnya semakin meningkat karena bermunculan “zona-zona merah” di kota tersebut. The Motor City pun menjadi episentrum Covid-19 bagi wilayah Michigan.

Pameran Mobil Tertua

Detroit Auto Show adalah salah satu pameran mobil tertua di dunia setelah Paris Auto Show. Ia pertama kali diadakan tahun 1899 oleh William E. Metzger, setahun setelah Paris Motor Show digelar. Detroit mulai menjadi pameran internasional pada tahun 1987, tapi pertama kali diikuti pabrikan mancanegara tahun 1957.

Sejak 1907 pameran dilansungkan di Beller’s Beer Garden. Sejak saat itu pameran selalu diadakan setiap tahun kecuali tahun 1943-1952. Sejak 1961, pameran ini biasanya dilangsungkan di Detroit, Michigan, tepatnya Cobo Center. Ini merupakan pameran otomotif terbesar di kawasan Amerika Utara.

NAIAS diadakan setiap Januari dari tahun 1989 sampai 2019 selama 31 tahun. Namun mulai 2020 ke depan, akan diselenggarakan setiap bulan Juni dan debut Juni tampaknya tak akan terealisir karena COVID-19.

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto