Rolls-Royce Phantom Oribe, Kolaborasi dengan Hermès Terinspirasi Keramik Jepang Abad ke-16

GOODWOOD, Carvaganza – Banyak yang bilang kalau mau punya mobil yang spesial, datanglah ke Rolls-Royce. Tidak salah memang, karena setiap tahun Rolls-Royce selalu menghadirkan mobil spesial yang merupakan pesanan khusus kliennya. Bahkan tak jarang pesananannya sampai ada yang nyeleneh sekalipun. Kali ini yang terbaru, Rolls-Royce Phantom hadirkan edisi kolaborasi dengan Hermès.

Bespoke Phantom ini hadir sebagai bentuk kolaborasi antara tim Bespoke dari Home of Rolls-Royce di Goodwood dengan Hermès di Paris. Mengemban nama lengkap Rolls-Royce Phantom Oribe, mobil ini dipesan agar dapat mencerminkan kepribadian dan gairah pemiliknya, yaitu Yusaku Maezawa, seorang pengusaha asal Jepang yang ingin menjadikannya sebagai sebuah jet pribadi di jalan raya.

Rolls-Royce Phantom Oribe
Yusaku Maezawa, Pemesan Rolls-Royce Phantom Oribe. Ia adalah seorang kolektor karya seni dan supercar enthusiast
 

Keistimewaan mobil ini ditunjukkan oleh eksterior berwaran khas hijau dan krem yang terinspirasi dari peralatan Oribe Jepang antik. Maezawa sendiri adalah orang yang dikenal dengan koleksi Oribe. Bagian atas diberikan finishing warna Oribe Green, yang sepenuhnya adalah warna bespoke dibuat khusus untuk pesanan Maezawa. Rolls-Royce membuat dan menyediakan cat ini juga untuk dipakai di jet pribadi milik Maezawa agar senada dengan Phantom miliknya.

Warna hijau ini dikembangkan khusus oleh tim Bespoke selama berbulan-bulan oleh tim spesialis Surface Finish Centre di Goodwood, agar dapatkan hasil efek berkilau sempurna. Warna hijau ini menjadi ciri khas keramik dari abad ke-16 yang berpadu indah dengan warna krem pada bodi.

Rolls-Royce Phantom Oribe

Nuansa warna eksklusif yang sama turut diterapkan pada interior Phantom, yang juga tertular aksen warna Oribe. Perpaduan keahlian para desainer Hermès, pengrajin dan engineer Rolls-Royce diselaraskan melalui balutan material kulit Hermès Enea Green. Mulai dari detail pada setir, handle duchees, kenob transmisi, serta kontrol putar untuk pengatur AC.

Material premium kulit Hermès ikut menghiasi bagian atas panel instrumen, lalu pilar interior, dan rak parsel. Begitu juga di permukaan baian yang kurang terlihat seperti glove box dan kompartemen bagasi, konsol tengah, stowage decanter dan champagne cooler. Dan sebagai tanda dari kedua pembuat, glove compartment lid diemboss dengan tanda tangan Habillé par Hermès Paris.

Rolls-Royce Phantom Oribe

Sentuhan eksklusif dan istimewa masih disajikan juga pada Phantom Oribe ini, melalui veneer Open Pore Royal Walnut yang diterapkan pada pintu, konsol tengah dan belakang, serta meja piknik di balik sandaran jok depan. Armrest pada pintu bahkan diberikan sentuhan material kanvas Hermès ‘Toile H’, yang juga dihadirkan pada konsol tengah dan belakang, serta tidak ketinggalan pada headliner.

“Ekspresi megah dari produk puncak kami ini adalah peristiwa penting untuk Rolls-Royce Motor Cars, menyatukan dua rumah dengan pengalaman dan warisan gabungan lebih dari tiga abad. Ini adalah hasil dari kolaborasi yang mendalam dan tulus antara Houses of Rolls-Royce dan Hermès, di mana desainer, spesialis bahan, dan pengrajin terampil bekerja berdampingan untuk menciptakan Phantom yang benar-benar unik,” jelas Torsten Müller-Ötvös, CEO Rolls-Royce Motor Cars.

Rolls-Royce Phantom Oribe

Hasil kolaborasi ini turut membuat puas Axel de Beaufort yang menjadi Design and Engineering Director di Hermès Bespoke Division. “Kami bangga telah berkontribusi untuk menciptakan ekspresi unik dan kontemporer dari visi klien kami, berkat semangat inovasi, kualitas bahan kami dan kemampuan pengrajin, yang telah berkembang, antara lain, teknik jahitan dan pelapis yang unik untuk interior mobil dan teknik melukis tangan untuk Bespoke gallery. Sangat menyenangkan untuk bekerja bersama para ahli Rolls-Royce dan untuk melihat bagaimana mobil ini mengekspresikan semua nilai yang hermès hargai setiap hari,” kata de Beaufort.

Untuk Phantom’s Gallery, Hermès membuat karya seni berdasarkan desain dari seniman dan ilustrator Perancis terkenal Pierre Péron (1905-1988) yang menciptakan banyak syal ikonik. Karya ini, terinspirasi oleh motif kuda Hermès yang terkenal, dilukis dengan tangan di Open Pore Royal Walnut dan dibuat seolah-olah dipajang di galeri seni, di belakang kaca.
WAHYU HARIANTONO / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda