Aston Martin Rilis V12 Speedster Bergaya Ala DBR1 Diproduksi Secara Terbatas

GAYDON, Carvaganza – Pencapaian Aston Martin di ajang balap dunia tidak lepas dari peran mobil sport andalannya yakni DBR1. Hingga saat ini DBR1 adalah mesin balap yang paling sukses yang pernah dibuat oleh Aston Martin. Kesuksesannya dibuktikan pada balapan Le Mans 24 hours tahun 1959 dan balapan 1.000 km di Nurburgring pada 1957 dan 1958.

Untuk mengenang kesuksesnya tersebut pabrikan merilis Aston Martin V12 Speedster yang terinspirasi dari DBR1. Hanya akan diproduksi terbats sebanyak 88 unit saja di seluruh dunia, Aston Martin V12 Speedster ini bisa dipesan secara bespoke atau sesuai dengan keinginan konsumen. Sebelumnya pabrikan juga pernah melakukan hal serupa untuk merayakan 100 tahun Aston Martin dengan menghadirkan versi CC100.

Aston Martin V12 Speedster DBR1 Specification

Aston Martin V12 Speedster edisi terbatas ini memiliki desain eksterior yang serupa dengan DBR1. Eksteriornya dilapisi cat Martin Racing Green dan roundel ala sportscar lawas. Kemudian tersedia pula velg berukuran 21 inci centre lock dengan kelir Satin black diamond. Untuk proses pengecatannya saja, satu unit Aston Martin V12 Speedster ini membutuhkan waktu 50 jam penuh.

Sedangkan grille dibuat dari material Satin Silver dengan sentuhan Clubsport di atas kap mesinnya. Sentuhan elegan terdapat pada interiornya yang menggunakan material kulit Conker dengan perpaduan kulit Caithness Viridian Green di beberapa sudutnya. Semua fitur dan tampilan yang terdapat di dalam Aston Martin V12 Speedster memang sangat kental dengan aura DBR1 yang ikonik itu.

Aston Martin V12 Speedster DBR1 Specification

Pada sektor mesin, Aston Martin membenamkan mesin V12 5,2 l Twin-Turbo yang mampu menghasilkan output sekitar 700 hp dan torsi maksimal mencapai 753 Nm. Tentu saja mesin tersebut menawarkan performa yang responsif dan lengkingan “sopran” khas mesin V12. Paket mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis ZF 8-speed yang dipasang di bagian belakang mobil.

Mesin tersebut mampu melesatkan Aston Martin V12 Speedster dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,4 detik dengan kecepatan maksimal 318 km/jam. Pemesanan unit sudah dapat dilakukan mulai saat ini dan setiap pembeli akan mendapatkan sepasang helm untuk digunakan saat berkendara. Pasalnya tidak tersedia kaca depan agar mengedepankan sensasi berkendara yang mirip dengan DBR1 lawas. Proses pengiriman ke konsumen diharapkan akan dimulai pada pertengahan 2021 namun sayangnya harga belum dirilis.

Sedikit catatan bahwa Aston Martin DBR1 mulai berkarir sebagai mobil balap sejak 1956, setelah itu DBR1 dikenal sering mencatat serangkaian kemenangan. Beberapa diantaranya adalah, Spa Sportscar Race 1957 oleh Tony Brooks, Goodwood 1958 oleh Sir Stirling Moss dan 1000 Km di Nurburgring pada 1959 dikendarai Sir Stirling Moss dan Jack Fairman.

Meskipun DBR1 dikenal sebagai mobil balap dengan performa tinggi, tetapi tetap memberikan sentuhan khas elegan nan mewah di beberapa bagiannya. DBR1 sendiri merupakan buah karya dari seorang desainer yang sangat berbakat, Frank Feeley yang bekerja bersama Chief Racing Designer Ted Cutting. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda