Rayakan Eksistensinya di Dunia Motorsports, Maserati Rilis Levante dan Ghibli Edisi Khusus

SHANGHAI, Carvaganza – Sembilan puluh lima tahun yang lalu Alfieri Maserati, sang pendiri Maserati, turun balap di ajang Targa Florio. Tepat pada tanggal 25 April 1926 itula, Alfieri berhasil meraih kemenangan di kelas 1.500 cc menggunakan Tipo 26. Inilah mobil pertama di dunia yang memakai logo trisula di badannya.

Begitulah Maserati terlahir ke dunia. Kemenangan ini membuka jalan bagi banyak lagi kemenangan Maserati di dunia balap hingga kini. Tak hanya itu, tetapi juga melahirkan mobil-mobil balap maupun mobil berperforma tinggi terbaik di dunia, seperti MC20. 

Nah untuk mengenang peristiwa penting 95 tahun yang lalu ini, Maserati merilis Levante dan Ghibli Anniversary Edition di Shanghai Auto Show 2021. Kedua model tersebut diklaim sebagai kendaraan yang paling cocok untuk dibuatkan varian F Tributo. 

Maserati Anniversary Edition

Maserati Levante dan Ghibli versi Anniversary 95 tahun ini tersedia dengan pilihan warna eksterior Rosso Tributo dan Azzuro Tributo. Edisi Anniversary ini juga memiliki desain eksterior yang “alluring” atau memikat dan sejalan dengan semangat perusahaan evoke Maserati's audacious spirit atau membangkitkan semangat berani Maserati.

Tampilan yang berani tersebut juga tampak pada bagian roda yang kontras dengan kaliper rem berkelir kuning dan list roda yang mengacu pada debut Maserati di Grand Prix Formula 1 1954. Ketika itu Juan Manual Fangio menggunakan jet darat dengan sebutan 250F berwarna kuning . Selain itu aksen serupa juga ditemukan pada jahitan di seluruh jok di dalam kabin bergaya bucket seat.

Maserati Anniversary Edition

Sementara Maserati Levante F Tributo menggunakan velg berukuran 21 inci dengan kelir hitam gloss, sedangkan Ghibli akan menggunakna velg Titano berukuran sama, yakni 21 inci. Khusus untuk model anniversary ini konsumen dapat memesan lengkung rodanya dengan kelir hitam agar kontras dengan cat eksterior dan logo Maserati di pilar C yang warnanya dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik.

Untuk saat ini kedua mobil ini baru diluncurkan dan dijual untuk pasar Cina saja dan belum ada informasi apakah kan nantinya akan tersedia juga untuk negara lain. Maserati juga belum merilis harga pasti untuk Levante dan Ghibli versi paling istimewa ini.  Namun sebagai gambaran, Maserati Levante tipe standar yang dijual di Indonesia saja dibanderol di atas Rp 3 Miliar (off the road), harga tersebut belum termasuk personalisasi sesuai dengan keinginan konsumen. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda