Porsche Taycan Diluncurkan di Indonesia Besok, Ini Bocorannya

JAKARTA, Carvaganza – Porsche Taycan akhirnya resmi akan dipasarkan untuk konsumen Indonesia. Melalui agen pemegang merk Porsche di Indonesia, PT Eurokars Artha Utama seremonialnya akan dilaksanakan besok pada 13 Januari 2021, di Porsche Center Jakarta. 

Porsche Taycan merupakan sedan sport bertenaga listrik yang ditenagai dengan motor listrik dan baterai berpasitas 93,4 kWh. Taycan sendiri tersedia dalam dua varian, Turbo dan Turbo S yang masing-masing mampu menghasilkan tenaga maksimal 623-699 hp tanpa emisi gas buang. Selain itu, kedua model tersebut dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 260 km/jam dengan penggerak all-wheel drive.

Meski menggendong emblem Turbo namun Porsche mengartikan sebagai istilah overboost bukan menggunakan perangkat induksi turbo. Selain itu, dengan bekal tenaga listrik tersebut Porsche Taycan juga mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 2,8 detik tanpa lag transmisi. Di samping performanya yang mampu bersanding dengan supercar listrik lain seperti Tesla dan Audi, Taycan juga diklaim mampu menjelajah dengan kondisi baterai penuh hingga 400 km. Jarak yang cukup untuk sebuah supercar bertenaga listrik bagi konsumen di Indonesia.

Porsche Taycan

Taycan menjadi mobil listrik produksi pertama Porsche, yang memiliki tegangan sistem 800 volt dan dapat diisi ulang dalam waktu lebih dari lima menit menggunakan arus DC dari pengisian daya tinggi. Usai diisi, mobil bisa bergerak hingga 100 kilometer (menurut WLTP). Waktu pengisian hingga 80 persen sekitar 22,5 menit dalam kondisi ideal dengan daya pengisian maksimum 270 kW. 

Porsche Taycan memiliki kabin yang fresh dengan desain cluster meter melengkung dan  menggunakan instrumen digital. Terdapat layar infotainment berukuran 10,9 inci yang bertengger di dashboard tengahnya. Tidak banyak pengaturan fitur di dalam seperti sakelar dan tombol, Porsche menggantinya dengan pengaturan sentuhan jari atau fungsi kontrol perintah suara "Hey Porsche."

Porsche Taycan Charging

Seluruh jok dan trim pada Porsche Taycan tidak menggunakan material kulit namun dibuat dari bahan daur ulang. Meski demikian Porsche tetap mengklaim bahwa Taycan tetap mempertahankan DNA desain Porsche yang unik. Hal tersebut masih terlihat dari desain eksteriornya yang menyerupai sedan coupe khas Porsche. Ada juga elemen inovatif seperti logo Porsche efek-kaca, yang diintegrasikan cahaya LED di belakang. 

Pada konferensi pers tahun lalu, Porsche sempat membocorkan rentang harganya. "Porsche Taycan rencana masuk sini pada September 2020. Harganya berkisar Rp 2,8 miliar hingga Rp 2,9 miliar (off the road). Kami yakin kendaraan elektrik ialah masa depan. Jason Broome, Managing Director Porsche Indonesia ALVANDO NOYA / WH

Artikel yang direkomendasikan untuk anda