Beranda Updates Pandemi Corona, Toyota Stop Jual Corolla di India

Pandemi Corona, Toyota Stop Jual Corolla di India

NEW DELHI, Carvaganza.com – Di tengah masa pandemi virus Corona saat ini, kabar tidak enak datang dari Toyota Corolla di India. Sedan terlaris di dunia itu dipastikan tidak akan lagi dipasarkan di India secara permanen mulai tahun ini.

Toyota di India memutuskan untuk tidak lagi memasarkan Corolla, alias diskontinyu. Namun keputusan ini tidak ada hubungannya dengan wabah virus Corona, melainkan karena semakin lesunya penjualan Corolla dari tahun ke tahun.

Corolla bahkan diputuskan tidak akan dijual lagi di India, sebelum generasi terbarunya diluncurkan ke pasar. Sampai tahun 2020 ini, generasi ke-12 Corolla belum juga diluncurkan di India, sementara di Indonesia telah resmi meluncur sejak September 2019 lalu.

Awalnya Corolla terbaru akan meluncur di India pada tahun ini, namun Toyota urungkan niatnya setelah melihat permintaan pasar yang terlalu rendah. Apalagi, karena statusnya diimpor dari Thailand, sedan segmen C seperti Corolla menjadi kurang dilirik, terlebih dengan harganya yang semakin mahal.

Skenario lainnya dari Toyota untuk Corolla yaitu dengan akan menjualnya berlabel Suzuki, memanfaatkan kemitraan keduanya di pasar India. Namun dengan keputusan diskontinyu ini, akhirnya strategi ini ikut menguap juga.

Strategi rebadge antara Toyota dan Suzuki sebelumnya sudah dilakukan melalui Suzuki Baleno hatchback yang dipasarkan berlabel Toyota, dengan nama Glanza. Bahkan, masih ada ‘antrean’ beberapa model Suzuki lainnya yang akan dipasarkan di India, berlabel Toyota.

Pasar Sedan Lesu

Lesunya pasar sedan di India salah satu penyebab utamanya adalah bergesernya minat konsumen ke model SUV. Contohnya pada 2017, Jeep Compass meluncur di India, dengan harga sebanding sedan segmen C, namun memiliki kepraktisan lebih baik.

Kemungkinan besar Toyota akan beralih lebih fokus untuk memasarkan mode SUV dan MPV di India. Sementara untuk segmen mobil kompak, akan manfaatkan aliansinya dengan Maruti Suzuki.

Untuk pasar negara berkembang seperti Indonesia dan India, Toyota untuk pertama kalinya menawarkan Corolla dengan varian hybrid. Namun dengan keputusan ini, konsumen India tidak akan berkesempatan mendapatkan Corolla Hybrid seperti di Indonesia.

Sumber: Indianautosblog

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...