Beranda Updates Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Diproduksi India pada 2021

Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Diproduksi India pada 2021

RAAMSDONKSVEER, Carvaganza.com – Dulu kita hanya melihat mobil yang bisa terbang di film, tapi tak lama lagi hal itu akan terwujud. PAL-V International merupakan produsen mobil unik dari Belanda. Kabarnya perusahaan yang bermarkas di Raamsdonksveer itu siap membangun mobil terbang versi produksi pertama di dunia.

Diberi nama PAL-V Liberty. Mobil ini sempat manggung perdana di Geneva International Motor Show 2018. Mereka mengkonfirmasi rencana untuk mendirikan pabrik di Gujarat, India. Dengan tujuan memulai produksi pada 2021 dan segera mengkomersilkan. Sebuah MoU alias perjanjian telah ditandatangani oleh Vice President of PAL-V’s International Business Development department, Carlo Maasbommel. Disaksikan pula oleh Sekretaris Utama Industri negara, MK Das. Vijay Rupani.

Kalau ditarik selama satu dekade ke belakang. Ada beberapa konsep serta prototipe mobil terbang berfungsi baik. Tapi kebanyakan berhenti di situ dan cuma menjadi proyek satu kali. Yang lain di anggap tidak praktis, sedangkan yang lain hanya muncul sebagai bagian dari film.

Tapi tidak dengan PAL-V. Perusahaan ini berdiri sejak 2001 dan mengkhususkan diri pada kendaraan terbang. Mobil ini hanya perlu 165 meter untuk lepas landas dari tanah datar dan 30 meter untuk mendarat dengan aman. Tenaga berasal dari dua mesin 101 PS yang membantu kendaraan mencapai kecepatan tertinggi 180 km/jam di udara. Mekanisme rotor bukan seperti versi miniatur dari sistem yang ditemukan di helikopter konvensional. Dimensinya pada saat menjadi mobil 4 meter x 2 meter x 1,7 meter. Sedang pada mode terbang menjadi 6,1 meter x 2 meter x 3,2 meter.

Jelajah 500 KM

Untuk diketahui, PAL-V Liberty bukan pesawat VTOL (Vertical Take-Off and Landing). Ia memiliki daya jelajah udara 500 km, dengan sisa penggunaan 30 menit untuk mendarat. Kemampuan terbangnya hanya 4,3 jam saja. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 13,1 km/liter dan minimal menenggak bensin RON 95.

Liberty pada dasarnya menggabungkan mekanikal helikopter dengan roda tiga. Memuat dua orang, sebagian besar tubuhya terbuat dari serat karbon. Sedangkan komponen internal berasal dari aluminium dan titanium. Melihat material itu, pastinya terdengar mahal tetapi telah membantu menurunkan berat keseluruhan menjadi hanya 680 kg.

Ketika menjadi mobil ataupun saat terbang, ia bisa mencapai kecepatan 160 km/jam. Mesin berkekuatan 100 hp menjadi andalan. Meski tak diterangkan mesin apa yang digunakan serta kapasitasnya.

Yang pasti tidak sembarang orang bisa menggunakannya. Butuh lisensi khusus untuk menerbangkan. Lihat saja bagian kokpit penuh dengan tombol dengan segala fungsi. Uniknya, setir bulat tetap terpasang di kabin beserta pedal akselerator.

Menjadi pembuat model transportasi unik, tentu memiliki beberapa komplikasi. Endah dalam perizinan, regulasi dan infrastruktur. Namun bos PAL-V mengaku, telah bertukar pikiran dengan pemerintah sana, guna mendapatkan semua dokumen, termasuk persetujuan penting dari regulator.

Ujar Maasbommel, perusahaan telah membuat pilihan yang tepat dengan menyiapkan produksi di Gujarat. Sebab beberapa fasilitas infrastruktur, kemudahan berbisnis, juga jalur logistik sangat baik. Perusahaan juga bermaksud untuk mengekspor mobil terbang ke Amerika Serikat dan di beberapa pasar Eropa. PAL-V mengklaim telah menerima lebih dari 100 pesanan produknya.

Seperti apa bentuknya? Simak video uji cobanya berikut:

 

Sumber: PAL-V

Baca juga: Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Diproduksi India pada 2021

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Mobil Toyota Paling Buas Muncul Di Trek Le Mans

SARTHE, Prancis, Carvaganza.com – Akhirnya hypercar hybrid Toyota GR Super Sport diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Padahal ini mobil sudah dijadikan bahan pemberitaan...

Velozity Chapter V – Kapur Gelar Kopdar Kemanusiaan Donor Darah

KARAWANG, Carvaganza.com -  Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sesama manusia harus meningkatkan saling kepedulian. Wabah Corona telah menimbulkan dampak terhadap ragam sektor...

Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan...

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...