Mercedes-Benz Tak Lagi Produksi Mobil Transmisi Manual Tahun Depan

transmisi Mercedes-Benz

STUTTGART, Carvaganza - Mobil listrik semakin booming di di dunia, bahkan kini menjadi trend berita dan artikel di Indonesia. Tak lama lagi, kehadiran mobil listrik dan elektrifikasi menjadi keniscayaan pada industri mobil nasional.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa mobil transmisi manual Mercedes-Benz terakhir yang dipasarkan di Amerika Serikat?

    Mercedes-Benz SLK 250 2015.
  • Pada tahun berapa Mercedes-Benz menghapus produksi E-Class manual untuk pasar global?

    Tahun 2018.
  • Salah satu alasan pabrikan Mercedes-Benz bakal menghapus produksi mobil bertransmisi manual pada tahun 2023 mendatang adalah booming mobil listrik. Seperti dikutip dari website The Drive, web asal Jerman, Automobilwoche, menuliskan bahwa Mercedes-Benz akan mengakhiri semua mobil model transmisi manualnya tahun 2023. Mereka bakal menghentikan produksi transmisi tongkatnya untuk model A, B dan CLA.

    Untuk pasar Amerika Serikat sendiri, Mercy sudah sejak tahun 2015 tidak memasarkan mobil transmisi manual. Mobil transmisi manual Mercy yang terakhir kali dijual di Amrik adalah SLK 250 2015. Pada tahun 2018, Mercy juga tidak lagi memasarkan E-Class manual untuk pasar global. Bahkan Mercy juga telah menghapuskan transmisi manual untuk mobil-mobil high-performance yang diproduksi AMG.

    Automobilwoche menuliskan bahwa alasan Mercedes-Benz tidak lagi mau memproduksi mobil manual adalah menyusutnya permintaan. Kalangan konsumen Mercy lebih suka mobil bertransmisi otomatis, apalagi sekarang ini bermunculan mobil-mobil elektrifikasi dan listrik sehingga daya kompetisi mobil tiga pedal semakin memudar.

    E-Class Coupe

    Berkaitan dengan produksi mobil elektrifikasi, Mercedes-Benz sendiri sekarang ini sedang giat memproduksi dan mengampanyekan brand EQ. Bahkan pabrikan Stuttgart bakal merilis enam model baru EQ sehingga konsumen memiliki banyak pilihan mobil elektrifikasi premium.

    Dengan memokuskan pada mobil elektrifikasi dan transmisi otomatis, Mercy dapat mengurangi biaya yang tidak sedikit. Sekaligus mengurangi range produksi yang dihasilkan. Mobil Mercy bertransmisi manual yang masih ada di pasaran sekarang ini adalah enam percepatan yang terpasang di ragam varian C-Class, B-Class, A-Class dan CLS. Pada model GLA dan GLB sudah tidak ada lagi.

    Meskipun Mercy sudah menyatakan meniadakan transmisi manual tahun depan, dua pabrikan premium Jerman lainnya yakni BMW dan Porsche masih tetap mempertahankan versi manual pada beberapa model tertentu. Terutama model-model untuk kalangan enthusiast.

    Memang harus diakui popularitas transmisi manual sekarang ini mulai menurun. Kalangan pabrikan pun sudah membatasi produksi unit transmisi manual, padahal harganya lebih murah dari versi otomatis. Tapi pasar berkata lain, sehingga pabrikan harus mengikuti trend permintaan di kalangan konsumen. Pabrikan Toyota, Nissan, Hyundai dan Honda masih tetap menggalakkan produksi transmisi manual pada model tertentu terutama yang laris di kalangan enthusiast. (EKA ZULKARNAIN)

    Sumber: ragam sumber

    Baca juga:  Divisi M BMW, Dulu Dianggap Kurang Bener Sekarang Malah Jadi Role Model

    Featured Articles

    Read All

    Mobil Mercedes Benz Pilihan

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature