Beranda Updates Mencoba Fitur LTA dan LCA Lexus LS500h di Yokohama

Mencoba Fitur LTA dan LCA Lexus LS500h di Yokohama

TOKYO, 30 Oktober 2017 – Setelah mencicipi JPN Taxi dengan perjalanan dari Keio Plaza Hotel tempat kami menginap di Tokyo menuju Yokohama, Carvaganza juga mendapat kesempatan melakukan satu sesi test driver lain.

Kali ini kami mencoba fitur-fitur canggih Lexus LS500h yang juga baru diluncurkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2017. Mobil ini menggunakan mesin V6 24 valve DOHC 3.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 299 PS dan torsi maksimal 356 Nm.

Fitur canggih yang saya coba pada kendaraan sedan premium ini adalah Lane Tracing Assist (LTA) dan Lane Changing Assist (LCA). Namun, saya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengemudikan mobil karena antara Jepang dengan Indonesia adalah dua negara yang menangani konvensi yang berbeda maka pemegang SIM International dari Indonesia tidak secara otomatis bisa mengemudikan mobil di jalan raya Jepang, kecuali di area tertutup.

Jadi Carvaganza dengan dua rekan lainnya beserta seorang pengemudi yang merupakan instruktur dari Lexus mengarungi kota Yokohama sejauh sekitar 8 km untuk mencoba melihat bagaimana kedua fitur itu beroperasi.

LTA dan LCA ini merupakan bagian dari Lexus Codrive System yang juga merupakan bagian dari  Lexus Safety System dan Lexus LS 500h adalah mobil Lexus pertama yang mengadopsi teknologi ini. Dengan LTA, mobil akan tetap berada pada lajur (lane) pada saat melaju tanpa dibantu oleh gerak tangan pengemudi. Bahkan mobil akan berbelok sendiri baik ke kanan maupun ke kiri mengikuti marka jalan. Namun, posisi tangan tetap tidak bisa jauh-jauh dari setir, misalnya sambil minum atau makan. Atau dalam posisi duduk bersandar dengan tangan dilipat di belakang kepala.

Tangan tetap berada tidak jauh dari setir untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu. Misalnya harus mengerem mendadak. Pada saat LTA beroperasi, mobil juga akan mengurangi kecepatan secara otomatis jika jarak antara mobil Lexus yang kita kemudikan dengan mobil di depan kita terlalu dekat. Lexus Codrive System ini dapat beroperasi pada kecepatan sampai 100 km/jam.

Sedangkan LCA berfungsi membantu pengemudi untuk berpindah lajur secara otomatis tanpa bantuan input tangan pengemudi lewat setir. Mobil akan menyalakan sein sendiri dan berpindah lajur sendiri jika kondisi di kiri maupun kanan Lexus LS 500h dalam kondisi aman. Agar kedua sistem ini bekerja dengan baik, di seluruh bagian body Lexus dilengkapi oleh 6 kamera yakni satu kamera pada bagian depan (grille), dua kamera masing-masing di samping depan, dua kamera masing-masing di samping belakang dan satu kamera tepat di bagian buritan.

Teknologi-teknologi yang dipakai ini merupakan bagian dari perjalanan pabrikan menuju era otomatisasi berkendara atau lebih dikenal sebagai era kendaraan autonomous drive.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

MINI JCW Versi Hardcore akan Punya Versi Elektrik?

COWLEY, Carvaganza.com – Kesenangan berkendara sepertinya ingin BMW Group terapkan di setiap produk yang diproduksinya. Tidak hanya untuk BMW semata, tetapi tentunya juga untuk...

Rolls-Royce Sekarang Jualan Kursi Lipat Seharga Rp 125 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Kalau Anda seorang pemilik Rolls-Royce yang tinggal di daerah Cilebut dan setiap harinya pergi ke kantor naik KRL (Kereta Rel Listrik)...

Semua Maserati Akan Bermesin Listrik Pada 2025

JAKARTA, Carvaganza.com – Maserati mungkin bukan salah satu brand otomotif yang getol memperkenalkan jajaran mobil listriknya. Namun mereka berjanji akan mengejar ketertinggalannya dari produsen...

Dua Mobil Super Mewah Jepang Ini Buatan Australia

JAKARTA, Carvaganza.com - Toyota Century jadi limosin paling mewah yang pernah dibuat oleh pabrikan Jepang. Mobil ini benar-benar mendefinisikan ulang arti kata mewah untuk...

Khawatir Pandemi Covid-19, Gaikindo Jakarta Auto Week Jadi Maret 2021

JAKARTA, Carvaganza -- Penyelenggaraan ajang otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) ditunda untuk kedua kalinya. Setelah jadwal pertama pada November menjadi Januari, kini Gabungan...