Mazda Daftarkan Paten Logo 'R', akan Bikin Sportscar Lagi?

Mazda R

HIROSHIMA, Carvaganza – Mazda baru saja ketahuan telah melakukan sesuatu yang mungkin akan membangkitkan antusiasme para penggemar lamanya. Apa itu? Baru-baru ini Mazda dikabarkan mendaftarkan paten sebuah logo ‘R’ yang diyakini untuk menjadi branding calon produk baru mereka. Spontan hal tersebut memancing spekulasi akan dilahirkannya lagi model berorientasi performa seperti di masa lalu.

Gambar logo yang didaftarkan ke Japan Patent Office itu diketahui oleh forum New Nissan Z. apakah artinya Mazda akan membuat model, varian atau bahkan divisi khusus dengan logo ‘R’ ini? Karena kalau diingat, logo dengan desain serupa pernah muncul di model RX-7 dan RX-8, sebagai salah satu varian tertinggi yaitu Spirit R.

Logo tersebut memiliki desain dengan banyak sudut tajam dan gaya cenderung agresif. Lalu disekeliling huruf R, terdapat kombinasi warna biru, putih dan merah. Unsur warna merah tampil unik dengan bentuk segitiga, yang kemungkinan untuk menandakan ciri khas mesin rotary yang pernah dipopulerkan RX-7 dan RX-8.

Spirit R

Dilansir oleh The Drive, didaftarkannya logo itu ditujukan kegunaan “mobil  dan suku cadang dan perlengkapannya”. Artinya ada tiga kemungkinan tujuan dari logo baru ini, yaitu untuk model baru, komponen modifikasi atau aksesori yang berorientasi performa tinggi.

Baca Juga: Subaru Mulai Umbar Calon WRX Terbaru, Debut Resmi Bulan Agustus

Masih simpang siur memang, tapi bukan tidak mungkin kalau Mazda ternyata tergiur untuk ikut kembali meramaikan pasar kendaraan performa tinggi. Seperti Hyundai yang telah mengembangkan sub merek N atau bahkan Toyota Gazoo Racing. Dan mengingat Mazda3 Turbo telah resmi hadir, akan menarik kalau nantinya segmen hot hatchback semakin ramai setelah Hyundai i30N dan Toyota GR Yaris.

Kemungkinan lain dari hadirnya logo R ini, yaitu Mazda akan menggunakannya sebagai penanda varian flagship pada model generasi baru. Diketahui bahwa calon generasi baru Mazda6 dan CX-5 akan mendapatkan mesin baru yang lebih besar, yaitu enam silinder segaris. Mesin baru ini nantinya akan tersedia dalam versi bensin dan diesel.

RX-Vision

Soal kemungkinan logo akan menandai hadirnya versi produksi mobil konsep RX-Vision, sepertinya masih jauh dari kenyataan. Karena sampai saat ini Mazda belum menunjukkan komitmen yang benar-benar kuat untuk menghadirkan generasi penerus model coupe RX. Bahkan kabar mesin rotary yang sempat akan menjadi opsi range extender di mobil listrik MX-30, akhirnya ditunda karena masalah biaya pengembangan.

Untuk yang ingin ‘lepas kangen’ dengan mesin rotary Mazda dan mengimpikan bisa mencoba RX-Vision, setidaknya bisa dilakukan melalui video game Gran Turismo Sport. Tahun lalu Mazda merilis versi balapnya yaitu RX-Vision GT3 untuk game yang dirilis untuk platform Play Station 4.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Ingin Jadi Petrolhead Terkenal Seperti James May? Yuk Simak Perjalanan Kariernya!

Sumber: Carscoops

Mobil Mazda Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya