Beranda New Cars Lawan Calya-Sigra dari Renault Siap Meluncur Pekan Ini

Lawan Calya-Sigra dari Renault Siap Meluncur Pekan Ini

NEW DELHI, 17 Juni 2019Renault sempat menjanjikan akan meluncurkan sebuah MPV murah dalam waktu dekat tahun ini. Mobil tersebut kini dipastikan waktu peluncurannya sekaligus ditunjukkan teaser tampilan eksteriornya.

Produk bernama Renault Triber tersebut resmi diumumkan akan meluncur perdana di dunia pada tanggal 19 Juni 2019, dengan India menjadi negara pertama yang memasarkannya. Indonesia termasuk yang telah memastikan akan juga dihadiri oleh Triber.

India menjadi negara pertama karena di sanalah basis produksi produk MPV entry-level pertama dari Renault itu. Dimensi panjang Triber bahkan diklaim tidak sampai 4 meter.

Renault mengembangkan Triber dengan memanfaatkan basis dari mini crossover Kwid. Untuk menjadi Triber, Renault membuatnya memiliki tiga baris kursi untuk memuat lebih banyak penumpang, serta penampilan eksterior ala crossover atau SUV, terlihat dari roof rail pada foto teaser.

Masih dari teaser yang menunjukkan sebagian siluet fascia depan Triber, desainnya tampak tidak jauh berbeda dari tampilan Kwid, dengan beberapa sentuhan modernisasi. Grille model V-shape, kap mesin berlekuk kekar, dihiasi dengan LED DRL di sisi bawah lampu utama.

Mesin tiga silinder 1.0 liter SCe dari Kwid diklaim bertenaga lebih besar yaitu 67 hp, dipadukan transmisi manual 5-speed. Pada tahun depan, kabarnya Triber akan mendapat varian mesin 1.0 liter turbo dengan opsi transmisi AMT 5-speed.

Beberapa fitur pendukung yang akan hadir pada Triber diklaim seperti sistem infotainment layar sentuh, dilengkapi dengan Apple CarPlay. Sementara fitur keselamatan termasuk ABS, kamera dan sensor parkir mundur, serta speed warning system.

Renault Indonesia yang kini telah berada di bawah manajemen baru, sempat mengatakan akan membawa Triber pada tahun ini. Triber akan hadir menjadi lawan baru Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun GO+ di Indonesia.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza