Langgar Aturan Pemerintah, Pabrik Tesla Mulai Produksi Lagi

FREMONT, Carvaganza.com – Tesla secara mendadak telah mengaktifkan kembali kegiatan produksi pabriknya di Fermont, California. Hal ini bertentangan dengan imbauan otoritas setempat untuk kegiatan di Gigafactory Tesla.

Memang, wilayah Kalifornia saat ini telah melonggarkan pembatasan untuk tetap di rumah, yang memungkinkan pabrik untuk beroperasi kembali. Namun sejauh ini pemerintah setempat di Alameda County, lokasi pabrik, belum memberi izin pabrik untuk buka kembali.

Situasi ini memicu reaksi keras dari Elon Musk, CEO Tesla, yang bahkan sampai melayangkan gugatan kepada pemerintah daerah setempat, akhir pekan lalu. Musk bahkan menyatakan rela mengorbankan dirinya untuk memperjuangkan pabriknya.

“Tesla memulai kembali produksi hari ini menentang peraturan Alameda County. Saya akan berada di barisan bersama semua orang yang lain. Kalau ada yang ditangkap, saya minta itu hanya saya,” tulis Musk melalui Twitter.

Pabrik Tesla sempat berhenti produksi mulai pertengahan Maret lalu, saat anjuran untuk berada di rumah diberlakukan demi mencegah penularan virus Corona. Tesla bersikeras untuk tetap membuka pabrik, namun otoritas setempat menetapkan bahwa produksi mobil termasuk “bisnis non-esensial” di situasi saat ini.


Basis Model 3 dan Y


Pabrik terebut menjadi basis produksi Tesla untuk Model 3 dan Model Y. Sampai berita ini ditulis, Autocar melansir bahwa pemerintah Alameda County belum memberikan izin pabrik untuk dibuka.

“Kami mengetahui bahwa pabrik Tesla di Fremont telah dibuka melampaui Operasi Dasar Minimum. Kami telah memberi tahu Tesla bahwa mereka hanya dapat mempertahankan Operasi Dasar Minimum sampai kami memiiki rencana yang disetujui yang dapat diterapkan sesuai tatanan kesehatan masyarakat setempat,” tulis pernyataan pemerintah Alameda County.

“Kami menangani masalah ini menggunakan pendekatan bertahap yang sama seperti kami gunakan untuk bisnis lain yang telah melanggar peraturan sebelumnya, dan kami berharap Tesla juga akan mematuhi tanpa langkah-langkah penegakan lebih lanjut.”


Mekanisme Kesehatan


Di sisi lain, pihak Tesla menyatakan telah menginformasikan pejabat Alameda County soal pembukaan kembali pabrik. Begitu juga soal bekerja sama dengan badan kesehatan masyrakat setempat untuk memastikan keselamatan para pegawainya.

Tesla mengaku menerapkan sejumlah mekanisme untuk pegawainya, seperti pelatihan online, pemeriksaan suhu, area kerja berpartisi, pembersihan ketat dan pemakaian alat pelindung pribadi. Menurut Tesla, rencana tersebut merupakan hasil dari perncanaan cermat berbulan-bulan, mengacu pada pabrik di Shanghai.

“Kami akan terus membuat orang kembali bekerja dengan cara yang aman dan bertanggung jawab. Namun, posisi Alameda County membuat kami tidak punya pilihan selain mengambil tindakan hukum untuk memastikan bahwa Tesla dan pegawainya dapat kembali bekerja,” tulis pernyataan Tesla.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda